Makna dan Manfaat Dari Doa Sebelum Tidur

Rabu, Maret 9th 2016. | Berita Islam

Doa Sebelum Tidur dan Doa Ketika Bangun Tidur _ Tidur merupakan satu kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan setipa orang. Bisa dikatakan tidur adalah satu cara dimana seseorang beristirahat setelah melakukan aktivitas, dan dari segi waktu pada umumnya dilakukan pada malam hari. Namun, banyak orang sering mengabaikan tentang berdoa sebelum tidur, padahal makna dari Doa Sebelum Tidur sangatlah baik dan dari manfaatnya juga baik. Berdoa sebelum tidur sebaiknya diajarkan sejak usia dini sehingga nantinya bisa menjadi satu kebiasaan baik. Banyak orang tua menyarankan kepada anak mereka untuk melakukan doa agar terhindar dari jeadian yang tidak diinginkan. Kita sebagai manusia biasa tidak akan tahu apa yang terjadi pada saat Kita tertidur. Mimpi buruk, merupakan satu kejadian yang sering terjadi hingga membuat terbangun. Tentu Anda tidak ingin waktu tidur Anda terganggu gara-gara mimpi buruk bukan?

Dalam berbagai perspektif agama contohnya saja Islam, ada beberapa surat atau ayat yang mencatumkan lafal dan arti dari sebuah doa sebelum tidur. Banyak orang masih menganggap bahwa berdoa sebeum istirahat tidak ada gunanya. Padahal sudah jelas terlihat bahwa ada doa sebelum tidur yang akan membuat proses istirahat menjadi lebih baik. Rata –rata orang menganggap tidur tanpa memanjatkan doa bisa memberukan beberapa masalah. Sebenarnya ada makna dari Doa Sebelum Tidur yang sering dipanjatkan kepada Tuhan, yakni  menyerahkan diri kepada Tuhan segala sesuatunya dan meminta untuk diberi keselamatan dan mimpi baik pada saat beristirahat. Pada zaman modern seperti saat ini banyak kaum muda yang mengesampingkan dari makna berdoa sebelum tidur. Sekarang Anda lebih sering melihat anak atau orang lain yang melakukan kegiatan tidak bermanfaat sebelum mereka tertidur.

Do’a SebelumTidur dan Setelah Bangun Tidur

Do’a Sebelum Tidur :

بِاسْمِكَ اللّهُمَّ أَحْيَاوَأَمُوتُ

BismikaAllahumma ahya wa amutu

Artinya : Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan mati

Do’a Sesudah Bangun Tidur :

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

Alhamdulillahil ladzi ahyana ba’da ma amatana wailaihin nusyur

Artinya : Segala puji bagi Allah yang menghidupkan aku kembali setelah mematikan aku dan kepada Allah akan bangkit

Keterangan :

Doa ini berdasarkan hadits nabi yang diambil dari Riadust Shalihin :

عَنْ حُذَيْفَةَ وَأَبِىذَرٍّ رَضِىَاللّهُعَنْهُمَا قَالَ : كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَاأَوَى إِلىَ فِرَاشِهِ قَالَ :  بِاسْمِكَ اللّهُمَّ أَحْيَاوَأَمُوتُ ، وَإِذَااسْتَيْقَظَ قَالَ : اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ . رَوَاهُ الْبُخَارِىُّ

Artinya : Hudzaifah r.a. dan Abu Dzarr keduanya berkata : Adalah Rasulullah saw. jika akan tidur membaca : bismikallahumma ahya wa amutu (Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan mati), dan apabila bangun tidur membaca ; alhamdulillahil ladzi ahyana ba’da ma amatana wailaihin nusyur (Segala puji bagi Allah yang menghidupkan aku kembali setelah mematikan aku dan kepada Allah akan bangkit). (Bukhari)

Dalam berbagai ajaran agama terutama Islam ternyata ada beberapa makna dari pentingnya Doa Sebelum Tidur. Mungkin Anda belum menyadari bahwa melafalkan doa sebelum beristirahat memiliki manfaat yang sangat bagus untuk proses tidur Anda. Melafalkan doa sebelum beristirahat malam bisa menghindarkan Anda dari mimpi buruk. Beberapa nasehat dari para Nabi terdahulu juga telah memberikan falsafah tentang manfaat berdoa sebelum tidur. Tidur Anda akan lebih berkualitas, karena secara psikologis hati dan pikiran setelah Anda melakukan doa akan sedikit tenang dan melupakan semua peristiwa yang terjadi sebelum Anda tidur. Selain itu, tubuh tidak akan terpisah dari ruh jika Anda melakukan doa, dimana dalam ajaran Islam meyakini seseorang yang sudah terlelap dalam tidur akan terpisah dari ruh. Jika Tuhan mengkehendaki, tubuh dan ruh Anda tidak akan bersatu lagi, sehingga dengan memanjatkan doa maka tubuh tidak akan terpisah dari ruh.

Baca Juga: Kunci Doa dan Amalan Mustajab Agar Cepat Dikabulkan

Tidur yang normal adalah 8 jam sehari, namun ada beberapa kejadian jika Anda tidak tidur secara benar seperti sulit bangun pagi, tubuh merasa lemas, dan konsentrasi menurun. Tahukah Anda jika seseorang yang tidak bersitirahat malam tepat waktu dalam artian jumlah jam tidur kurang dari 4 jam maka sangat rentan terkena depresi. Untuk menghindari hal semacam itu maka sebaiknya Anda membiasakan diri untuk mengutamakan istirahat tidur selama 8 jam dan melakukan Doa Sebelum Tidur agar kualitas istirahat Anda lebih terjamin. Sebagai makhluk ciptaan Allah SWT harusnya bisa bersyukur dapat beristirahat setiap malam. Tak lupa juga untuk memanjatkan rasa syukur sebelum dan sesudah istirahat agar kita selalu teringat dengan kuasa Tuhan Yang Maha Besar dan Maha Penyayang. Semoga dengan membaca ulasan di atas Anda lebih rajin berdoa sebelum bersitirahat.

tags: , ,