Manfaat Daun Singkong

Sabtu, Juli 4th 2015. | Kesehatan

Manfaat Daun Singkong | Daun singkong tidak hanya bisa kita jadikan sebagai lalapan atau sayur saja. Namun daun yang juga dijadikan makanan ringan keripik ini ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan kita. Sehingga mengkonsumsi daun yang memiliki banyak sekali kandungan yang bermanfaat ini tidak salah.

Manfaat daun singkong dalam kehidupan kita sehari-hari sangat besar sekali, antara lain yaitu obat asam urat, pemulih luka yang baik dan meningkatkan daya tahan. Apa saja manfaatnya? Mari kita simak.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Anda mungkin sering merasa lelah dan seperti tak bertenaga, bahkan sangat mudah terserang penyakit ringan seperti flu, demam dan beberapa penyakit lainnya. Tubuh yang seperti ini merupakan ciri-ciri dari menurunnya daya tahan tubuh. Untuk mengatasi hal ini kita bisa mengambil manfaat daun singkong.

2. Mencegah proses penuaan

Tidak dapat dipungkiri bahwa kita semua akan menjadi tua pada waktunya nanti. Namun proses penuaan ini bisa kita tunda dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan rajin berolahraga, cara yang lain yaitu dengan mengonsumsi daun singkong ini. Jika Anda rajin mengkonsumsinya, maka penuaan dapat ditunda.

3. Anti kanker

Anda tahu bahwa kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya yang juga mematikan. Oleh karena itu, agar kita tidak mudah terserang kanker kita bisa menghindarinya dengan cara makan daun singkong ini secara teratur. Selain dengan konsumsi daun singkong, juga harus diimbangi dengan pola makan yang baik dan mengubah kebiasaan buruk.

4. Obat asam urat

Manfaat daun singkong berikutnya adalah sebagai obat asam urat. Anda tahu saat ini asam urat tidak hanya diderita mereka yang telah memiliki usia lanjut. Bahkan pada usia 30 ke atas asam urat ini bisa menyerang, sehingga sudah semestinya kita selalu menjaga kesehatan badan kita salah satunya dengan makan daun singkong.

5. Pemulihan luka

Ketika seseorang terkena luka, maka proses penyembuhannya tergantung pada kondisi tubuh masing-masing orang. Maka agar luka cepat sembuh, sebaiknya kita rajin konsumsi daun singkong ini.

Cara efektif untuk melakukan terapi kesehatan dengan menggunakan daun singkong ini yaitu rebus 50 gram daun singkong yang telah dicuci bersih. Lalu, buatlah jus daun singkong, campur dengan madu dan satu sendok jeruk nipis dan minum setidaknya satu minggu 2 hingga 3 kali. Demikian manfaat daun singkong ini semoga bermanfaat untuk kita semua.

Baca Juga: Manfaat Daun Jarak

tags: