Manfaat Daun Katuk

Sabtu, Juli 4th 2015. | Kesehatan

Manfaat Daun Katuk | Daun katuk sebenarnya sangat banyak sekali. Sayangnya selama ini masyarakat kurang meliriknya. Apalagi jika kita melihat zaman sekarang yang serba modern, banyak masyarakat modern lebih mengetahui hal yang serba instan, termasuk dalam metode pengobatan yang semakin canggih. Padahal jika kita mau merujuk ke masa silam, pada zaman nenek moyang kita lebih memanfaatkan alam sebagai pengobatan alami, misalnya pada pemanfaatan daun katuk untuk ibu hamil dan ibu menyusui. Daun ketuk merupakan jenis tanaman pagar yang sering tumbuh disekitar pekarangan rumah.

Manfaat daun katuk bagi ibu hamil sangat banyak serta baik dikonsumsi untuk ibu yang menyusui. Banyak senyawa aktif yang baik dan aman dikonsumsi jangka panjang. Daun katuk atau saurpous androgynus merupakan jenis tanaman yang banyak tumbuh di dataran Asia, termasuk Indonesia. Dahulu daun katuk sering dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui karena memiliki banyak khasiat. Beberapa manfaat daun katuk antara lain adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan kalsium ibu hamil

Daun katuk sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Salah satunya adalah karena kandungan kalsium tinggi pada daun katuk. Pada masa kehamilan tentu seorang ibu hamil membutuhkan kalsium tinggi untuk pertumbuhan janin dalam kandungan. Untuk mendapatkan manfaat daun katuk tersebut cukup dimasak menjadi sayur bening. Cara memasaknya sama seperti memasak sayur bening lainnya.

2. Melancarkan ASI

Selain baik untuk ibu hamil, daun katuk juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu yang baru melahirkan dan menyusui. Daun katuk memiliki kandungan tannin, saponin, asam amino dan flavanoid. Zat tersebut yang bisa membantu memperlancar produksi ASI.

3. Penangkal flu

Pada masa kehamilan, seorang ibu hamil harus selalu terjaga kesehatannya. Gangguan kesehatan yang sering terjadi misalnya serangan flu. Meskipun sepele, tetapi itu bisa mempengaruhi kesehatan janin. Maka untuk menghindari resiko influenza, kondisi tubuh harus fit. Mengkonsumsi daun katuk bisa membantu menjaga stamina dan daya tahan tubuh, sehingga resiko flu bisa dicegah dan janin tetap sehat.

Selain beberapa manfaat diatas, masih banyak manfaat lain jika Anda mengkonsumsi daun katuk. Tanaman obat herbal ini juga bisa dikonsumsi oleh siapa saja tanpa memandang usia. Manfaatnya juga sangat banyak sekali, sehingga kita tidak perlu ragu terhadap efek sampingnya. Semoga ulasan manfaat daun katuk bagi ibu hamil kali ini bermanfaat bagi Anda khususnya ibu yang sedang hamil.

Baca Juga: Manfaat Daun Pisang

tags: