Jenis Pesawat Tempur Indonesia Saat Ini

Minggu, September 13th 2015. | Nasional

Jenis Pesawat Tempur Indonesia Saat Ini | Pesawat tempur merupakan salah satu wahana penting yang harus dimiliki oleh sebuah negara untuk mengamankan wilayahnya. Terlebih untuk sebuah negara yang memiliki area yang sangat luas seperti Indonesia. Keberadaan pesawat tempur canggih dengan jangkauan tempur besar sangat dibutuhkan. Ada beberapa jenis pesawat tempur yang dimiliki Indonesia namun paling banyak didominasi oleh pesawat Rusia bernama Sukhoi. Kenapa demikian, hal ini dikarenakan Indonesia sudah memiliki kontrak dengan Rusia untuk pengadaan pesawat tempur mulai tahun 2002.

Pesawat tempur Indonesia saat ini sudah cukup banyak dan beberapa diantaranya sudah memiliki kemampuan tinggi yang diharapkan mampu mengamankan wilayah Indonesia yang luas. Berikut adalah beberapa pesawat tempur Indonesia saat ini yang akan selalu mengamankan wilayah negara NKRI tercinta ini.

1.       Super Tucano EMB-314

Super Tucano EMB-314

Super Tucano EMB-314 adalah salah satu pesawat kuat yang dimiliki oleh Indonesia. Meski hanya menggunakan mesin tunggal pada bagian depan, namun bukan berarti kemampuan pesawat ini bisa diremehkan. Pesawat Super Tucano ini sendiri adalah jenis pesawat tempur Indonesia yang digunakan sebagai pesawat untuk menyergap dan pesawat anti teror dan anti gerilya. Untuk mendukung pesawat ini saat pertempuran pada bagian sayap ini dilengkapi dengan senapan mesin yang bisa melontarkan ribuan peluru dalam hitungan detik. Tak hanya itu dalam pesawat ini juga dilengkapi dengan bom berukuran 1,5 ton. Selain itu, pesawat ini juga bisa melontarkan misil berupa roket atau rudal.

2.       F-16 Fighting Falcon

F-16 Fighting Falcon

Pesawat F-16 Fighting Falcon adalah sebuah pesawat tempur yang dikembangkan oleh General Dynamic di Amerika Serikat. Pesawat ini adalah jenis pesawat supersonik yang cukup canggih. F-16adalah sebuah pesawat yang memang dibuat untuk sebuah pertempuran. Pesawat ini mampu melaju dengan kecepatan tinggi untuk menghindari serangan atau menyerang musuh. Untuk mendukung persenjataan dalam pertempuran pesawat tempur Indonesia ini dilengkapi dengan berbagai misil seperti bom, rudal atau roket. Hingga senapan mesin. Pesawat ini cukup sukses merebut pasaran pesawat tempur dunia yang bahkan saat ini sudah dimiliki oleh 25 negara selain Amerika Serikat.

3.        Sukhoi Su-27

Sukhoi Su-27

Seperti namanya pesawat Sukhoi SU-27 ini memang dibuat oleh perusahaan pesawat tempur Rusia yakni Biro Desain Sukhoi. Salah satu keunggulan pesawat tempur Indonesia ini adalah daya jelajah pesawat yang cukup luas. Hal ini sangat cocok digunakan di Indonesia yang memiliki wilayah luas dan mayoritas wilayahnya adalah laut. Pesawat ini dilengkapi dengan beberapa senjata berat seperti bom dan rudal. Meski demikian, kelincahan pesawat ini juga tidak bisa diremehkan dimana pesawat ini juga bisa digunakan untuk pertempuran jarak dekat. Di Indonesia sendiri pesawat ini digunakan sebagai pengamanan wilayah yang dijalankan oleh TNI-AU.

4.       Sukhoi SU-30

Sukhoi SU-30

Sukhoi SU-30 adalah varian lain dari pesawat Sukhoi yang dimiliki oleh Indonesia. Pesawat ini masuk dalam pesawat tempur yang cukup canggih yang diproduksi mulai tahun 1996. Pesawat ini dikatakan canggih karena kemampuan pesawat yang besar termasuk bisa digunakan untuk melakukan serangan di dekat daratan. Untuk mendukung persenjataannya Sukhoi SU-30 ini dilengkapi dengan beberapa msil berat yang sangat ampuh untuk melumpuhkan musuh. Pesawat tempur Indonesia bahkan tidak kalah hebat dengan Srike Eagle dan Super Hornet yang dimiliki Amerika Serikat.

Lihat Juga: Mobil Balap Keren

Sebagai wilayah negara yang luas dan terdiri atas lautan Indonesia memang harus memiliki pesawat tempur yang memadai. Selain itu, memiliki pesawat dengan daya jelajah yang luas juga cukup penting untuk mengamankan wilayah Indonesia. Dengan adanya pesawat tempur Indonesia yang canggih maka negara kita ini akan semakin kuat. Sebenarnya ada pesawat baru yang akan datang namun hingga saat ini baru rencana yang akan segera direalisasikan dimana Indonesia akan segera memiliki pesawat canggih Sukhoi SU-35 dari Rusia.

tags: