Manfaat dan Makna Dari Doa Masuk Rumah

Rabu, Maret 16th 2016. | Berita Islam

Doa Masuk Rumah _ Rumah merupakan satu tempat dimana manusia berlindung dari terpaan sinar matahari, guyuran air hujan, dan debu dari angin. Setiap orang pasti membutuhkan satu hunian yang layak dan cukup untuk berlindung dari dinginnya udara di malam hari. Besar kecilnya rumah harus bisa memberikan kenyamanan bagi penghuninya. Tidak semua orang bisa membangun rumah dan saat ini untuk mendapatkan atau membangun rumah tidaklah mudah. Salah satu bentuk syukur dari keberhasilan seseorang setelah membangun rumah biasanya diadakan satu syukuran, namun setelah itu langkah apa yang bisa dilakukan? Melafalkan Doa Masuk Rumah bisa menjadi satu pilihan dalam menysukuri setiap rumah yang sudah dibangun. Setiap Agama pasti memiliki doa untuk masuk rumah dan keluar rumah. Untuk umat Islam tentu sudah tidak asing lagi bahwa setiap masuk rumah diwajibkan melafalkan doa.

Berbagai manfaat dari melafalkan doa sesaat hendak masuk rumah atau keluar rumah bisa dirasakan. Mendapatkan perlindungan dari Tuhan dari langkah pertama keluar dan masuk rumah adalah satu manfaat yang akan Anda rasakan. Rumah dapat diibaratkan sebuah tempat ibadah dimana penghuninya melakukan kegiatan dan beribadah. Semua kegiatan mulai dari beribadah dan istirahat dilakukan di dalam rumah. Doa Masuk Rumah seharusnya bisa diamalkan secara nyata mengingat fungsi dari rumah bisa menggantikan tempat ibadah. Rumah yang baik adalah dimana orang didalamnya juga melakukan hal-hal yang tidak dilarang agama. Manfaat lainnya dari melafalkan doa saat masuk rumah adalah membuat diri kita menjadi lebih bersih dan menghilangkan rasa lelah yang kita bawa dari luar rumah. Namun banyak penghuni rumah melupakan fungsi dan manfaat dari melafalkan doa saat ingin masuk rumah.

DOA KELUAR RUMAH DAN MASUK RUMAH

Doa Keluar Rumah

بِسْمِ اللَّهِ ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه

“Bismilaahi tawakkaltu ‘alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi”

Artinya : Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja

Doa Masuk Rumah

بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا ، وَعَلَى اللهِ رَبَّنَا تَوَكَّلْنَا

“Bismillahi walajnaa wa bismillahi kharajnaa wa-alallaahi rabbina tawak-kalnaa”

Artinya : Dengan nama Allah kami masuk rumah, dengan nama Allah aku keluar rumah, serta kepada-Nya aku berserah diri

Seperti yang sudah diulas lebih di atas rumah merupakan satu karunia dan rezeki dari Tuhan yang harus disyukuri. Mengubah perilaku dengan sering melafalkan doa ketika masuk rumah bisa dilakukan sejak usia dini agar nantinya pada usia dewasa akan melakukan kebiasaan baik tersebut. Siapa saja yang mengucapkan Doa Masuk Rumah niscaya Tuhan akan membimbingnya masuk ke dalam situasi hati yang tenang dan damai. Lalu bagaimana cara membuat kebiasaan melafalkan doa saat memasuki rumah bisa dilakukan secara teratur? Memang tidak mudah untuk membuat seseorang bisa terbiasa berdia sebelum masuk rumah, karena tidak diajarkan sejak usia dini. Rata-rata seseorang hanya mengucapkan salam saja ketika ingin masuk rumah. Meskipun mengucapkan salam juga menjadi satu bagian dari doa, namun sepertinya masih dirasa kurang lengkap jika tanpa ditambah dengan berdoa. Kita juga mengenal bahwa berdoa juga menjadi satu bagian dari beribadah.

Lihat Juga: Makna Do’a Sebelum dan Selesai Makan

Sebenarnya masih banyak makna dan manfaat Doa Masuk Rumah bagi umat Islam tentunya yang diharapkan bisa beribadah dimanapun mereka berada. Walaupun rumah Anda saat ini dimiliki oleh orang tua, mertua, atau kontrakan tidak menjadi satu kendala dalam melaksanakan ibadah. Para Nabi pun memberikan contoh bahwa perilaku penghuni rumah harus mencerminkan perintah Rasul agar situasi aman dan nyaman bisa tetap terjaga di dalam rumah tersebut. Marilah sebagai umat Muslim kita tetap menjaga perilaku dan sopan santun dalam memasuki halaman rumah agar nantinya suasana rumah menjadi lebih enak untuk menjadi satu tempat hunian. Informasi di atas semoga bisa memberikan manfaat yang tepat bagi Anda sebelum masuk ke dalam rumah. Ingat, bahwa rumah juga menjadi tempat ibadah, jadi jangan sampai kita masuk tanpa mengucapkan doa.

tags: , ,