Manfaat Daun Pepaya

Kamis, Juli 2nd 2015. | Kesehatan

Manfaat Daun Pepaya | Daun pepaya adalah salah satu jenis bahan masakan yang dikenal memiliki rasa yang pahit. Meski kurang disukai karena rasanya yang pahit ini, daun pepaya tetap menjadi sayuran yang enak untuk dimakan. Dibalik rasanya yang enak untuk dijadikan masakan ternyata juga memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk kesehatan. Manfaat daun pepaya untuk kesehatan ini sangat baik untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan pada manusia. Nah bagaimanakah manfaat dari daun pepaya ini bagi kesehatan manusia berikut adalah ulasannya untuk Anda.

Manfaat daun pepaya daun pepaya yang pertama adalah bisa digunakan untuk melancarkan pencernaan. Seperti pada buah pepaya dalam daun pepaya juga mengandung karpain. Karpain ini sangat baik untuk pencernaan karena akan membunuh bakteri dan mikroorganisme yang bisa membuat pencernaan tidak lancar. Selain itu, bagi wanita daun pepaya juga bisa dimanfaatkan sebagai obat pereda nyeri saat haid. Dengan merebus satu daun pepaya satu lembar dan meminum air rebusannya akan membuat rasa nyeri yang dirasakan saat haid bisa berkurang.

Manfaat lain dari daun pepaya adalah bisa mencegah penyakit demam berdarah. Demam berdarah adalah salah satu penyakit yang disebarkan oleh nyamuk yang membawa bakteri demam berdarah. Dengan rutin untuk meminum air hasil rebusan daun pepaya akan membuat Anda terhindar dari penyakit demam berdarah ini. Manfaat daun pepaya juga sangat baik untuk mengatasi masalah masuk angin. Untuk bisa menyembuhkan masuk angin menggunakan daun pepaya yang pertama dilakukan adalah menyiapkan bahan daun pepaya, jahe, jinten, gula jawa dan sereh lalu rebus bahan tersebut. Setelah matang, saring air rebusan dan diminum.

1. Mengobati Demam Berdarah

Demam berdarah dapat diatasi dengan menggunakan daun pepaya. Caranya ambil lima lembar daun pepaya ataupun secukupnya saja lalu direbus dengan tiga gelas air hingga tersisa satu gelas saja. Air rebusa daun pepaya tersebut diminum sekaligus. Sebaiknya tidak boleh berlebihan dalam mengkomsumsi daun pepaya ini kecuali kalau telah dalam fase mengkhawatirkan.

2. Mempertinggi Nafsu Makan

Untuk mempertinggi nafsu makan, siapkan daun pepaya segar seukuran telapak tangan, sedikit garam, dan juga air hangat setengah cangkir. Seluruh bahan dicampur, ditumbuk ataupun diblender, lalu disaring untuk diambil airnya lalu diminum. Ramuan ini aman, lebih-lagi untuk anak-anak sekalipun.

3. Mengobati Nyeri Haid

Campuran daun pepaya dan juga asam jawa, lumayan efektif dalam mengatasi rasa nyeri akibat dtang bulan. Caranya, sediakan satu lembar daun pepaya, asam jawa, garam secukupnya dan juga air dicampurkan dan juga direbus hingga matang. Untuk khasiat yang sebaiknya sebaiknya diminum selagi hangat.

4. Melancarkan Pencernaan

Kandungan dalam daun pepaya yang dinamakan karpain amat baik untuk saluran pencernaan kita karna karpainlah yang menolong membunuh micro organisme yang mengganggu dalam pencernaan kita. Caranya dengan mengkonsumsi daun pepaya selaku kawan makan nasi ataupun lalapan.

5. Senyawa Antikanker

Dari sejumlah penelitian dijelaskan, batang dan juga daun pepaya mengandung banyak getah putih seperti susu (white milky latex), yang berpeluang dikembangkan selaku antikanker, seperti mana dikutip dari Journal Society of Biology. Getah ini otomatis didapatkan ketika kita mengonsumsi daun pepaya, dimasak dengan cara apa pun.

Itulah beberapa manfaat daun pepaya dalam hal kesehatan manusia. Selain penyakit diatas, daun pepaya juga bisa dimanfaatkan untuk pengobatan dan pencegahan beberapa penyakit kronis. Salah satu penyakit yang bisa dicegah adalah penyakit diabetes. Di dalam daun pepaya terdapat sebuah enzim yang akan membuat kadar gula dalam darah menjadi lebih stabil. Betapa besar manfaat dari daun pepaya ini tak salah jika banyak orang yang suka untuk makan daun pepaya. Manfaat daun pepaya sangatlah kaya. Salah satu manfaat daun pepaya adalah bisa mengatasi salah satu penyakit mematikan yakni diabetes. Anda bisa menanam pohon pepaya sebagai tanaman obat yang tak hanya bisa dimanfaatkan buahnya tetapi juga daunnya.

Baca Juga: Manfaat Daun Salam

tags: