Manfaat Daun Afrika

Sabtu, Juli 4th 2015. | Kesehatan

Manfaat Daun Afrika | Daun afrika merupakan salah satu manfaat yang harus kita tahu. Karena, pemeriksaan dan pengobatan dengan menggunakan bahan alami lebih bagus jika dibanding dengan pengobatan yang menggunakan obat dari dokter. Tanaman daun afrika ini sangat mudah ditanam, sehingga sangat cocok jika dijadikan tanaman apotek hidup.

Manfaat daun afrika untuk kesehatan antara lain sebagai obat rematik dan pegal-pegal, obat diabetes dan juga obat batuk alami, yang cara penggunaannya berbeda-beda. Mari kita simak apa saja manfaat dari daun afrika ini.

1. Obat batuk alami

Dalam kondisi badan batuk, daun afrika menjadi salah satu solusi yang tepat. Apalagi, wanita hamil sangat rawan jika mengonsumsi obat-obatan berbahan dasar kimia. Sehingga tidak salah jika manfaat daun afrika yang pertama adalah sebagai obat batuk alami. Untuk menggunakannya, sangat mudah yaitu keringkan daun afrika ini dengan cara dijemur. Kemudian tumbuk hingga halus. Lalu, seduhlah 2 sendok makan daun afrika ini dengan menggunakan air panas dan minum tiga kali dalam sehari.

2. Obat diabetes

Anda tahu bahwa penyakit diabetes adalah penyakit kronis yang harus segera diobati. Karena penyakit ini bisa menyebabkan terjadinya komplikasi dengan beberapa penyakit berbahaya lainnya. Adapun cara menggunakan daun ini sebagai obat diabetes adalah kunyah 1 lembar daun afrika setelah dicuci bersih. Lalu telanlah air sari kunyahan ini dan buang ampas dari kunyahan daun. Jika hal ini dilakukan secara rutin setiap hari, maka penyakit diabetes akan segera pergi dari tubuh Anda.

3. Obat rematik

Manfaat daun afrika yang lain adalah sebagai obat rematik atau pegal-pegal pada tubuh. Adapun cara mengatasi rematik dengan menggunakan daun afrika adalah dengan menyeduh 3 hingga 5 lembar daun afrika dengan menggunakan air panas, tentu saja setelah daun dicuci hingga bersih. Jika air seduhan ini diminum, maka dapat mencegah terjadinya rematik dengan cara yang sederhana dan alami.

Setelah mengetahui manfaat daun afrika yang begitu besar, maka tidak salah jika Anda menanamnya mulai saat ini. Karena pohon afrika ini bisa Anda tanam di tempat yang memiliki area sempit sekali, dan ia akan bertahan hidup dengan mudah. Demikian manfaat daun afrika yang bisa disampaikan, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Baca Juga: Manfaat Daun Singkong

tags: