Manfaat Daun Sukun

Jumat, Juli 3rd 2015. | Kesehatan

Manfaat Daun Sukun | Sukun adalah salah satu tanaman yang memiliki bentuk yang hampir sama dengan nangka serta durian. Akan tetapi, kulit dari buah sukun ini lebih tumpul dari dua buah lainnya itu. Sukun seringkali dimakan sebagai cemilan baik dengan digoreng atau dijadikan keripik. Nah, tahukah Anda ternyata ada bagian lain dari pohon sukun yang bisa dimanfaatkan selain buahnya. Benda tersebut adalah daun sukun, memang belum banyak yang mengetahui tentang manfaat daun sukun. Akan tetapi berdasarkan beberapa penelitian ternyata daun sukun memiliki manfaat yang sangat kaya untuk kesehatan. Apa saja manfaat dari daun sukun tersebut berikut adalah ulasannya.

Yang pertama manfaat daun sukun ini bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit ginjal. Ginjal adalah salah satu penyakit menahun yang sulit disembuhkan. Dengan menggunakan daun sukun yang mengandung berbagai gizi mulai dari polifenol, kalium, asam hidrosianat dan lainnya akan membuat fungsi ginjal berangsur pulih. Selain itu, daun sukun ini juga bisa bermanfaat untuk mengurangi kadar gula dan kolesterol dalam darah sehingga tubuh menjadi lebih sehat. Tak hanya itu, dengan mengkonsumsi air hasil rebusan daun sukun juga akan bisa membuat asam urat yang dialami bisa cepat sembuh.

Manfaat daun sukun lainnya adalah bisa menyembuhkan penyakit jantung. Dalam daun sukun ini ternyata memiliki kandungan sitosterol dan flavonoid yang sangat kaya. Dengan adanya kedua zat tersebut akan membuat jantung terlindungi dan kolesterol dalam tubuh bisa berkurang. Selain itu, dengan menggunakan daun sukun juga bisa membuat tubuh terhindar dari peradangan. Peradangan adalah salah satu hal berbahaya yang bisa dialami seseorang karena bisa membuat tubuh mengalami pembusukan. Dengan mengkonsumsi air hasil rebusan daun sukun akan membuat tubuh tidak mudah mengalami peradangan.

1. Membikin ginjal sehat

Daun sukun jua dapat dijadikan alternatif untuk menyelamatkan ginjal yang sakit. Caranya lumayan gampang dan juga yang pasti di iringi dengan kedisiplinan dalam mengkonsumsinya. Rebusan daun sukun yang rutin diminum mampu menyelamatkan ginjalnya dan juga menjamin rutinitas hariannya tetap berjalan.

2. Selaku penurun kolesterol

Selain menjaga kesehatan jantung dan juga ginjal, daun sukun jua mampu menurunkan kadar kolesterol.

3. Selaku anti kanker

Selain melindungi jantung, daun sukun terbukti mencegah inflamasi ataupun peradangan. Beragam sumber menyebutkan mengenai khasiat daun sukun selaku antiinflamasi. Dalam riset tersebut membikin seluruh tikus mengalami oedema ataupun peningkatan cairan di interstisial.

4. Obat sakit jantung

Ambil satu lembar daun sukun yang telah tua, lalu cuci hingga bersih dan juga jemur hingga kering, lalu rebus dengan air sebanyak sepuluh gelas diamkan hingga airnya tersisa men-jadi lima gelas. Sesudah tersebut angkat dan juga saring untuk diambil airnya, minum air rebus sukun ini dengan cara rutin dan juga rasakan bedanya sesudah minum selama satu bulan.

5. Mengobati penyakit liver

Ambil sejumlah lembar daun sukun yang telah tua dan juga cuci hingga bersih, lalu rebus dengan air secukupnya hingga mendidih dan juga airnya berubah men-jadi warna merah tua. Sesudah dingin saring dan juga minum air tersebut, kerjakan cara ini dua kali sehari yaitu pagi dan juga sore sebanyak satu gelas tiap kali meminumnya.

Itulah beberapa manfaat daun sukun yang sangat besar. Karena besarnya manfaat dari daun sukun sekarang ini juga banyak dijual hasil ekstrak daun sukun yang bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai masalah kesehatan. Kesehatan adalah sebuah hal yang sangat penting untuk dijaga. Jika orang mengalami gangguan kesehatan akan membuat kegiatan yang dijalani seseorang akan terganggu. Maka jika Anda mengalami gangguan kesehatan harus segera diobati salah satunya adalah dengan menggunakan daun sukun. Manfaat daun sukun mampu mengatasi masalah kesehatan yang serius. Untuk mendapatkan pengobatan dengan daun sukun bisa menggunakan ekstrak daun sukun yang sekarang banyak dijual.

Baca Juga: Manfaat Daun Pepaya

tags: