Memahami Pengertian Teknologi

Jumat, Oktober 2nd 2015. | Nasional

Memahami Pengertian Teknologi | Dahulu manusia selalu mengerjakan suatu pekerjaan secara manual. Seperti misalnya menumbuk suatu menggunakan batu, mengeruk tanah dengan cangkul, bepergian dari satu tempat ke tempat lain dengan jalan kaki dan manusia berkirim pesan dengan burung merpati. Semua pekerjaan dilakukan dengan tenaga manusia. Namun di zaman modern ini semua berubah. Teknologi merubah kehidupan manusia. Sebenarnya, apa pengertian teknologi? Teknologi pada dasarnya merupakan segala suatu yang memudahkan pekerjaan manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Sekarang ini orang bisa menghaluskan suatu dengan mesin, bepergian jauh dengan motor, mobil bahkan pesawat. Bahkan berkomunikasi dengan saudara di negara lain begitu mudah dengan kehadiran internet. Teknologi membuat mobilitas masyarakat semakin cepat. Inilah alasan mengapa manusia berlomba menciptakan teknologi. Pengertian teknologi pada dasarnya merupakan segala suatu yang memudahkan pekerjaan manusia untuk memenuhi kebutuhan mereka, diciptakan oleh dan untuk manusia.

Tentu Anda sendiri sering mendengar atau membaca istilah teknologi. Pada jenjang Sekolah Menengah Pertama atau bahkan sekarang ini mulai SD sudah mengenal istilah teknologi Informasi da Komunikasi (TIK). TIK merupakan salah satu bentuk teknologi dalam bidang informasi dan komunikasi. Memahami pengertian teknologi sama artinya mengetahui terlebih dahulu awal mula lahirnya penggunaan teknologi dalam pekerjaan manusia. Anda pasti tahu Inggris dikenal sebagai negara industry. Ya, inilah negara yang menjadi tonggak lahirnya industry dengan penerapan teknologi mesin. Pasca perang dunia II, Inggris mulai mengembangkan industry dengan menggunakan tenaga mesin dimana jumlah tenaga manusia mulai dikurangi sehingga biaya factor produksi bisa ditekan. Setelah itu, negara-negara lain saling berlomba menciptakan teknologi baru untuk efisiensi industry sehingga mampu bersaing.

Jika Anda mencari pengertian teknologi di internet, akan Anda jumpai begitu banyak definisi. Ada juga definisi teknologi menurut para ahli. Ya, artikel ini akan membahasnya secara tuntas. Merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teknologi berarti:

1.       Metode ilmiah guna mencapai tujuan praktis terhadap ilmu pengetahuan terapan.

2.       Sarana guna menyediakan barang-barang yang dibutuhkan oleh manusia bagi kelangsungan dan kenyamanannya.

Sedangkan menurut Poerbahawadja Harahap, teknologi merupakan ilmu yang berperan untuk menyelidiki cara kerja dalam teknik, ilmu pengetahuan yang diperuntukkan dalam pabrik dan industry. Beragam defines teknologi pada dasarnya sarana atau bentuk inovasi yang diciptakan manusia untuk memudahkan mereka melakukan suatu pekerjaan.

Setelah memahami pengertian teknologi, Anda juga harus tahu pengelompokan teknologi, fungsi serta contohnya. Teknologi sendiri dibagi menjadi 3 kelompok secara umum yaitu teknologi transportasi, teknologi produksi dan teknologi komunikasi. Setiap kelompok tersebut memudahkan manusia memenuhi kebutuhannya dalam bidang tersebut. Teknologi transportasi merupakan segala suatu yang memudahkan manusia untuk berpindah tempat dari satu titik ke titik tertentu, bepergian. Pada zaman dahulu, manusia hanya bisa berjalan kaki atau maksimal bersepeda untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain, kemajuan teknologi modern membuat hal tersebut lebih mudah. Kini tersedia sarana transportasi yang begitu canggih dan cepat serta dapat menampung massa dalam jumlah banyak. Contohnya pesawat, kereta, dan MRT.

Masih berlanjut mengenai pengertian teknologi. Setelah teknologi transportasi, ada juga teknologi produksi atau sebuah teknologi atau sarana yang memudahkan manusia dalam memproduksi suatu atau meningkatkan hasil produksi. Contoh sederhana adalah jika dulu petani membajak tanah menggunakan kerbau yang memakan waktu lama, kini mereka dapat menggunakan mesin traktor sehingga pekerjaan semakin efisien dalam hal waktu dan tenaga yang dikeluarkan.

Baca Juga: Pengertian Bisnis

Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala suatu yang memudahkan komunikasi. Kini manusia bisa berkomunikasi dengan memanfaatkan jaringan internet sehingga bisa terhubung ke seluruh dunia. Dampak dari semua itu adalah dunia semakin terhubung satu sama lain dan saling bergantung. Disisi lain kemajuan teknologi tidak dipungkiri membutuhkan dana yang lebih banyak. Misalnya, untuk bisa menggunakan layanan internet cepat Anda harus mengeluarkan uang untuk membeli paket internet. Demikian ulasan mengenai pengertian teknologi, semoga bermanfaat.

tags: , ,