Kapal Induk Tercanggih Buatan Jepang

Minggu, Januari 11th 2015. | Internasional

Kapal Induk Tercanggih Buatan JepangIdzsn.com | Ketika Jepang menyerang Pangkalan Laut Amerika Serikat Pearl Harbour, Jepang mengerahkan total kurang lebih 32 kapal perang berbagai macam jenis. ter-masuk enam kapal induk terbesar meraka yaitu Kapal Induk Akagi, Kaga, Soryu, Hiryu, Shokaku, dan juga Zuikaku. Keenam kapal induk tersebut membawa kurang lebih 441 pesawat tempur beragam tipe, mulai dari pembawa senjata, pengebom Kapal Lawan, hingga pengebom torpedo. Dan Berikut adalah beberapa Kapal Induk Jepang Yang Terlibat dalam Penyerangan Pearl Harbour.

1. Kapal Induk Akagi

Kapal Induk Akagi

Kapal induk Akagi ialah hasil garapan galangan kapal Kure, Kapal ini adalah salah 1 dari dua kapal induk kesatu yang pernah dibangun Jepang. Pada awalnya kapal ini bukanlah didesain untuk men-jadi kapal induk, melainkan satu buah kapal penjelajah tempur (Battle Cruiser) kelas Amagi yang berbobot 40. 000 ton yang dilengkapi sepuluh meriam 16 inci.

Namun perjanjian Washington mengenai pembatasan bobot kapal perang membikin pembangunan kapal ini dihentikan sebab melebihi bobot yang ditentukan. Jepang pun mengakalinya dengan memodifikasi lambung kapal Akagi dan juga Amagi men-jadi kapal induk. pada bulan november 1922, proyek ini mulai digelar. Namun Akagi mengalami perombakan yang dilakukan pada tahun 1935-1938 untuk mempertinggi kemampuannya.

2. Kapal Induk Kaga

Kapal Induk Kaga

Kaga ialah kapal induk ketiga milik jepang yang bertugas, sesudah Hosho (1922) dan juga akagi (1927). Namanya diambil dari salah 1 provinsi tertua di jepang (kini prefektur Ishikawa) Awalnya kapal ini didesain untuk men-jadi kapal perang kelas Tosa dengan senjata utama delapan meriam kaliber 16 inci yang hendak diluncurkan pada 17 Bulan november 1921 di galangan kapal kawasaki Heavy Industries di kobe.

Namun traktat Washington lagi-lagi men-jadi penghalang pembuatan kapal ini, padahal lambung kapal ini telah 100% jadi. Akhirnya, ketimbang mubazir maka AL jepang pun menyulapnya men-jadi kapal induk. Traktat Washington mengizinkan maksimal dua kapal Battle Cruiser dengan bobot diatas 33. 000 ton untuk diconvert ke kapal induk, awalnya Akagi dan juga Amagi yang dipilih, namun gempa di kanto merusak Amagi maka diputuskan Kagalah yang menggantikannya.

3. Kapal Induk Soryu

Kapal Induk Soryu

Soryu, yang berarti Naga ialah kapal induk ringan buatan Jepang dengan bobot maksimal hampir 20. 000 ton. Kapal ini Rampung di galangan kapal Kure pada tanggal 21 bulan desember tahun 1935. Berlainan dengan pendahulunya Akagi dan juga Kaga yang adalah hasil modifikasi lambung kapal Penjelajah, Soryu dari awal memang didesain selaku kapal induk.

Konsep pembuatan kapal induk Soryu boleh dibilang sama dengan desain pesawat pemburu Zero, Ringan sebab minim proteksi. tersebut dapat dilihat dari tingkat ketebalan lapisan anti peluru yang dipasang dibadan kapal ini. Kepada bagian mesin cuma dilindungi lapisan baja setebal satu, delapan inci sedangkan kepada dek cuma satu inci saja. untuk kapal induk sekelasnya, Soryu terbilang amat ringan.

4. Kapal Induk Hiryu

Kapal Induk Hiryu

Hiryu, yang berarti Naga Terbang, diluncurkan dari Yokosuka pada tanggal 16 Bulan november tahun 1937. kapal induk ini ialah hasil modifikasi kapal induk kelas Soryu buatan jepang, kapal ini mendapat beragam tambahan kemampuan. mulai dari jarak tempuh, proteksi, hingga mesin penggerak. Struktur beserta lapisan anti peluru pada kapal induk Hiryu dibuat lebih tebal, untuk bagian mesin menyandang metal setebal 3,5 inci. Kapal Induk Hiryu memiliki bobot 2000 ton lebih, Kapal induk ini mampu membawa 73 pesawat tempur.

Sama dengan karir perang kapal induk lainnya, Kapal Induk Hiryu ini jua ikut dalam penyerbuan menuju ke china. selanjutnya dia dikerahkan pula dalam serangan menuju Pearl Harbor. kapal induk ini jua melancarkan serangan udara menuju Wake island dan juga menolong invasi ambon di moluccas. Pada Bulan februari Tahun 1942, dia bersama soryu menyerang darwin, Australia. beserta sejumlah serangan lainnya.

5. Kapal Induk Shokaku

 Kapal Induk Shokaku

Shokaku ialah kapal induk tercanggih yang dimiliki Angkatan Laut Jepang ketika perang Pasifik Pecah. Kapal Induk Shokaku adalah gabungan dari beragam kelebihan kapal induk terdahulu, Akagi, kaga dan juga Soryu. Lebih-lagi dapat dibilang kapal kelas Shokaku lebih maju dari kapal induk Aangkatan Laut Amerika Serikat, predikat tersebut baru hilang sesudah Amerika Serikat meluncurkan kapal induk kelas Essex. Shokaku rampung dibuat pada tanggal 1 bulan juni tahun 1939 di galangan kapal Yokosuka.

Dibandingkan dengan kapal induk Sebelumnya, ada sejumlah pembenahan yang diterapkan pada kapal induk kelas Shokaku. Kelebihannya terletak kepada sistem proteksi, persenjataan, dan juga kapasitas angkut pesawat yang sebaiknya. Sayang, upaya peningkatan kualitas tadi tidak dilakukan dengan cara total. hanggar bertingkat tetap dibiarkan terbuka tanpa perlindungan. Dan juga area penyimpanan bahan bakar masih minim proteksi. Begitulah sejumlah kelemahan yang masih tersisa.

6. Kapal Induk Zuikaku

Kapal Induk Zuikaku

Kapal Induk Zuikaku yang berarti Bangau keberuntungan, adalah kapal induk tercanggih yang dimiliki Jepang ketika perang pasifik meletus. Zuikaku diluncurkan dari Galangan kapal Kawasaku Heavy Industries pada tanggal 27 bulan november tahun 1939.

Bersama Shokaku, Zuikaku memulai karirnya dengan menyerang Pangkalan Laut amerika Pearl Harbor, disana, kapal ini menyerang lapangan udara wheeler di Oahu, lapangan udara Hickam, kaneohe dan juga sejumlah kapal perang di Battleship row. Lalu bergerak menuju ke pasifik selatan dan juga menyerang pangkalan militer Australia di Rabaul, lalu berpartisipasi dalam pertempuran laut koral. sesudah tersebut Zuikaku kembali menuju jepang untuk menjalani perbaikan, sebab menderita kerusakan lumayan parah dan juga kehilangan banyak awak, Zuikaku tidak diikutsertakan dalam pertempuran Midway.

Demikianlah Informasi Mengenai Kapal Induk Tercanggih Buatan Jepang Yang dapat saya bahas pada kesempatan kali ini semoga berguna serta bermanfaat untuk kita semua. Jangat Lewatkan Informasi Sebelumnya Yaitu Kapal Induk Tercanggih Buatan Rusia Dan Kapal Induk Terbesar Dan Tercanggih di Dunia.