Manfaat Daun Kemangi

Kamis, Juli 2nd 2015. | Kesehatan

Manfaat Daun Kemangi | Daun kemangi merupakan salah satu bahan masakan yang biasanya digunakan sebagai lalapan. Daun kemangi memang memiliki bau yang harum oleh karenanya tanaman ini biasa dijadikan campuran masakan agar masakan lebih wangi. Tahukah Anda jika dibalik keenakan saat dijadikan lalapan dan masakan ternyata daun kemangi memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan. Berdasarkan penelitian daun kemangi memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Bagaimana manfaat daun kemangi tersebut, berikut adalah ulasannya untuk Anda.

Manfaat pertama dari daun kemangi adalah bisa meredakan dan menyembuhkan masuk angin. Dengan kandungan hawa panas yang ada pada daun kemangi bisa membuat panas yang dialami seseorang cepat turun. Untuk caranya cukup dengan mencampur remasan daun kemangi bersama minyak kelapa dan bawang merah lalu dioleskan di dada. Manfaat daun kemangi lainnya bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk keputihan. Dengan senyawa eugenol yang ada pada daun kemangi akan membuat jamur yang menyebabkan keputihan akan mati dan tidak bisa berkembang.

Bagi seorang ibu manfaat daun kemangi ini bisa membuat ASI dari ibu lebih lancar. Dengan memakan daun kemangi sebagai lalapan saat makan bisa membuat ASI lebih lancar. Selain itu, dengan mengkonsumsi daun kemangi sebagai lalapan juga bisa membuat bau badan hilang serta bau mulut. Selain itu, daun kemangi juga bisa membuat sel telur lebih cepat matang. Dengan kandungan stigmasterol yang ada pada daun kemangi akan membuat rangsangan pada sel telur agar cepat matang. Dengan demikian ibu bisa segera mendapatkan anak. Daun kemangi juga bisa mencegah batuk dengan cara menyeduh daun kemangi kering menjadi teh.

1. Pencegahan jerawat

Daun kemangi dapat dimakan untuk mencegah jerawat, sebab memiliki kemampuan untuk membersihkan darah. Selain tersebut, Daun Kemangi jua mengandung agen anti bakteri dan juga anti jamur.

2. Kesehatan kulit wajah

Menggosok daun kemangi kering di wajah hendak mempertinggi penampilan yang lebih muda dan juga segar. Menerapkan daun kemangi yang dihaluskan kepada wajah dan juga leher hendak mempertinggi warna kulit cerah dan juga segar.

3. Pengobatan infeksi kulit

Sebab memiliki sifat anti bakteri, anti biotik dan juga anti jamur, daun kemangi jua dapat dipakai untuk membatasi pertumbuhan bakteri penyebab infeksi kulit.

4. Mempertinggi kekebalan tubuh

Banyak cara untuk mempertinggi kekebalan tubuh agar terhindar dari segala penyakit, salah 1nya dengan daun kemangi. Kandungan beta karoten berguna selaku antibodi tubuh, dan juga mampuh memperbaiki sel tubuh yang rusak. Beserta berguna jua untuk menjaga kesehatan bola mata.

5. Mengobati panu

Kalau memiliki panu di bagian tubuh, daun kemangi dapat dijadikan solusi untuk menghilangkan panu. Haluskan daun kemangi yang telah dicuci, lalu tambahkan sedikit kapur sirih, lalu oleskan kepada bagian tubuh yang terkena panu.

Itulah beberapa manfaat daun kemangi yang sangat baik untuk kesehatan. Selain mengatasi berbagai penyakit ringan diatas, daun kemangi juga bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi beberapa penyakit kronis. Salah satu penyakit yang bisa sembuh dengan daun kemangi adalah penyakit stroke. Seperti diketahui stroke adalah salah satu penyakit serius yang sulit disembuhkan. Nah, dengan mengkonsumsi daun kemangi penyakit stroke yang dialami bisa cepat sembuh. Penyakit lain yang bisa disembuhkan adalah penyakit jantung. Jantung adalah salah satu penyakit yang paling mematikan. Manfaat daun kemangi sangat besar bagi kesehatan. Tak hanya untuk mengatasi penyakit yang ringan hingga bisa menyembuhkan penyakit kronis seperti stroke dan juga jantung. Dengan rutin mengkonsumsi daun kemangi bisa mencegah flu tidak lagi datang.

Baca Juga: Manfaat Daun Binahong

tags: