Manfaat Buah Semangka

Minggu, Juni 28th 2015. | Kesehatan

Manfaat Buah Semangka | Manfaat Buah Semangka Untuk Tubuh Lebih Sehat dan Wajah Lebih Segar, Buah semangka akan sangat banyak di pasaran apabila sedang musimnya, yaitu pada musim kemarau. Buah semangka sering dijadikan sebagai pencuci mulut di acara resepsi pada hajatan. Tetapi tanpa kita sadari ternyata buah semangka memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh apabila dikonsumsi dalam porsi yang normal. Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai manfaat buah semangka tersebut.

Selain untuk kesehatan, buah semangka juga bermanfaat untuk kecantikan. Akan lebih baik apabila menggunakan bahan-bahan alam langsung untuk membuat kulit dan wajah tetap cantik, karena bahan alami tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya, contohnya dengan menggunakan buah semangka secara langsung. Manfaat buah semangka selain untuk meningkatkan kekebalan tubuh, kesehatan mata, melindungi dari radikal bebas, ternyata juga dapat membuat wajah lebih segar dengan dibuat masker. Nah, untuk lebih jelasnya, mari simak beberapa manfaat buah semangka berikut ini:

1. Menangkal radikal bebas

Aktivitas sehari-hari tidak dapat dipungkiri membuat kita sering terpapar asam kendaraan, asap rokok, maupun asap pabrik yang tidak sengaja terhirup dan menimbulkan radikal bebas. Mengkonsumsi buah semangka dapat mencegah tubuh terkena radikal bebas tersebut.

2. Mengurangi lemak

Kandungan citruline pada semangka dapat membantu mengurangi lemak jahat yang ada pada tubuh. Hal ini sangat bermanfaat bagi seseorang yang sedang mencanangkan program diet.

3. Menyehatkan mata

Tidak banyak yang tahu bahwa manfaat buah semangka juga dapat membantu menyehatkan mata. Tidak hanya wortel dan tomat saja yang mengandung betakaroten yang dapat diubah menjadi vitamin A.

4. Menyehatkan jantung

Nah, ini dia sumber pemompa darah di dalam tubuh, yaitu jantung. Semangka adalah sumber likopen yang berperan sebagai zat untuk melindungi jantung. Saat ini penyakit jantung tidak hanya dapat menyerang orang yang sudah lanjut usia saja, tetapi anak-anak dan remaja serta dewasa muda apabila tidak menjalani pola hidup sehat juga rentang terkena penyakit jantung.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Semangka mengandung vitamin C yang berfungsi baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga seseorang tidak mudah sakit, meskipun cuaca sedang tidak mendukung.

Nah, itulah beberapa manfaat buah semangka yang bisa Anda dapatkan bagi kesehatan tubuh. Namun bukan hanya itu saja manfaat dari buah ini, karena Anda bisa menjadikannya sebagai masker wajah yang mampu mencerahkan kulit karena semangka mengandung glutathione yang berfungsi sebagai pemutih alami.

Baca Juga: Manfaat Buah Tomat

tags: