Mengenal Lebih Jauh Pengertian Internet

Senin, September 21st 2015. | Nasional

Mengenal Lebih Jauh Pengertian Internet | Sejarah, Fasilitas, dan apa itu Internet, Sekarang ini Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya internet, dari mulai anak kecil sampai orang tua tahu internet. Tapi apakah mereka tahu apa sebenarnya pengertian internet dan bagaimana sejarahnya serta fasilitas apa saja yang bisa digunakan melalui internet. Banyak orang mengenal internet hanya untuk berkomunikasi maupun untuk mencari informasi saja. Padahal lebih dari itu, fasilitas yang diberikan oleh internet tidak hanya untuk berkomunikasi atau mencari informasi saja tapi lebih dari itu semua. Sebelum melangkah ke apa saja fasilitas dalam internet, mari cari tahu terlebih dahulu pengertian dan sejarah internet.

Interconnection networking atau yang lebih kita kenal dengan internet adalah sebuah jaringan komputer, dimana antar satu dan lainnya saling terhubung. Secara luas, pengertian internet adalah jaringan komputer yang terhubung menggunakan Transmission Control Protocol atau standar sistem global TCP dan IP atau Internet Protokol sebagai protokol yang digunakan untuk pertukaran paket yang melayani pengguna di penjuru dunia. Rangkaian besar ini dinamakan internet. Secara umum internet diartikan sebagai jaringan komunikasi dunia atau global yang saling terbuka dengan menggunakan berbagai tipe komunikasi seperti satelit, telepon dan sejenisnya. Awalnya, internet hanya digunakan oleh militer Amerika saja tapi sekarang ini sudah bisa digunakan secara global di seluruh dunia.

Pertama kali internet ada yaitu pada tahun 1969 di Amerika, pada saat itu namanya bukan internet melainkan ARPANET. ARPANET ini merupakan produk dari proyek ARPA yang dijalankan oleh Departemen Pertahanan USA. Proyek ini kepanjangan dari Advanced Research Project Agency Network, dalam proyek ini para tentara AS akan mendemonstrasikan cara suatu software atau hardware dalam komputer yang mempunyai basis UNIX bisa berkomunikasi dalam jarak jauh atau yang tidak berhingga dengan bantuan saluran telekomunikasi telepon. Sesuai dengan pengertian internet yang merupakan sebuah kumpulan jaringan, ARPANET ini merancang sebuah jaringan yang handal untuk memindahkan informasi. Bermula dari proyek ini semua standar yang digunakan merupakan awal dari terbentuknya internet.

Pada mulanya ARPANET ini hanya dibuat untuk tujuan atau kepentingan militer saja. Militer Amerika bisa melakukan komunikasi dengan berbagai daerah yang penting untuk mengatasi masalah atau menyebarkan informasi penting. ARPANET sendiri awalnya dikenalkan pada tahun 1972 setelah sekitar 3 tahun digarap oleh para militer Amerika. Setelah publikasinya banyak universitas yang ingin bergabung dan menjadikan para militer kesulitan mengaturnya. Akhirnya ARPANET dibagi menjadi dua yaitu MILNET yang digunakan para militer dan ARPANET untuk non militer. Sekarang ini jaringan ini lebih dikenal sebagai internet dan banyak dikenal orang sebagai pengertian internet secara umum.

Sekarang ini pengertian internet sudah semakin luas dimengerti oleh masyarakat melalui internet bisa berkomunikasi jarak jauh. Adapun fasilitas umum yang bisa digunakan dalam internet yaitu:

1.    World Wide Web

Biasa disingkat dengan WWW, ini merupakan sebuah sistem yang dibuat untuk mencari informasi dengan menggunakan teknologi hypertex. Untuk mendapatkan informasi yang dibagikan dengan menggunakan protokol pengguna harus mengetahui URL atau Uniform Resource Locator dari informasi yang sudah dibagikan.

2.    Email

Email atau Elektronik mail merupakan fasilitas yang bisa digunakan oleh pengguna untuk berkirim surat melalui sebuah sistem jaringan. Dengan email memungkinkan untuk mengirimkan data secara personal pada pengguna internet.

3.    Chatting

Chatting adalah pengertian internet yang diartikan oleh orang umum yang biasa didengarkan. Fasilitas ini memberikan kemudahan untuk berkomunikasi jarak jauh tanpa batas limit waktu maupun biaya.

4.    FTP

FTP singkatan dari File Transfer Protocol yang digunakan untuk transfer file antar pengguna dengan menggunakan server dari internet. Pengguna bisa melakukan pengiriman atau istilah upload dan juga menyalin atau download file yang dipunyai antar pengguna internet.

Baca Juga: Pengertian HAM

Pengertian internet dan sejarahnya hanya diketahui secara umum saja. Internet pertama kali dikenalkan oleh militer Amerika pada tahun 1972 dan proyeknya mulai tahun 1969.

tags: , ,