Manfaat Daun Kelor

Jumat, Juli 3rd 2015. | Kesehatan

Manfaat Daun Kelor | Daun kelor yang memiliki daun sangat mini ini ternyata sangat besar, selain dapat menjadi sayur, juga bisa mengobati berbagai macam penyakit. Mulai dari penyakit kulit hingga penyakit mata, karenanya daun kelor juga disebut sebagai “miracle tree”. Ciri-ciri fisik daun ini antara lain berbentuk kecil dan bulat telur, daunnya tumbuh berjajar pada batang dengan rapi, tinggi pohon bisa mencapai 7 hingga 11 meter, memiliki bunga berwarna putih kekuningan yang harum, dan buahnya berbentuk segi tiga memanjang.

Manfaat daun kelor sangat banyak sekali untuk kesehatan kita, mulai dari penyakit rematik, penyakit kulit dan herpes, penyakit alergi hingga sebagai pengobatan mata. Adapun zat yang terkandung dalam pohon ini antara lain, potasium, kalsium, vitamin C, Vitamin A, dan protein. Dan berikut ini adalah manfaatnya untuk kita.

1. Menghilangkan flek hitam di wajah

Manfaat daun kelor yang pertama yaitu sebagai penghilang flek hitam di wajah. Caranya yaitu dengan menumbuk daun kelor muda hingga halus, kemudian oleskan pada seluruh wajah. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil terbaik.

2. Untuk obat rematik

Gunakan daun ini sebagai param setelah ditumbuk hingga halus dan dicampurkan dengan ½ sendok makan kapur sirih. Gosokkan pada seluruh tubuh yang terasa nyeri, pegal atau rematik.

3. Obat alergi

Jika Anda memiliki alergi, maka Anda bisa mengobatinya dengan menggunakan daun kelor ini. Caranya, tiga gagang daun kelor direbus dalam air bersih sebanyak 3 gelas setelah ditambahkan dengan adas pulosari, dan 1 siung daun bawang merah. Setelah kira-kira air sisa 2 gelas, saring dan minum secara teratur.

4. Obat herpes

Manfaat daun kelor sebagai obat herpes, caranya adalah dengan menumbuk halus 7 gagang daun kelor. Kemudian tempelkan pada kulit yang terkena herpes, kurap, atau luka bernanah.

5. Obat sakit mata

Bila Anda sakit mata, Anda juga bisa memanfaatkan daun ini. Caranya yaitu tumbuk halus tiga gagang daun kelor, kemudian campurkan pada segelas air dan aduk hingga merata. Biarkan mengendap ampasnya dan gunakan sebagai tetes mata air tersebut.

Demikian tadi beberapa manfaat daun kelor yang berguna untuk kesehatan kita sehari-hari. Pengobatan secara alami ini tidak mengandung efek samping asalkan digunakan sesuai dengan takarannya. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Manfaat Daun Seledri

tags: