Niat Mandi Nifas Dalam Bahasa Arab dan Latin

Jumat, September 30th 2016. | Berita Islam

Perlu anda ketahui bahwa niat mandi nifas dengan niat mandi besar karena haid itu berbeda, selain itu niat mandi besar karena haid, karena nifas, dan karena bersenggama masing-masing berbeda. Bagi anda yang ingin belajar mengenai niat mandi besar atau mandi nujub lebih baik untuk belajar langsung ke orang yang ahli dibidang agama islam. Intinya semua kegiatan dan aktivitas yang anda lakukan harus berdasarkan niat yang lurus, niat Lilahitaala, karena Allah,tidak ada tujuan lain selain hanya untuk mencari Ridho-Nya.

Anda sebagai muslin tentu mengetahui apa itu mandi wajib atau mandi nujub, hal tersebut merupakan kegiatan yang harus dilakukan ketika anda telah melakukan tindakan yang bisa menyebabkan anda harus mandi wajib, berikut beberapa hal yang menyebabkan anda harus mandi wajib atau mandi nujub seperti karena nifas, haid, senggama, mimpi basah, keluar air mani. Setiap penyebab tersebut memiliki niat yang berbeda-beda. Niat mandi wajib karena nifas berbeda dengan niat mandi wajib karena haid, begitu juga niat mandi wajib karena nifas dan haid berbeda dengan niat mandi wajib karena bersenggama.

Untuk mengsucikan kembali diri, sebagai seorang muslim yang bertaqwa anda harus melakukan mandi wajib sesuai aturan dan tata cara, sunnah Rosul. Bagi anda yang ingin mencari informasi mengenai niat mandi nifas anda bisa bertanya langsung kepada pemuka agama atau ustad di sekitar anda, hak ini bertujuan agar ilmu yang anda dapatkan langsung berasal dari orang yang ahli, bukan dari hasil bacaan dari sumber internet. Inilah tahapan-tahapan mandi wajib atau mandi nujub.

Baca Juga: Niat Mandi Wajib Dan Tata Caranya

Pertama, niat. Merupakan hal yang paling penting ketika anda akan mandi nujub atau mandi besar, tanpa adanya niat, tidak mungkin suatu aktivitas atau kegiatan bisa terlaksana tanpa adanya niat. Pastikan niat anda hanya karena Allah, Lillahitaala, untuk mendapatkan ridho-Nya. Kedua, dalam menjalankan mandi besar pastikan seluruh bagian tubuh dari mulai ujung kepala sampai ujung kaki harus terkena air, termasuk bagian tubuh yang ditumbuhi bulu, pastikan kulit dalam rambut tersebut terkena air. Anda bisa menggunakan tangan untuk membasuh atau menyeka air ke seluruh tubuh. Pastikan daerah-daerah lipatan tubuh juga terkena air seperti lipatan ketiak, lubang anus, daun telinga, dan bagian lainnya.

Adapun untuk lafadz niat mandi wajib setelah nifas lengkap bahasa arab, tulisan latin serta terjemahannya adalah sebagai berikut :

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ النِّفَاسِ ِللهِ تَعَالَى

NAWAITUL GHUSLA LIROF’I KHADATSIN NIFAASI LILLAAHI TA’AALA

Artinya :
Saya niat mandi untuk menghilangkan hadats nifas karena Allah Ta’ala

Ketiga, memulai mandi besar atau mandi nujub ialah dengan membasuh kedua telapak tangan menggunakan air sampai pergelangan tangan. Perlu diingat jangan memasukan tangan anda ke bak penampungan air, tetapi usahakan untuk menggunakan air mengalir.  Masing-masing dilakukan sebanyak tiga kali. Niat mandi besar karena haid dan niat mandi nifas berbeda, begitu juga niat mandi besar karena bersenggama. Ada banyak buku panduan mengenai tata cara mandi nujub yang bisa anda coba aplikasikan atau terapkan. Keempat, setela itu anda mengambil air menggunakan tangan kiri lalu membasuhkannya ke kemaluan anda sampai bersih, jangan sampai ada kotoran atau najis yang tersisa.

Baca Juga: Tulisan 99 Asmaul Husna Arab Latin dan Artinya

Kelima, setelah anda selesai membersihkan kemaluan anda, langkah selanjutnya anda harus membersihkan tangan kiri anda dengan menggosokannya ke tembok atau lantai sebanyak tiga kali, lalu anda membasuhnya dengan air bersih. Keenam, selanjutnya anda harus berwudlu sebagaimana tata cara berwudlu saat anda akan sholat. Ketujuh, mengguyurkan air dari bahu kanan sampai ke  kepala dan keseluruh tubuh, pastikan semua bagian tubuh anda terkena air bisa dibantu dengan tangan anda untuk meratakan air. Demikian pembahasan niat mandi nifas, semoga bermanfaat.

tags: ,