John Logie Baird Penemu Televisi

Minggu, Juli 10th 2016. | Internasional

John logie baird adalaoh tokoh penemu televisi yang lahir di Skotlandia tanggal 13 Agustus 1888. Pendidikannya di tecnical collage royal dan glasqow of university. Karena terganggu kesehatan, dia tidak bisa ikut andil dalam perang dunia 1 dan mengganti posisi sebagai insinyur kelistrikan. John logie baird memutuskan untuk menjadi salah satu orang amatiran yang profesional dan mengejar berbagai macam kepentingan yang mengutungkan. Dia terlalu lelah dan terganggu di bagian saraf. Lalu dia memilih untuk menggeluti di bidang elektronik yang khusus untuk gelombang radio.

John logie baird yakin dengan penelitian yang dilakukan bahwasanya prosesnya bisa mengirimkan sinyal visual dan dia pun bekerja untuk melaksanakan suatu desain. Jenis desain yang dibuat oeh John logie baird adalah nipkow disk. Adapun disk scanning itu dibuat oleh paul nipkow tahun 1844 seorang kebangsaan Jerman. Perangkat jenis disk ini adalah serangakaian lubang yeng berbentuk persegi yang letaknya dalam posisi spiral. Ketika nanti digabung pada photoelectriccell dan memutar, maka nipkow disk ini mampu untuk memindai daerah gelap dan terang serta bisa mengkonversikan informasi dari sinyal listrik. Dengan menggunakan second disk lalu disinkronkan, maka nipkow bisa menerjemahkan signal menjadi gambat visual yang primitif.

John Logie Baird

John logie baird yang dikenal sebagai penemu televisi mengambil ide dari nipkow satu langkah yang lebih baik sehingga bisa mengembangkan sistem yang bisa mengirim sinya lewat gelombang elektromagnetik bukan menggunakan kabel. Dalam proses pengembangan, penemuan yang dimiliki oleh John logie baird ini mengalami sedikit gangguan pada finansial. Karena sebagaian besar investor menganggap idenya kurang menguntungkan.

Sampai usia 35 tahun, kondisi dari John logie baird serba kekurangan. Salama itu pula John logie baird menjadi seorang yang menjual sepatu dan sales silet. Uangnya hanya untuk makan, membayar tempat tinggal dan beberapa perlengkapan mekanik. Banyak prototipe  untuk penuntun dibuat menjadi barang-barang dalam rumah tangga seperti jarum rajut, kue kaleng, string dan lampu sepeda. Di tahun 1923, John logie baird mulai untuk mereparasi mesin untuk memuat gambar, suara melalui radio.

Tidak lama, john bisa mengirimkan citra kasar lewat transmiter tanpa menggunakan kabel ke pesawat yang menerimanya yang hanya berjarak beberapa meter saja. Dengan gembiranya, dia langsung menuju ke bawah dan membujuk anak muda yang melihat penemuan gambarnya untuk pertama kali yang ditransmisikan oleh televisi. Kemudian John logie baird yang merupakan penemu televisi pertama menjadi orang terkenal semalaman dan banyak para investor memberikan uang untuk mengambil tujuan yang jauh lebih baik lagi atas penemuannya. Di tahun 1927 dia sudah bisa mengirim sinyal dari London menuju Galsgow dan ke New York tahun 1928.

Baca Juga: Siapakah Nama Penemu Komputer

Kemudian penemuan John logie baird lalu diganti dengan jenis desain tabung sinar katoda. Namun dia terus berusaha untuk jenis desain televisi yang jauh lebih baik. Banyak yang ditemukan bahkan dia membantu untuk mengembangkan jenis televisi berwarna alam dan memiliki layar proteksi yang besar. Lalu pada akhirnya televisi yang ditemukan tersebut sudah bisa dilihat oleh publik pada layar sebuah film. John logie baird sudah diakui sebagai orang pertama kali penemu televisi. John logie baird meninggal di Inggris tahun 1946 tepatnya pada tanggal 14 Juni berumur 57 tahun. Itulah orang yang pertama kali menemukan televisi yang perlu untuk diketahui biografinya. Televisi saat ini sudah menjadi alat untuk berbagai macam hal terutama untuk menonton hal apapun yang ada di seluruh dunia.

Save

tags: ,