Manfaat Buah Mengkudu

Jumat, Juni 26th 2015. | Kesehatan

Manfaat Buah Mengkudu | Berbicara tentang buah-buahan pasti tidak akan jauh-jauh dengan kandungan vitaminnya. Bukan menjadi rahasia lagi apabila buah-buahan sangat baik bagi tubuh apabila dikonsumsi secara teratur. Salah satu buah yang akan kita bahas pada artikel ini adalah buah mengkudu. Ada banyak manfaat buah mengkudu yang mungkin belum Anda ketahui. Mengkudu memiliki anti kanker, tumor dan baik untuk kekebalan tubuh. Kandungan antioksidan pada buah ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan tumor.

Manfaat buah mengkudu ada berbagai macam, bahkan mengkudu mempunyai zat anti kanker. Minum jus buah mengkudu setiap hari dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan diuraikan mengenai manfaat buah mengkudu, diantaranya yaitu:

1. Untuk membantu menjaga kesehatan tulang

Dalam hal ini yang berperan adalah asetil, asam kapril, metil, morindone dan sorandiyiol. Zat-zat ini mampu meningkatkan kekuatan tulang terutama bagi wanita dengan usia 40 tahun ke atas. Dengan begitu, mengkonsumsi buah mengkudu secara teratur sangat bermanfaat bagi mereka.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan nutrisi yang ada pada buah mengkudu dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan yang berperan diantaranya yaitu vitamin, mineral, peptida, enzim dan asam amino. Buah mengkudu juga mempunyai antioksidan yang membantu mencegah radikal bebas.

3. Analgesik

Sebagai analgesik, buah mengkudu dapat membantu menghilangkan rasa sakit. Begitu juga dengan daunnya dapat menjadi obat alami untuk menghilangkan sakit kepala.

4. Mengendalikan tekanan darah

Jus buah mengkudu apabila dikonsumsi secara teratur setiap hari dapat membantu agar tekanan darah tetap stabil.

5. Sebagai anti inflamasi

Sebagai zat anti inflamasi, buah mengkudu dapat membantu mengurangi peradangan.

6. Zat anti kanker

Ini dia manfaat buah mengkudu yang sangat unggul. Buah mengkudu dapat mencegah rusaknya DNA dan mampu mempertahankan sel-sel yang baik bagi tubuh.

7. Melancarkan pencernaan

Ketika pencernaan tidak lancar, mungkin saja Anda mengalami mual, muntah, perut kembung, dan radang pada lambung. Mengkonsumsi jus buah mengkudu dapat mengobati dan mencegah gejala-gejala ini.

Ketika sedang demam, cobalah untuk membuat ramuan dari buah mengkudu. Hal ini dapat pula dilakukan ketika sedang pilek dan masuk angin. Rebus satu buah mengkudu dan satu rimpang kencur. Rebus dengan dua gelas air sampai tinggal setengahnya. Saring ramuan tersebut, tunggu sampai hangat lalu dapat diminum setiap pagi dan sore hari. Adapun cara membuat jus mengkudu adalah dengan mencampurkan buah mengkudu setengah matang dengan madu, lalu diblender dengan air matang tanpa es. Cara meminumnya 30 menit sebelum sarapan. Itulah beberapa manfaat buah mengkudu yang dapat Anda jadikan referensi untuk mengobati sakit sehari-hari.

Baca Juga: Manfaat Buah Pepaya

tags: