Manfaat Daun Salam

Kamis, Juli 2nd 2015. | Kesehatan

Manfaat Daun Salam | Daun salam merupakan salah satu daun yang biasa digunakan untuk memasak. Daun salam ini biasanya digunakan sebagai penyedap rasa pada masakan baik oseng atau kuah. Daun salam biasa tumbuh di kebun warga. Tahukah Anda dibalik manfaat daun salam yang biasa digunakan sebagai penyedap ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Manfaat daun salam untuk kesehatan ini sudah banyak diteliti dan hasilnya begitu luar biasa. Daun salam ternyata bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit pada manusia. Nah, berikut ini akan dibahas mengenai beberapa manfaat dari daun salam dalam hal kesehatan manusia.

Yang pertama, manfaat daun salam adalah bisa untuk digunakan sebagai obat darah tinggi. Dengan kandungan zat tanin dan flavonoid pada daun salam akan membuat darah tinggi cepat turun. Cara menggunakan daun salam sebagai obat darah tinggi juga cukup mudah, cukup dengan merebus daun salam dan meminum air hasil rebusan tersebut. Berikutnya daun salam juga bisa digunakan untuk mengobati batuk. Cara menyembuhkan batuk dengan daun salam cukup dengan menyiapkan daun salam, lemon dan madu. Setelah itu, rebus bahan hingga air berkurang, minum ramuan tersebut secara rutin.

Selain itu, daun salam juga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit kulit. Dalam daun salam ini memiliki kandungan yang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai alergi dan penyakit kulit lainnya. Untuk menggunakan daun salam untuk menyembuhkan penyakit kulit cukup dengan menyiapkan daun salam, akar salam, dan kulit kayu pohon salam. Tumbuk bahan tersebut sembari dicampur dengan sedikit air lalu oleskan pada kulit. Manfaat daun salam juga bisa menurunkan berat badan. Daun salam bisa membantu untuk diet dengan dicampur dengan teh manfaat daun salam ini akan semakin efektif.

1. Mengobati Asam Urat

Kegunaan daun salam selaku obat asam urat dapat dilakukan dengan merebus daunnya. Caranya, ambil sepuluh lembar daun salam dan juga rebus bersama sekitar 700 cc air ataupun 3, 5 gelas belimbing. Biarkan rebusan tersebut hingga tersisa satu gelas. Saring air rebusan dan juga minum selagi hangat.

2. Mengobati Diare

Untuk mengobati diare, ambil 15 g daun dicuci bersih lalu direbus dengan satu gelas air bersih selama 15 menit. Tambahkan sedikit garam. Sesudah dingin disaring lalu diminum.

3. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Bagi penderita kolesterol tinggi, tujuh lembar daun salam dan juga 30 gram daun ceremai direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Lalu arinya diminum dengan cara teratur.

4. Kencing manis

Ambil tujuh lembar daun salam dicuci bersih lalu direbus dengan tiga gelas air bersih sampal tersisa satu gelas. Sesudah dingin disaring, dibagi untuk dua kali minum.

5. Obat Sakit maag

Ambil 15-20 lembar daun dicuci bersih, rebus dengan 1/2 liter air hingga mendidih. Tambahkan gula merah secukupnya. Minum selaku teh tiap hari, hingga rasa penuh dan juga perih di lambung menghilang.

Itulah beberapa manfaat daun salam yang sangat kaya dan baik untuk kesehatan. Dengan manfaat yang kaya dan bahan daun salam yang sering ada di dapur akan membuat kita lebih mudah dalam membuat obat. Selain itu, obat tradisional menggunakan daun salam ini adalah salah atau pengobatan yang efektif dan ampuh. Manfaat daun salam untuk pengobatan cukup banyak. Dengan bahan yang sangat mudah didapat akan membuat Anda bisa membuat obat dari daun salam lebih mudah. Kesehatan adalah salah satu hal yang wajib dijaga. Jika seseorang mengalami masalah pada kesehatan akan membuat segala aktifitas akan terganggu.

Baca Juga: Manfaat Daun Kemangi

tags: