Kapal Induk Tercanggih Buatan Rusia

Minggu, Januari 11th 2015. | Internasional

Kapal Induk Tercanggih Buatan RusiaIdzsn.com | Kapal induk kelas Admiral Kuznetsov Merupakan kapal induk terbesar serta tercanggih rusia pada saat ini, Dan jua dikenal selaku Proyek 1143. 5, kelas Brezhnev, ataupun kelas Kreml. Rusia cuma memiliki satu unit yang fungsional, yaitu Laksamana Armada Uni Soviet Kuznetsov. Kendati dinamai selaku Kapal induk oleh pihak Barat, rancangan Kuznetsov sebenarnya mengimplikasikan target yang berlainan dari kapal induk negara Barat. Istilah yang digunakan oleh pembuat kapal ini ialah tyazholiy avianesushchiy kreyser (TAKR ataupun TAVKR).

Untuk persenjataan pelindung armada, Kapal Induk Kuznetsov menggunakan rudal jelajah anti kapal P-700 Granit (nama panggilan NATO SS-N-19: Shipwerck), rudal permukaan menuju ke udara 3K95 Kinzhal (Gauntlet), dan juga pesawat Su-33 (Flanker-D). Pesawat bersayap-tetap diatas Admiral Kuznetsov ditujukan untuk operasi superioritas udara untuk melindungi gugus tugas yang diterjunkan. Kapal induk ini jua mengangkut beragam helikopter untuk peperangan anti kapal selam (ASW) beserta operasi SAR.

Kapal Induk Rusia

Sekarang Ini Memang ada sepuluh negara yang memiliki kapal induk, yaitu Amerika Serikat, Rusia, China, Inggris, Prancis, Brasil, Spanyol, Italia, Thailand, dan juga India. Dari sepuluh negara tersebut, baru Amerika Serikat, Rusia, Inggris, Prancis, Spanyol, dan juga Italia yang mampu memproduksi kapal induk sendiri. Di antara negara-negara tersebut, Rusia adalah salah 1 negara yang telah mampu membikin dan juga mengoperasikan kapal induknya sendiri meski dari segi kuantitas jumlahnya cuma satu.

Rusia juga berusaha melengkapi angkatan lautnya dengan beragam macam kapal perang dan juga kapal selam. Mulai dari kapal selam bertenaga nuklir Borey-class (dikenal dengan nama Proyek 955), kapal selam diesel-electric Lada-class (Proyek 677), lalu masih ada kapal selam bermesin diesel Kilo-class (Proyek 636). Kiat ini sekaligus untuk mendongkrak kemampuan tempur angkatan lautnya yang mengalami penurunan. Kekuatan militer Rusia yang dulu masih bernama Uni Soviet pernah tercatat selaku salah 1 yang tergede di dunia. Namun pasca bubarnya Uni Soviet di tahun 1990-an. Kedigdayaan yang pernah dirasakan tersebut pun akhirnya memudar.

Kapal Induk Rusia

Kapal induk satu-satunya yang dimiliki oleh Angkatan Laut Rusia tersebut memiliki nama resmi Admiral Flota Sovetskogo Soyuza Kuznetsov. Kapal induk yang dikenal selaku Project 1143. 5 ini didesain oleh Nevskoye Planning and Design Bureau, sedangkan basis pembangunannya dipercayakan ke-pada galangan kapal Nikolayev South Shipyard yang terletak di Ukraina. Kapal induk ini diluncurkan pada tahun 1985 dan juga mulai beroperasi dengan cara penuh tahun 1995. Admiral Kuznetsov ter-masuk salah 1 kapal induk yang sering diganti nama. Awalnya kapal induk ini bernama Riga lalu men-jadi Leonid Brezhnev, lalu berubah men-jadi Tbilisi dan juga terakhir men-jadi Admiral Kuznetsov.

Kalau dibandingkan dengan Amerika Serikat, jumlah kapal induk yang dimiliki Rusia memang jauh ketinggalan. Amerika Serikat sendiri mengoperasikan 13 kapal induk terbesar serta tercanggih pada saat sekarang ini, mulai dari USS Nimitz, USS Theodore Roosevelt, USS George Washington, USS John C Stennis, USS Harry S Truman, USS Ronald Reagan, USS Abraham Lincoln, USS George H W Bush, USS Enterprise, USS Kitty Hawk, USS John F Kennedy, USS Dwight D Eisenhower, dan juga USS Carl Vinson.