Ketahui Inilah Makna Rukun Iman dan Rukun Islam

Rabu, Februari 10th 2016. | Berita Islam

Makna Rukun Iman dan Rukun Islam _ Kita sering mendengar orang mengatakan kata Rukun Iman dan Rukun Islam. Kedua hal tersebut adalah dua hal yang wajib dipelajari, dihafalkan dan diamalkan oleh semua Umat Islam. Di dalam Agama Islam terdapat enam Rukun Iman, keenam Rukun Iman tersebut adalah:

cahaya islam

Beriman kepada Allah

  1. Keimananan kepada Allah ialah mempercayai semua pengajaran dari Allah yang dibawa oleh Nabi Muhammad. Ada  beberapa tingkatan Iman kepada Allah, tingkatan Iman itu diantaranya:
  2. Percaya kepada Allah atas dasar ucapan dari mulut orang,  sama sekali tidak mengerti tentang dalil-dalilnya yang sudah dijelaskan didalam Aqaid Iman. keimanan seperti ini disebut Keimanan Taklid. wajib hukumnya bagi semua Umat Islam untuk memahami tentang Aqaid Iman beserta dalil-dalilnya yang mengajarkan tentang keberadaan Allah dan semua sifat Allah sehingga Umat Muslim mencapai kepada tingkat yang disebut Keimanan berdasarkan Ilmu.
  3. Memahami ajaran Aqaid Iman beserta dalil-dalil yang mengajarkan tentang dua puluh sifat  Allah disebut Keimanan berdasarkan Ilmu.
    Keimanan ‘Iyan’ yaitu Keimanan seseorang yang telah mengenal Allah yang membuat hatinya selalu teringat kepada Allah dan dapat merasakan dirinya sedang diperhatikan oleh Allah dimanapun orang itu berada. Tingkatan Keimanan seperti ini dikenal sebagi  Keimanan mengenai keyakinan dan Muraqabah.
  4. Keimanan mengenai sejarah hidup para Nabi dan sejarah hidup para Wali Allah.

Beriman kepada para Malaikat Allah

Malaikat itu adalah ciptaan Allah yang sangat halus bagaikan cahaya, tidak berwujud seorang lelaki maupun permpuan, mereka tidak mempunyai Ayah dan Ibu, mereka tidak pernah merasakan kelaparan dan tidak membutuhkan makanan dan minuman, mereka tidak punya rasa kantuk dan tidak pernah tidur, mereka hanya menyembah dan beribadah kepada Allah.

Beriman kepada Kitab Allah

Kitab Allah diturunkan oleh Allah dengan perantara para RasulNya supaya  menjadi panutan kehidupan bagi semua umat manusia di muka bumi ini. Dalam Islam terdapat 104 Kitab Allah. Dari 104 Kitab Allah tersebut yang wajib untuk diketahui namanya hanya empat Kitab, keempat Kitab itu adalah:

  1. Kitab yang diberikan Allah kepada Nabi Daud yaitu Kitab Zabur
  2. Kitab yang diberikan Allah kepada Nabi Musa yaituKitab Taurat
  3. Kitab yang diberikan Allah kepada Nabi Isa yaitu Kitab Injil
  4. Kitab yang diberikan Allah kepada Nabi Muhammad yaitu Kitab Al-Qur’an

Beriman  kepada para Rasul Allah. Ada 315 Rasul Allah

Rasulullah itu adalah seorang lelaki yang diberikan wewenang dari  Allah guna menyampaikan kepada semua umat Allah  supaya menjadi panutan kehidupan untuk menjalankan Ibadat kepada Allah.

Beriman kepada akhir zaman

Kehidupan manusia di dalam dunia yang fana ini tidak kekal dan hanya sementara. Suatu saat nanti seluruh alam raya dan seisinya ini akan hancur. Setelah bumi ini hancur akan ada hari akhirat yanag kekal dan tidak berujung yaitu hari dimana seluruh umat manusia akan dihidupkan kembali dan menikmati hidup baru  untuk mendapat balasan atas amal perbuatannya selama hidup di dunia.

keimanan akan takdir yang baik dan yang buruk dari Allah

Allah sudah membuat ketentuan tentang kehidupan, kematian, kekayaan, kemiskinan, kesakitan, usia dan semua ketentuan penting yang dinamakan Qadha Allah sebelum menciptakan dunia dan seluruh isinya.

Manusia hidup di dunia ini untuk memenuhi ketentuan Allah. Keadaan manusia sekarang ini adalah Takdir dari Allah. Bagaimanapun nasib manusia entah baik atau buruk itu sudah menjadi ketentuan Allah. Sebagai seorang manusia yang sudah diciptakan Allah maka kita wajib selalu bersyukur dan berikthiar kepada Allah Sang Pencipta.

Keimanan adalah sesuatu yang sangat penting untuk dilakukan. Jika kita tidak beriman maka kita tidak akan megenal Allah. Tetapi jika kita memiliki Iman maka kita pasti akan mengenal Allah. Rukun Iman dan Rukun Islam akan membuat kita menjadi jauh dari segala macam dosa dan percobaan. Rukun Iman dan Rukun Islam akan membuat kita semakin dekat dengan Allah Sang Pencipta.

Di dalam Agama Islam terdapat lima perkara Rukun Islam, kelima perkara itu adalah:

  1. Memberikan Kesaksian bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa sesungguhnya Muhammad adalah utusan Allah
  2. Menunaikan Shalat
  3. Memberikan Zakat
  4. Menjalankan Ibadah Puasa pada saat bulan Ramadhan
  5. Melaksanakan Ibadah Haji untuk Umat Islam yang mempunyai kemampuan mengadakan perjalanan ke Baitullah.

Tiang dan tombak kekuatan Agama Islam adalah lima perkara Rukun Islam. Masih terdapat banyak Hukum Islam yang menjadi cabang dan ranting Agama Islam selain lima perkara Rukun Islam.

Orang Muslim berkewajiban untuk mengingat bahwa Allah adalah Zat Yang Tunggal, Mahaesa dan tidak terikat dengan yang lain, Allah adalah Yang Maha Sempurna dan Maha Suci dari semua sifat kekurangan. Orang Muslim berkewajiban juga untuk mengingat bahwa Nabi Muhammad itu adalah Manusia Mulia, baik dalam ucapan dan tingkah laku, hidupnya lahir dan batin dibentuk oleh Allah untuk menjadi teladan bagi seluruh umat manusia yang takwa dan taat kepada Allah. Manusia yang belum mengerjakan Rukun Islam akan disebut Muslim setelah membaca dua kalimat Syahadat.

Baca Juga: Hikmah Dan Fadilah Perayaan Maulid Nabi Muhammad Saw

Rukun Iman dan Rukun Islam sangat penting bagi umat Muslim dan sangat wajib untuk dijalankan. Jika kedua Rukun tersebut tidak dijalankan maka kehidupan manusia di muka bumi ini akan penuh dengan kekacauan, pertengkaran dan perselisihan. Tetapi jika kedua Rukun tersebut dijalankan maka kehidupan manusia dimuka bumi ini akan penuh dengan kedamaian, kebahagian dan persahabatan.

tags: , ,