Niat Mandi Wajib Yang Benar Dalam Islam

Senin, September 19th 2016. | Berita Islam

Niat mandi wajib merupakan salah satu hal atau kegiatan yang harus dilakukan oleh seorang muslim baik itu perempuan atau laki-laki. Ada beberapa hal yang harus anda lakukan saat akan melakukan mandi wajib, dari mulai tata caranya, urut-urutannya, sampai niatnya. Nah, untuk mandi wajib ternyata memiliki niat yang berbeda-beda tergantung dari penyebab kenapa dia harus mandi wajib. Ada beberapa ha yang menyebabkan kenapa seorang muslim harus mandi wajib atau mandi nujub, seperti karena haid, nifas, bersenggama, keluar mani baik disengaja atau tidak disengaja (mimpi besar), serta haid.

Niat mandi besar untuk junub mimpi basah, keluar mani,  senggama, memiliki niat yang berbeda dengan mandi besar yang disebabkan oleh haid, begitu juga berbeda dengan niat mandi besar karena nifas. Agar tidak terjadi kesalahan pelafalan atau pemahaman tentang niat untuk mandi nujub, lebih baik anda mencari informasi secara langsung atau belajar secara langsung.

Kita harus memahami bahwa semua tingkah laku atau kegiatan yang akan anda lakukan harus didasari oelh iat, niat merupakan segalanya, tanpa adanya niat tidak akan mungkin aktivitas atau kegiatan tersebut bisa terlaksana. Begitu juga dengan niat mandi besar harus benar-benar lurus hanya untuk tujuan beribadah kepada Allah dan karena Allah agar mendapatkan ridho dari Allah. Hal tersebut sangat penting sekali karena pahala yang akan anda dapatkan nantinya dalam menjalankan aktivitas atau kegiatan berdasarkan niatnya.

Begitu juga dengan niat mandi wajib harus didasarkan karena Allah, bukan karena tujuan lain, demi mendapatkan ridho-Nya.  Ada beberapa tahapan mandi wajib yang harus anda perhatikan, dari mulai tata cara sampai urut-urutannya. Pertama, niat mandi nujub atau mandi besar harus Lilahi ta’ala atau karena Allah, mengharapkan ridho-Nya.

Adapun untuk lafadz bacaan niat mandi wajibnya adalah sebagai berikut:

Doa Niat Mandi Wajib (Junub) atau Niat Mandi Besar Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITUL GHUSLA LIRAF’IL HADATSIL AKBARI FARDHAN LILLAAHI TA’AALAA.

Artinya : Aku berniat mandi besar untuk menghilangkan hadats besar fardhu karena Allah Taala

Niat Mandi Haid Lengkap Arab, Latin dan Artinya

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ الْحَيْضِ ِللهِ تَعَالَى

NAWAITUL GHUSLA LIROF’I KHADATSIL KHAIDHI LILLAAHI TA’AALAA

Artinya: Saya niat mandi untuk menghilangkan hadats haid karena Allah Ta’ala

Tujuan anda hanya untuk beribadah kepada Allah. Kedua, pastikan air yang anda gunakan bersih, dan saat anda mengguyurkan air keseluruh tubuh pastikan  seluruh bagian tubuh terkena air, sampai kulit yang ada dibalik rambut, di lipatan-lipatan tubuh, intinya semua bagian tubuh dari ujung kepala sampai ujung kaki harus terkena air. Anda bisa menggunakan tangan untuk menyeka atau meratakan air ke seluruh tubuh.

Tidak hanya cukup dengan niat mandi wajib, anda juga harus melakukan tata cara mandi wajib yang baik dan benar. Tata cara yang selanjutnya ialah mengguyur telapak tangan anda sebanyak tiga kali sampai pergelangan tangan tetapi harus diperhatikan jangan mencelupkan tangan anda ke  bak penampungan air, melainkan harus diguyurkan ke tangan anda. Keempat,  mencuci atau menyeka kemaluan anda menggunakan tangan kiri yang dengan air. Pastikan semua kotoran yang ada pada kemaluan dibersihkan dengan tangan kiri anda. Kelima,  tangan kiri yang anda gunakan untuk membersihkan kemaluan tadi dibersihkan dengan cara menggosokannya ke tembok atau lantai sebanyak tiga kali lalu dibasuh dengan air bersih.

Baca Juga: Bacaan Niat Sholat Fardhu 5 Waktu

Keenam, langkah selanjutnya ialah berwudlu sebagaimana tata cara dan aturan berwudhu sebagaimana mestinya. Ketujuh, mengguyurkan air dari pundak sebelah kanan, lalu kepala dan keseluruh tubuh, pastikan semua bagian tubuh anda terkena air, bagian-bagian yang ditumbuhi bulu bisa dibantu diseka dengan tangan agar air benar-benar merata mengenai seluruh bagian kulit tubuh anda bahkan sampai yang tertutup rambut. Setelah anda memastikan semuanya terkena air, anda bisa membasuh kaki sampai mata kaki sebanyak tiga kali. Itulah tata cara mandi nujub dan niat mandi wajib yang baik dan benar.

tags: