Manfaat Buah Jeruk

Selasa, Juni 30th 2015. | Kesehatan

Manfaat Buah Jeruk | Buah Jeruk untuk Kesehatan dan Juga Kecantikan, Manfaat buah jeruk bagi kesehatan dan kecantikan cukup banyak. Buah jeruk merupakan buah yang memiliki rasa manis dan juga masam. Buah ini memiliki warna kulit hijau dan kuning, namun pada bagian dalamnya tampak kuning. Jeruk merupakan buah yang cukup banyak disukai karena rasanya yang segar. Jeruk banyak dikonsumsi sebagai makanan pencuci mulut atau sebagai camilan. Jeruk dapat dikonsumsi dalam kondisi segar ataupun dibuat menjadi jus. Keduanya sama-sama segar, Anda dapat memilih yang paling Anda sukai.

Mengonsumsi jeruk secara umum tentu membantu memberikan rasa kenyang pada perut Anda. Selain itu, Anda tentu juga merasakan segar dan nikmat yang Anda rasakan pada lidah Anda. Namun selain mendapatkan rasa segar dan rasa kenyang, jeruk ternyata juga memiliki manfaat. Manfaat buah jeruk tersebut tidak hanya bagus untuk kesehatan saja tetapi juga untuk kecantikan. Bagi kesehatan, buah jeruk dapat dimanfaatkan sebagai anti kanker dan juga dapat mencegah batu ginjal. Tidak hanya itu saja, konsumsi buah jeruk juga bermanfaat menurunkan kolesterol dan menurunkan risiko terjangkit penyakit kanker hati.

Selain itu, masih banyak lagi manfaat lain dari konsumsi buah jeruk untuk kesehatan. Antara lain yaitu menjaga kesehatan jantung, melawan infeksi, menyehatkan mata, menangkal penyakit dan mengatasi sembelit. Sedangkan untuk kecantikan, buah jeruk sangat efektif menyegarkan kulit. Manfaat buah jeruk yang satu ini memang sangat bagus untuk Anda yang ingin tampil maksimal di setiap suasana. Untuk memiliki kulit yang sehat dan juga segar, Anda dapat mengonsumsi buah jeruk secara teratur.

1. Mencegah kanker

Buah jeruk kaya akan limonoid yang telah terbukti mampu mencegah penyakit kanker kulit, paru-paru, payudara, lambung, dan juga usus gede.

2. Mencegah batu ginjal

Demi menurunkan risiko penyakit batu ginjal, cobalah minum jus buah jeruk tiap hari dengan cara rutin. Namun tidak boleh berlebihan, sebab gula yang pecah ketika buah jeruk diolah men-jadi jus mampu membikin gigi cepat berlubang.

3. Menurunkan risiko kanker hati

Menurut penelitian dari Jepang, makan buah jeruk – khususnya buah jeruk mandarin – mampu menurunkan risiko kanker hati. Perihal ini diduga sebab kandungan vitamin A dalam buah jeruk yang dikenal dengan nama carotenoid.

4. Menurunkan kolesterol

Walaupun mengandung banyak air, buah jeruk ternyata jua kaya serat yang menolong tubuh menurunkan kolesterol.

5. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan kalium dalam buah jeruk berperan dalam menjaga detak jantung agar tetap seimbang. Sehingga makan buah jeruk jua mampu mencegah penyakit kardiak aritmia (detak jantung tidak teratur).

6. Menangkal penyakit

Sebab kaya hendak vitamin C, makan buah jeruk dapat melindungi sel dari serangan radikal bebas. Sehingga beragam macam penyakit mampu ditangkal oleh buah ini.

7. Melawan infeksi virus

Penelitian membuktikan kalau kadar polyphenol dalam buah jeruk mampu melawan infeksi virus yang menyerang tubuh.

8. Mengatasi sembelit

Serat dalam buah jeruk bukanlah cuma ampuh menurunkan kolesterol, namun jua mengatasi sembelit dan juga problem sulit buang air besar.

9. Mengontrol tekanan darah

Ada flavonoid yang terkandung dalam buah jeruk. Fungsinya ialah mengontrol tekanan darah agar tetap stabil.

10. Melindungi kulit

Beta-carotene kepada buah jeruk adalah antioksidan kuat yang melindungi sel dari kerusakan. Selain tersebut, senyawa tersebut jua melindungi kulit dari tanda penuaan.

Buah jeruk sendiri mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh dan baik untuk kesehatan. Antara lain yaitu kalsium, protein, lemak, karbohidrat, zat besi, vitamin A, vitamin B1 dan B2 dan juga vitamin C. Mengonsumsi buah jeruk secara teratur memang dapat membantu menjaga kesehatan Anda. Konsumsilah buah jeruk ini dalam dosis yang tidak berlebih agar tidak membawa pengaruh buruk pada kesehatan Anda. Anda dapat mengonsumsi 1 hingga 2 buah jeruk nipis setiap harinya. Manfaat buah jeruk cukup bagus untuk kesehatan dan juga kecantikan. Anda dapat memperoleh manfaat tersebut jika mengonsumsi buah jeruk secara teratur. Dengan begitu Anda dapat mendapatkan manfaat buah jeruk tersebut.

Baca Juga: Manfaat Buah Mangga

tags: