Manfaat Daun Binahong

Kamis, Juli 2nd 2015. | Kesehatan

Manfaat Daun Binahong | Binahong adalah sebuah tanaman yang bisa tumbuh dimana saja. Tanaman binahong sendiri bisa tumbuh di dataran rendah atau dataran tinggi. Binahong memiliki manfaat yang sangat besar baik untuk kecantikan atau juga kesehatan tubuh. Tumbuhan merambat ini adalah salah satu jenis rerumputan yang kadang kurang dimanfaatkan. Jika Anda mengetahui betapa besar manfaat dari daun ini maka Anda perlu selalu menjaganya agar tanaman ini tidak dibuang karena bisa dijadikan sebagai tanaman obat. Nah, berikut akan dibahas mengenai manfaat daun binahong yang sangat baik untuk kesehatan.

Salah satu manfaat daun binahong yang sangat terkenal adalah mampu mengatasi stroke. Stroke merupakan sebuah penyakit yang termasuk mematikan. Ada banyak penderita stroke di Indonesia dan di dunia. Dengan mengkonsumsi daun binahong maka akan membuat penyakit stroke yang dialami bisa sembuh. Selain itu, daun binahong juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk mengatasi maag. Dengan mengkonsumsi air hasil rebusan daun binahong bisa membuat asam lambung dalam tubuh bisa kembali normal dengan cepat. Agar lebih baik Anda bisa mengkonsumsinya secara teratur.

Berikutnya daun binahong ternyata juga bisa digunakan sebagai obat asam urat. Asam urat memang sangat mengganggu, dengan adanya penyakit asam urat akan membuat tubuh penderita cepat sakit saat beraktifitas. Nah, dengan meminum air hasil rebusan daun binahong akan membuat asam urat cepat hilang. Yang terakhir manfaat daun binahong adalah bisa menurunkan kolesterol. Kolesterol merupakan salah satu penyebab dari berbagai masalah penyakit yang besar seperti jantung, diabetes dan lainnya. Agar kandungan kolesterol dalam tubuh bisa cepat turun, Anda bisa mengkonsumsi air daun binahong.

1. Mengobati luka berdarah

Tumbuk ataupun kunyah Daun Binahong secukupnya hingga halus. Oleskan kepada bagian tubuh yang bengkak ataupun luka dengan cara merata. Kerjakan berulang apabila luka masih basah ataupun kondisi luka yang parah.

2. Mengobati Jerawat

Ambilah lima daun binahong ataupun lebih dan juga tumbuk hingga hancur. Langsung oleskan kepada wajah Kamu dengan cara teratur. Ada baiknya kalau Kamu mengoleskan ketika petang hari se-belum tidur. Ulangi hingga wajah nampak halus. Nah, kalau mau hasil yang lebih maksimal ambil 5-6 lembar air daun binahong lalu direbus dalam dua gelas air hingga tersisa satu gelas. Dapat tambahkan madu agar terasa lebih enak.

3. Pengobatan Luar

Untuk pemakaian luar, daun dan juga batang ditumbuk halus lalu dioleskan kepada bagian yang sakit. Bahan ini untuk menyembuhkan memar sebab terpukul, kena api (panas), rheumatik, pegal linu, nyeri urat, menghaluskan kulit.

4. Manfaat Umbi Binahong

Selain daunnya, umbi ataupun rimpang tanaman binahong jua berkhasiat selaku obat. Caranya, ambil rhizoma (umbi) secukupnya, dicuci bersih, lalu direbus, sesudah dingin disaring dan juga hasilnya diminum 2-3 kali sehari. Cara ini untuk menyembuhkan luka bekas operasi, maag, typus, disentri, kesegaran jasmani (tambah telor dan juga madu), mencegah stroke, asam urat dan juga sakit pinggang.

Daun binahong adalah salah satu obat tradisional yang memiliki manfaat yang sangat besar untuk tubuh. Tak hanya untuk kesehatan, manfaat daun binahong juga sangat baik untuk kecantikan. Salah satunya adalah bisa menghaluskan kulit serta menghilangkan jerawat. Dimana telah diketahui bagi sebagian besar jerawat adalah sebuah masalah serius. Agar jerawat cepat hilang Anda bisa membuat masker wajah dengan menggunakan daun binahong ini. Manfaat daun binahong tak hanya bagi kesehatan tetapi juga memiliki manfaat bagi kecantikan. Dengan manfaat yang kaya ini tak salah jika kita menanam tanaman ini sebagai obat. Itu saja untuk pembahasan mengenai manfaat dari daun binahong semoga bermanfaat.

Baca Juga: Manfaat Daun Sirih

tags: