Kapal Induk Terbesar Dan Tercanggih Di Dunia

Minggu, Januari 11th 2015. | Internasional

Kapal Induk Terbesar Dan Tercanggih Di DuniaIdzsn.com | Kapal induk adalah sebutan untuk kapal perang yang memuat jet ataupun pesawat tempur dalam jumlah besar. Tugasnya adalah memindahkan kekuatan udara menuju dalam armada angkatan laut selaku pendukung operasi-operasi angkatan laut. Selain tersebut jua dipakai selaku pusat komando operasi dan juga selaku kekuatan detterence ataupun memberikan efek gentar kepada lawan. Selaku kapal yang membawa pesawat, kapal induk memiliki fleksibilitas tempur yang lebih tinggi dibanding jenis kapal perang lainnya.

Selain kegunaan tempur, kapal induk jua memiliki fungsi-fungsi yg lain seperti pengintaian, superioritas udara, ataupun memberikan bantuan. Ketika Tsunami Aceh tahun 2004, Angkatan Laut Amerika Serikat menurunkan satu kapal induknya dalam memberikan bantuan kemanusiaan kepada para korban, mencari orang-orang hilang, dan juga mengangkut jenazah-jenazah korban. Negara negara maju di dunia berlomba-lomba untuk memajukan sistem tool tempur (alutsista) mereka.

Kapal induk Yang pertama kali dipakai adalah oleh Angkatan Laut Inggris, namun hingga menjelang perang dunia ke-2 negara-negara barat ter-masuk Amerika Serikat masih enggan menggunakannya selaku kekuatan Angkatan laut utama. Konsep konvensional armada angkatan laut ketika tersebut didominasi oleh Kapal jelajah berat, Kapal jelajah, Kapal perusak (destroyer) dengan ukuran meriam yang lumayan gede perihal ini memang disebabkan bahwa memang kapal induk dipandang lumayan rentan dan juga riskan bila digunakan dalam operasi maritim. Dan berikut adalah kapal induk tercanggih serta terbesar yang pernah dibuat.

1. USS George Washington CVN 73

USS George Washington CVN 73

Kapal Induk USS George Washington CVN 73 ialah supercarrier bertenaga nuklir Amerika Serikat ( USS ), kapal keenam di kelas Nimitz dan juga Amerika Serikat empat kapal Angkatan Laut untuk diberi nama sesudah George Washington, Presiden kesatu Amerika Serikat. Kapal ini dibangun oleh Newport News Shipbuilding dan juga ditugaskan pada tanggal 4 Bulan juli tahun 1992.

2. USS Ronald Reagan CVN-76

USS Ronald Reagan CVN-76

Kapal Induk USS Ronald Reagan CVN-76, ialah kapal induk kelas Nimitz kesembilan yang dimiliki oleh Angkatan Laut Amerika, dan juga kapal kesatu yang diberi nama mantan Presiden Ronald Reagan. Kapal induk ini adalah Kelas Nimitz generasi kesembilan, Memiliki Julkukan The gipper, memiliki daya angkut serdadu sebanyak 3400 personel, 90 pesawat tempur bersayap dan juga helicopter.

3. USS Abraham Lincoln CVN-72

USS Abraham Lincoln CVN-72

Kapal Induk USS Abraham Lincoln CVN-72, ialah supercarrier kelas Nimitz kelima di Angkatan Laut Amerika Serikat ( USS ). Ini ialah kapal Induk Angkatan Laut ke-2 sesudah mantan presiden bernama Abraham Lincoln. Port rumah ialah Everett, Washington.

4. USS JOHN F KENNEDY CV-67

USS JOHN F KENNEDY CV-67

Kapal Induk USS John F. Kennedy CV-67, sebelumnya CVA-67, Ship Characteristic Board SBC-127C, ialah kapal induk Angkatan Laut Amerika yang tidak beroperasi. Dijuluki “Big John”, kapal ini dinamai dari Presiden Amerika Serikat yang ke-35, John F. Kennedy. Kennedy awalnya dinamai selaku CVA, ataupun beroperasi selaku kapal tempur; namun, namanya berubah men-jadi CV untuk menandai bahwa memang kapal ini mampu bertempur dalam pertempuran anti kapal selam, menjadikannya kapal induk dengan beragam fungsi. Menampung sekitar 3290 personel serdadu, dan juga dapat mengangkut lebih dari 80 Pesawat tempur. Diluncurkan kesatu kali ditahun 1967 dan juga berhenti beroperasi tahun 2007.

5. USS Theodore Roosevelt CVN-71

USS Theodore Roosevelt CVN-71

Kapal Induk USS Theodore Roosevelt CVN-71, jua dikenal dengan awak kapal selaku “The Big Stick”. Dia diluncurkan kepada tahun 1984, menatap aksi kesatu selama Operasi Badai Gurun kepada tahun 1991, dan juga kali ini homeported di Naval Station Norfolk, Virginia Amerika Serikat.

6. USS Kitty Hawk CV-63

USS Kitty Hawk CV-63

The supercarrier USS Kitty Hawk CV-63, sebelumnya CVA-63, ialah kapal Induk terbesar angkatan laut amerika serikat ke-2 dinamai Kitty Hawk. Nama Kitty Hawk diambil dari satu buah nama Kota di Bagian Utara Negera bagian Caroolina. 13 Bulan mei 2009 — Kapal induk USS Kitty Hawk CV 63 mengakhiri masa tugas sesudah bertugas 48 tahun. Kapal induk USS Kitty Hawk mulai bertugas 29 Bulan april 1961 hingga 12 Bulan mei 2009, sepuluh tahun terakhir bertugas di Yokosuka, Jepang. Kapal induk kali ini disimpan di Pudget Sound Naval Shipyard & Intermediate Maintenance Facility di Bremerton, Washington.

7. USS Carl Vinson CVN-70

USS Carl Vinson CVN-70

Kapal Induk Terbesar Amerika serikat selanjutnya adalah USS Carl Vinson CVN-70 Kapal ini ialah Kapal Induk Amerika Serikat Angkatan Laut ketiga Nimitz supercarrier kelas dan juga ini dinamai Carl Vinson, satu orang anggota Kongres dari Georgia. Callsign Carl Vinson berjuluk “Gold Eagle”.

8. USS Enterprise CVN-65

USS Enterprise CVN-65

Kapal Induk USS Enterprise CVN-65, Jika sebelumnya bernama CVA(N)-65, ialah Kapal induk pengangkut pesawat bertenaga nuklir terbesar di dunia dan juga kapal Amerika kedelapan yang menggunakan nama USS Enterprise. Seperti pendahulunya, kapal ini dijuluki “Big E. ” Enterprise kini berada di Norfolk, Virginia. Kapal induk Enterprise ini menampung 66 pesawat tempur, dengan 3000 Serdadu dan juga 1800 penerbang. Dirancang oleh satu buah perusahaan ternama Newport News Shipbuilding Co., Newport News, Va.

9. USS Dwight D. Eisenhower CVN-69

USS Dwight D. Eisenhower CVN-69

Kapal Induk USS Dwight D. Eisenhower (CVN-69) (“Ike”) ialah satu buah kapal induk yang berfungsi dalam Angkatan Laut Amerika Serikat ( USS ). Ditugaskan pada tahun 1977, kapal ke-2 dari sepuluh supercarriers kelas Nimitz, dan juga adalah kapal kesatu bernama sesudah Presiden Thirty-fourth Amerika Serikat, Dwight D. Eisenhower. Kapal Induk ini pada awalnya bernama Eisenhower, seperti memimpin kapal dari kelas Nimitz, tetapi nama tersebut diubah men-jadi bentuk yang kini pada tanggal 25 Bulan mei 1970.

10. USS Nimitz CVN-68

USS Nimitz CVN-68

Kapal USS Nimitz CVN-68 ialah supercarrier di Angkatan Laut Amerika Serikat ( USS ), kapal induk ini memimpin di kelasnya. Dia ialah salah 1 kapal perang terbesar di dunia. Kapal Induk Ini diluncurkan dan juga bertugas selaku CVAN-68, akan tetapi redesignated CVN 68 (bertenaga nuklir multimission kapal induk) pada tanggal 30 Bulan juni 1975 selaku bagian dari penyusunan kembali armada tahun tersebut. Kapal induk USS Nimitz CVN-68 ini dapat mengangkut sekitar 85-90 pesawat tempur dengan 4000 personel didalamnya, Pelabuhan utamanya ialah Naval Station Everett, Washington DC Amerika Serikat.