Manfaat Daun Jarak

Sabtu, Juli 4th 2015. | Kesehatan

Manfaat Daun Jarak | Daun jarak telah digunakan sebagai pengobatan tradisional sejak nenek moyang kita. Tidak hanya daunnya saja yang bermanfaat untuk kehidupan kita sehari-hari, namun juga bijinya. Jarak sejak beberapa tahun lalu telah dikembangkan menjadi minyak sebagai bahan bakar. Namun demikian hingga saat ini belum bisa menggantikan minyak yang telah ada. Namun demikian, kita bisa memanfaatkan daun jarak ini sebagai obat herbal yang cukup aman di konsumsi apabila digunakan dengan cara tidak berlebihan.

Manfaat daun jarak telah digunakan sebagai pengobatan tradisional sejak dulu. Tidak hanya daunnya saja yang bermanfaat untuk kehidupan kita sehari-hari, namun juga bijinya. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya.

1. Penurun panas

Orang jaman dahulu tidak menggunakan obat untuk menurunkan demam yang terjadi pada bayinya. Namun mereka menggunakan bahan tradisional yang telah disediakan oleh alam. Maka hingga saat ini kita juga bisa meniru kebiasaan nenek moyang ini, sehingga tubuh kita tidak terlalu bergantung dengan obat. Manfaat daun jarak yang pertama adalah penurun panas pada bayi. Caranya panaskan 2 hingga 3 helai daun jarak yang telah diolesi minyak, kemudian kompreskan pada perut, dan juga punggung bayi.

2. Obat kurap

Jika Anda terkena kurap atau gangguan pada kulit, maka Anda bisa memanfaatkan daun jarak ini sebagai obatnya. Caranya yaitu daun jarak di rendam dalam minyak kelapa, kemudian panaskan. Letakkan pada kulit yang bermasalah dan tutup dengan menggunakan kain bersih.

3. Obat sembelit

Mengalami sembelit memang sangat tidak nyaman, karena ini akan berdampak pada perasaan tidak enak pada perut. Sehingga penderita harus segera mengobatinya agar perasaan perut kembali nyaman. Manfaat daun jarak untuk mengobati sembelit ini caranya sangat mudah, yaitu kukus daun jarak segar kemudian makan sebagai lalapan.

Demikian banyaknya manfaat jarak dalam kehidupan sehari-hari, sehingga tidak heran jika negara kita di jajah oleh Belanda demi mendapatkan jarak. Meski merupakan obat tradisional, namun dalam menggunakan jarak sebaiknya dilakukan dengan hati-hati dan dengan aturan pakai yang benar. Karena ternyata dibalik manfaat daun jarak ini juga terdapat efek samping yang sering ditemukan. Sehingga ada baiknya Anda mengetahui aturan pakai dengan lebih akurat sebelum mencobanya.

Baca Juga: Manfaat Daun Dewa

tags: