Keutamaan Puasa Senin Kamis Niat dan Manfaatnya

Sabtu, Juni 6th 2015. | Berita Islam

Keutamaan Puasa Senin Kamis Niat dan Manfaatnya | Kita sebagai umat muslim pasti tahu bahwa memang Hari senin dan juga hari kamis merupakan hari yang di dalamnya memiliki keistimewaan dan juga keutamaan tersendiri. Nabi kita Muhammad SAW sangat menganjurkan kepada kita semua-nya sebagai umat muslim yaitu kita selaku umatnya untuk mengerjakan puasa sunnah pada hari senin dan juga hari kamis. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa memang pada jaman dahulu Nabi Muhammad SAW sering melaksanakan puasa sunnah pada hari senin dan juga hari kamis tersebut. Seperti yang di terangkan dalam sabda Rasulullah dari Abu Hurairah yang artinya adalah sebagai berikut:

“Bahwasanya Nabi Muhammad SAW ialah orang yg paling banyak berpuasa pada hari senin dan juga Hari kamis. Ketika ditanya mengenai alasannya, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sesungguhnya segala amal perbuatan dipersembahkan pada hari senin dan juga Hari kamis, maka Allah hendak mengampuni dosa tiap manusia muslim ataupun tiap manusia mukmin, kecuali dua manusia yang bermusuhan. Maka Allah berfirman, ” Tangguhkan keduanya. (HR. Ahmad).

Walaupun puasa senin kamis ini adalah amalan sunnah, akan tetapi puasa sunnah ini memiliki keistimewaan tersendiri di mata Allah SWT. Bagi tiap umat muslim yang mau mengerjakannya, Allah SWT hendak memberikan pahala puasa dengan cara langsung kepada yang mengerjakannya. Seperti yang telah diterangkan oleh Allah SWT dalam hadits Qudsi-Nya:

“Puasa tersebut milik-Ku dan juga Saya sendiri yang hendak membalasnya. Dan juga kebaikan tersebut hendak dilipatgandakan sebanyak sepuluh kali lipat. “(HR. Bukhari dan juga Abu Daud).

Dalam hadist diatas, maksud dari “puasa” yaitu puasa dengan cara umum, baik puasa Wajib maupun puasa sunnah. Tidak terkecuali puasa sunnah hari senin hari kamis ini.

Mengapa kita sebagai umat muslim dianjurkan untuk mengamalkan puasa sunnah pada hari senin dan juga kamis? Sebab, pada hari senin dan hari kamis merupakan hari yang di dalamnya memiliki keistimewaan dan keutamaan tersendiri. Diantaranya yaitu, segala amal perbuatan manusia pada hari senin dan juga hari kamis di periksa oleh malaikat. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya :

Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa.” (HR. Tirmidzi).

  • Niat Puasa Senin Kamis Lengkap Arab, Latin dan Artinya:

Dan berikut adalah lafadz niat puasa hari senin dan juga niat puasa pada hari kamis dalam bahasa arab, tulisan latin serta terjemahannya.

Bacaan Niat Puasa Sunah Hari Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SAUMA YAUMAL ITSNAII SUNNATAN LILLAHI TANA’ALA

Artinya :
Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.

Bacaan Niat Puasa Hari Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SAUMA YAUMAL KHOMIISI SUNNATAN LILLAHI TAA’ALA

Artinya :
Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala.

Itulah lafadz bacaan niat puasa senin kamis lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga kita semua termasuk dalam golongan orang-orang yang mengamalkan puasa sunnah senin kamis.

  • Keutamaan Puasa Senin Kamis

Surga Balasannya Di AkhiratAllah SWT akan menempatkan hamba-Nya yang beriman, bertakwa dan beramal saleh ke dalam surga . Surga yang penuh kenikmatan diciptakan oleh Allah SWT sebagai ganjaran atas jerih payah hamba-Nya yang bertakwa.

Terhindar dari Siksa Api NerakaPuasa merupakan salah satu bentuk ibadah yang sangat istimewa di hadapan Allah SWT . Dan bagi orang yang mau mengerjakannya, maka Allah SWT akan memberikan ganjaran surga di akhirat.

Menjadi Penolong pada Hari Kiamat serta untuk mendekatan Diri kepada Allah SWT.

Siapa yang menjalankannya maka akan mendapat pahala pula, sementara yang tidak menjalankan tidak mendapat dosa. Namun, ibadah sunah tentu amat bermanfaat bagi Kamu baik dengan cara langsung maupun tidak. Salah 1 contohnya, yaitu ibadah sunah puasa pada Hari senin dan juga Hari kamis.

Manfaat puasa Hari senin Hari kamis amat besar, dilihat dari segi kesehatan tubuh maupun mental dan juga spiritual yang dialami oleh pelakukanya. Maka dari itu, mereka yang suka puasa Hari senin Hari kamis dapat memaksimalkan beserta menyeimbangkan antara tiga kecerdasan, yaitu kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), dan juga kecerdasan spiritual (SQ).

Manfaat puasa Hari senin Hari kamis memang banyak sekali dan juga menolong kehidupan manusia dalam beraktivitas sehari-hari. Di agama yang lainnya pun selain Islam, umatnya jua dianjurkan dan juga diperintahkan untuk berpuasa, walaupun tata caranya berlainan. Berikut hendak disampaikan sejumlah manfaat puasa Hari senin Hari kamis yang dapat Kamu pelajari.

  • Mengeluarkan racun dalam tubuh

Tanpa penelitian dari para ilmuwan, Kamu pun dapat berpikir dengan cara logika, kalau puasa puasa hari senin hari kamis dapat meneluarkan toksin ataupun racun dalam tubuh. Racun yang bercampur dalam lemak, darah, ataupun bagian yang lainnya tersebut punya asal dari makanan dan juga minuman yang kita konsumsi sehari-hari.

Untuk mengeluarkannya bukan cuma dengan berolah raga saja. Namun, Kamu mesti berhenti mengkonsumsi makanan dan juga minuman minimal selama sehari, agar racun dapat dikeluarkan dengan efektif. Pengeluarannya dapat lewat keringat, urine, ataupun ketika Kamu buang air besar. Cara puasa hari senin hari kamis memang dipercaya ampuh untuk mengelurkan racun yang telah mengendap dalam tubuh.

  • Memberikan istirahat untuk organ pencernaan

Organ perncernaan dalam tubuh yang Kamu miliki diibaratkan seperti mesin, sebut saja mesin kendaraan bermotor. Tidak bisa jadi satu buah mesin dapat dihidupkan dan juga dijalankan terus menerus sebab cuma akan merusak salah 1 ataupun lebih onderdil ataupun sparepart bagian dari mesin tersebut.

Maka dari itu, mesin kendaraan bermotor jua memerlukan istirahat agar tidak cepat rusak komponen di dalamnya. Selain tersebut, jua memerlukan perawatan yang rutin.

  • Menurunkan kadar lemak

Lemak memang salah 1 nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh Kita semua. namun, kalau Kita memiliki lemak dalam tubuh yang kebanyakan tentu cuma akan membikin penyakit datang. Maka dari itu, kelebihan lemak dalam tubuh Kita harus dihilangkan.

Ada tiga cara yang amat efektif dan juga dapat Kita kerjakan dengan cepat, yaitu berolah raga dengan cara teratur, melaksanakan diet yang menyehatkan, dan juga melaksanakan puasa Hari senin Hari kamis. Ketiga cara tersebut kalau dilakukan dengan betul, dijamin maka akan menurunkan kadar lemak dalam tubuh Kita. akibat positifnya, tubuh Kita akan terhindar dari gangguan penyakit, seperti tekanan darah tinggi ataupun kolesterol.

  • Mempercantik kaum perempuan dengan cara alami

Dengan berpuasa Hari senin Hari kamis, sel-sel tubuh hendak mengalami reorganisasi ataupun pergantian dengan cara teratur. Hal tersebut yang menyebabkan sel-sel dalam tubuh Kamu senantiasa mengalami peremajaan. Dengan begitu, organ dalam maupun luar tubuh Kamu hendak men-jadi lebih sehat dan juga segar. Contohnya, pada organ kulit yang mengalami peremajaan sel-sel kulit hendak menjadikan kulit wajah lebih bersih, segar, dan juga nampak cuantik.

Untuk itu, mulai sekarang ayo kita amalkan puasa sunnah senin kamis ini yang ternyata banyak sekali keutamaan, keistimewaan dan manfaatnya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Pengertian Puasa Ramadhan

tags: ,