Manfaat Buah Tomat

Sabtu, Juni 27th 2015. | Kesehatan

Manfaat Buah Tomat | Buah tomat adalah buah yang selalu standby ada di dapur. Biasanya tomat dijadikan pelengkap dalam memasak, sebagai pelengkap sayur bening, juga sebagai pelengkap dalam membuat sambal. Siapa sangka ternyata manfaat buah tomat sangat tinggi untuk kesehatan tubuh, bahkan untuk kecantikan. Sudah penasaran? Simak terus artikel ini. Pada dasarnya, ada beragam kandungan yang dimiliki oleh buah tomat, seperti asam folat, asam sitrat, saponin, alkaloid solanin, bioflavonoid, lemak, gula, protein, mineral, kalsium, zat besi, sulfur, vitamin A, B kompleks, C, D, E dan masih banyak lagi.

Untuk mendapatkan manfaat buah tomat ini, Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung. Namun jika Anda tidak terlalu menyukai tomat yang dimakan mentah-mentah, Anda bisa membuatnya menjadi minuman segara seperti jus. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan manfaat dari buah ini dengan mencampurkannya ke dalam masakan seperti sayur asem, tumisan dan sop.

Terlepas dari cara mengkonsumsinya, berikut ini penulis paparkan beberapa manfaat buah tomat bagi kesehatan tubuh. Penasaran apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari si tomat ini, simak ulasannya dibawah ini.

1. Mengatasi demam

Apabila anak mengalami demam, Anda dapat mencobanya dengan pengobatan tradisional dari tomat. Caranya lumatkan 3 buah tomat dengan setengah gelas air matang. Peras dan saring lalu minumkanlah.

2. Mengatasi radang usus buntu

Cara mengatasinya yaitu dengan mengkonsumsi jus tomat tiga kali sehari masing-masing satu gelas atau cangkir.

3. Mengobati gusi berdarah

Ada banyak sebab yang menjadi faktor terjadinya gusi berdarah. Cara mengatasi dengan tomat adalah dengan memakan tomat mentah-mentah yang sebelumnya telah dicuci bersih.

4. Mengobati jerawat

Nah, manfaat buah tomat untuk kecantikan salah satunya adalah dengan mengobati jerawat. Hancurkan tomat lalu jadikan sebagai masker wajah. Tunggu selama 15 menit baru cuci sampai bersih.

5. Mengobati wasir

Mempunyai wasir sangat tidak nyaman. Segera atasi wasir Anda dengan bahan utama dari tomat. Rebus buah tomat yang sudah matang secukupnya di dalam minyak kelapa. Cukup rebus selama 10 menit saja. Sari ng airnya dengan kain. Oleskan pada wasir ketika airnya sudah cukup dingin.

6. Mengatasi hipertensi

Mengkonsumsi satu buah tomat secara langsung di pagi hari dapat membantu mengatasi hipertensi.

7. Membantu menjaga kesehatan tulang

Selama hidup, tentu Anda membutuhkan tulang yang selalu kuat. Tetapi seiring berjalannya waktu jika tidak hidup sehat selagi muda dapat mengalami pengeroposan tulang. Mulailah dengan rutin mengkonsumsi tomat agar terhindar dari masalah tulang. Zat yang berperan diantaranya yaitu vitamin K dan likopen.

Nah, itulah manfaat buah tomat yang bisa Anda dapatkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Manfaat buah tomat selain untuk kesehatan juga untuk kecantikan. Untuk kesehatan, tomat dapat membantu mengatasi hipertensi sedangkan untuk kecantikan menghilangkan jerawat. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Baca Juga: Manfaat Buah Alpukat

tags: