Manfaat Buah Alpukat

Sabtu, Juni 27th 2015. | Kesehatan

Manfaat Buah Alpukat | Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh, Kulit dan Rambut, Siapa sih yang tidak suka dengan buah alpukat? Buah yang memiliki daging dengan tekstur padat ini selain manis, buket, juga dapat mengenyangkan. Ada banyak manfaat buah alpukat untuk kesehatan dan untuk perawatan kulit wajah maupun rambut. Untuk rambut, Anda dapat menggunakan daging buahnya sebagai masker dengan cara dihancurkan terlebih dahulu, lalu dioleskan pada kulit kepala dan rambut sampai rata. Biarkan sampai 15 menit agar mendapatkan hasil yang maksimal. Setelah itu, baru bilas dengan air. Sebagai masker wajah, cara membuatnya juga sama dengan masker rambut.

Manfaat buah alpukat diantaranya adalah untuk meningkatkan kesehatan jantung, mencegah diabetes, dan mencegah stroke. Buah alpukat juga dapat dijadikan masker untuk rambut dan wajah. Adapun manfaat buah alpukat ini bisa diandalkan sebagai pencegahan atau pengobatan penyakit tertentu. Berikut adalah beberapa manfaat dari buah alpukat yang bisa didapatkan.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Buah alpukat mengandung vitamin C yang membantu untuk memperbaiki daya tahan tubuh dan menigkatkannya. Mengkonsumsi vitamin C sesuai kebutuhan dapat terhindar dari sakit musiman seperti flu. Begitu juga dengan kondisi yang sedang dalam masa pemulihan dari sakit flu.

2. Mengurangi peradangan sendi

Daging buah alpukat mengandung lemak, tetapi lemak baik untuk kesehatan tubuh. Lemak tak jenuh, vitamin C, vitamin E, dan vitosterol pada buah alpukat dapat membantu peradangan pada sendi dan tulang-tulang.

3. Mencegah stroke

Penyakit stroke sering melanda pada seseorang yang sudah lanjut usia. Oleh sebab itu, mengkonsumsi jus buah alpukat atau di makan secara langsung buahnya dapat mencegah mengalami stroke.

4. Meningkatkan kesehatan organ jantung

Manfaat buah alpukat yang termasuk manfaat besar adalah untuk melindungi jantung dari berbagai masalah dan gangguan. Zat yang berperan dalam hal ini adalah asam oleat tak jenuh, folat, kalium, serat, vitosterol, dan vitamin E. Tingkatkan kesehatan jantung Anda sejak dini dengan mengkonsumsi buah alpukat.

5. Mencegah diabetes

Penyakit diabetes paling banyak resiko karena diturunkan. Ini bukan berarti Anda tidak dapat terhindar darinya. Menjaga pola hidup sehat dan rutin konsumsi buah alpukat dapat mengurangi resiko penyakit diabetes.

Itulah manfaat buah alpukat utama yang harus Anda ketahui agar mulai sekarang Anda mencintai buah-buahan, salah satunya buah alpukat. Kandungan serat di dalam daging buahnya juga dapat membantu Anda dari sembelit, sehingga buang air besar menjadi lancar dan pencernaan tetap sehat. Baik dibuat jus atau dimakan langsung, buah alpukat tetap memiliki citarasa yang lezat. Ketika membuat jus, alangkah baiknya apabila Anda tidak menambahkan es maupun gula pasir. Jus tanpa gula dan es ini juga dapat membantu program diet Anda.

Baca Juga: Manfaat Buah Mengkudu

tags: