Manfaat Daun Sirih

Rabu, Juli 1st 2015. | Kesehatan

Manfaat Daun Sirih | Daun sirih adalah sebuah daun yang biasa digunakan warna Indonesia untuk membuat ramuan sirih oleh para nenek moyang Indonesia. Biasanya sirih dikonsumsi dengan cara dikunyah bersama dengan bahan lainnya seperti gambir, dan lainnya. Tahukah Anda jika dibalik hal kuno yang biasa menjadi kebiasaan nenek kita pada jaman dahulu ternyata sirih memiliki cukup banyak manfaat. Ada banyak manfaat daun sirih untuk kesehatan manusia. Daun sirih sudah dikenal sebagai media pengobatan tradisional sejak dahulu. Nah, apa saja manfaat atau faedah yang bisa didapat dari daun sirih ini berikut beberapa diantaranya.

Yang pertama daun sirih ini bisa menghentikan mimisan. Mungkin sudah banyak manfaat dari daun sirih yang satu ini. Dalam daun sirih ini terdapat sebuah zat yang bisa membuat pendarahan bisa segera dihentikan. Selain itu, dalam daun sirih juga terdapat kandungan antioksidan. Dengan kandungan antioksidan yang baik dalam daun sirih ini kit bisa mendapat manfaat daun sirih berupa tubuh yang lebih sehat dan bebas penyakit. Daun sirih juga bisa berfungsi sebagai tonik alami yang mampu menjaga kesehatan syaraf manusia.

Selain itu, manfaat daun sirih juga bisa membuat kolesterol dalam tubuh lebih terkontrol. Dalam daun sirih ini terdapat sebuah zat pengontrol diabetes yang bisa dijadikan obat diabetes ampuh di rumah. Selain itu, daun sirih juga bisa dijadikan obat peradangan atau infeksi yang alami. Untuk bisa mendapatkan manfaat yang satu ini cukup dengan menempelkan daun sirih yang dihaluskan pada luka. Daun sirih juga bisa dimanfaatkan sebagai obat batuk dan gangguan nafas. Dengan kandungan yang baik untuk pernafasan daun sirih ini sangat ampuh untuk menyembuhkan asma.

1. Mengobati diare

Sediakan empat ataupun enam lembar daun sirih, enam biji lada dan juga satu sendok makan minyak kelapa. Seluruh bahan tersebut ditumbuk bersama-sama hingga halus. Gosokkan ramuan tersebut di bagian perut dan juga biarkan hingga mengering.

2. Mengobati gusi berdarah

Kalau kamu mengalami pendarahan pada gusi, tidak boleh khawatir, obati saja dengan daun sirih. Caranya, ambil empat lembar daun sirih lalu direbus dengan dua gelas air hingga mendidih. Sesudah dingin, air rebusan tersebut dipakai untuk berkumur. Kerjakan berulang-ulang hingga sembuh.

3. Mengobati mimisan

Mimisan ialah keluarnya darah dari hidung. Kamu dapat mengobatinya menggunakan daun sirih. Ambil satu lembar daun sirih lalu ditekan-tekan agar agak layu. Gulung dan juga cocokkan menuju dalam hidung untuk menyumbat pendarahan.

4. Mengobati gigi berlubang

Kalau kamu megalami sakit gigi sebab gigi berlubang, lekas ambil satu lembar daun sirih dan juga rebus dengan dua gelas air hingga mendidih. Air rebusan daun sirih tersebut dipakai untuk berkumur. Kerjakan erulang-ulang hingga sembuh.

5. Mengobati batuk

Sediakan empat lembar daun sirih, tiga lembar daun bidara upas dan juga madu secukupnya. Daun sirih diiris-iris, lalu direbus bersama daun bidara upas dalam dua gelas air hingga mendidih. Sesudah dingin, tambah madu secukupnya, lalu ramuan tersebut dibuat untuk berkumur. Usahakan untuk menjangkau daerah kerongkongan.

Ada banyak manfaat daun sirih yang lainnya. Dengan manfaat benda kecil dan sederhana bisa mendapat faedah yang luar biasa untuk penyembuhan berbagai penyakit. Dengan daun sirih kita bisa menyehatkan badan termasuk juga melancarkan pencernaan karena daun sirih ini bisa digunakan sebagai obat mengatasi sembelit. Daun sirih adalah sebuah tanaman obat tradisional yang sangat kaya manfaat. Manfaat daun sirih bagi kesehatan sangatlah kaya. Sebagai salah satu jenis tanaman obat tradisonal daun sirih sangat ampuh mengatasi berbagai masalah kesehatan yang dialami manusia. Tak ada salahnya jika kita menanam pohon sirih selain sebagai penyejuk udara dan juga dimanfaatkan sebagai tanaman obat.

Baca Juga: Manfaat Daun Sirsak

tags: