Kenali Penemu Komputer Pertama di Dunia

Jumat, Juli 1st 2016. | Internasional

Mungkin banyak yang menanyakan siapa yang sebenarnya penemu komputer pertama kali di dunia. Memang untuk proses perkembangannya sendiri sangat cepat dan pada dasarnya komputer memiliki lima generasi. Setiap generasi ditemukan di tahun yang tidak sama atau berbeda dan berbeda orangnya juga. Namun yang lebih detail, asal usul pertama kali komputer itu ditemukan oleh seorang yang bernama charles babage. Salah satu ahli dalam matematik yang berhasil menemukan mesin hitung yang saat ini dikenal dengan nama komputer tepatnya pada tahun 1822.

Pada saat itu, beliau bisa berhasil untuk menemukan jenis perangkat elektronik yang bisa membantu manusia untuk melaksanakan perhitungan matematika mulai dari yang paling rumit sekali pun.  Namun belum selesai ditentukan, alat satu ini sudah dimuseumkan tepatnya di London museum of science. Di sinilah asal mula pertama kali perangkat komputer ditemukan dan saat ini menjadi peranan paling penting untuk menunjang berbagai macam aktifitas kehidupan yang dilakukan setiap harinya.

Di tahun 1937 diciptakan jenis mesin hitung yang menggunakan teknologi jenis komputer digital elektronik yang kali pertama di dunia dan belum bisa dikatagorikan penemu komputer. Mesin ini diciptakan oleh Dr. Johdn V Attanasoff dan clifford berry yang melaksanakan kolaborasi untuk menciptakan mesin tersebut.  Jensi mesin hitung itu dinamakan ABC yang singkatannya adalah attansiff berry computer. Untuk sistem operasi yang diciptakan dari komputer ini hanya bisa penjumlahan dan pengurangan saja.

Penemu Komputer

Untuk tahun 1943, alan turing salah satu ilmuwan dari inggris berhasil menemukan jenis alat elektronik dengan menggunakan teknologi digital. Alat ini diciptakan untuk mencoba menerobos kode pertahanan milik jerman di perang dunia ke 2. Lalu di tahun 1945, Dr. John vonneumann menulis jenis konsep untuk penyimpanan yang pada saat itu sebetas ide saja. Lalu di tahun berikutnya ada Dr. John W. Mauchlt dan J. Prepereckert yang menciptakan jenis komputer dengan skala besar kali pertama di dunia. Dan pada saat dan masa inilah mereka berdua yang dijuluki bapak penemu komputer pertama kali di dunia.

Penemuan ini dinamakan ENIAC. Untuk sumber tenaga dari jenis komputer ini menggunakan jenis daya yang memiiliki besaran 160 ribu watt. Kali pertama dinyalakan komputer ini mendadak langsung mati. Untuk ENIAC sendiri bukan jenis alat elektronik hanya untuk penjumlahan dan pengurangan saja namun bisa digunakan untuk manjalankan program sederhana. Lalu dari penemuan ini, dunia menganggap penemuan dua orang ini penemuan pertama yang ada di dunia.

Baca Juga: Penemu Internet bernama Leonard Kleinrock

Lalu pada tahun 1947 ada perkembangan yang dilaksanakan oleh william shockley, walter brattain dan john bardee. Pengembangan itu menciptakan sebuah alat yang dinamakan transistor. Tanasistor ini diciptakan dengan jenis ukuran yang jauh lebih kecil. Sehingga untuk jenis komputer di tahun selanjutnya memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan tahun sebelumnya. Itulah beberapa ulasan penting yang berkaitan erat dengan penemu komputer pertama kali yang ada di dunia.

Banyak versi yang dipaparkan dari berbagai macam instansi tentang orang yang menemukan komputer pertama kali. Namun ulasan di atas bisa mewakilinya. Hal ini bisa dijadikan suatu pelajaran yang berharga dan perlu untuk banyak terima kasih kepada mereka yang sudah berjasa dan berjuang mati-matian hanya untuk menemukan jenis perangkat elektronik yang saat ini memiliki banyak kegunaan dan manfaat yang tidak terbatas. Semoga ulasan ini bermanfaat dan berguna bagi seluruh masyarakat.

tags: ,