Pengertian Bisnis Serta Manfaatnya

Kamis, Oktober 1st 2015. | Nasional

Pengertian Bisnis Serta Manfaatnya | Pengertian bisnis dan apa manfaat yang didapatkannya memang harus diketahui oleh setiap pelaku bisnis. Saat ini dunia usaha dan cara melakukan wirausaha atau bisnis juga semakin banyak seiring dengan perkembangan zaman yang maju. Bisnis memang menggiurkan, namun tidak sedikit dari para tokoh sukses berbisnis telah memiliki pengalaman gagal dalam bisnis lebih dari satu kali. Padahal mereka merupakan seseorang yang sudah ahli dan pakar dalam bisnis yang di dapatkan ketika mengenyam dunia pendidikan. Supaya hal itu tidak terjadi berkali-kali dan membuat kita gagal maka sebaiknya kita belajar terlebih dahulu papa sebenarnya definisi bisnis dan cara apa yang dilakukan supaya banyak memberikan manfaat berupa keuntungan untuk kita. Pengertian bisnis adalah sebuah aktifitas untuk memberikan jasa, kebutuhan barang dan mendapat profit dari aktifitas yang dilakukan.

Menurut seorang pakar bisnis ternama Musselmen, bisnis adalah semua aktifitas yang diorganisir oleh individu yang tidak ada kaitannya dengan kegiatan industry untuk memenuhi kebutuhan jasa maupun barang kebutuhan yang tujuannya untuk mendapat keuntungan dan perbaikan hidup secara ekonomi. Pengertian bisnis ini juga dikuatkan oleh pakar bisnis lainnya seperti Hooper yang menyimpulkan bahwa bisnis adalah keseluruhan yang lengkap dalam memenuhi kebutuhan industry, barang, jasa, perbankan, jaringan, distribusi, yang dilakukan dengan motif memperbaiki kualitas secara ekonomi dalam dunia perdagangan. Dari kedua pendapat tersebut tentu kita bisa memahami apa yang dimaksud bisnis tersebut, kemudian apa saja manfaat yang didapatkan dari bisnis bisa dilihat dalam uraian di bawah ini:

1.       Proses mencapai tujuan bisnis

Setiap bisnis yang dijalani tentu membutuhkan perjuangan dan kerja keras, bukan tidak mungkin jika bisnis yang dijalani setengah hati akan berhenti di tengah jalan. Semua jerih payah yang dilakukan adalah pengalaman yang sangat berharga, memberikan manfaat bagi kita bagaimana mengolah sumberdaya ekonomi untuk memberikan sebuah profit atau keuntungan. Pengertian bisnis seperti ini yang harus dilakukan oleh semua pebisnis baik pemula maupun yang sudah berhasil.

2.       Terpenuhi kebutuhan orang banyak

Menjadi pelaku bisnis berarti memberikan pelayanan dalam bentuk jasa maupun barang, hal itu sangat membantu masyarakat memenuhi kebutuhan meliputi kebutuhan pokok, kebutuhan industri dan kebutuhan jasa.

3.       Memberikan peluang kerja

Dari pengertian bisnis diatas, maka seseorang bisa termotivasi untuk lebih semangat dalam bisnis, semakin berhasil dan semakin maju bisnis tersebut tentu akan semakin membutuhkan bantuan orang lain. Tidak mungkin dijalani sendiri secara tidak langsung telah membuka lapangan kerja yang baru serta mengurangi pengangguran.

4.       Mendapat prestasi

Keberhasilan dalam berbisnis merupakan prestasi tersendiri bagi pelaku bisnis, kepuasan alam berbisnis memang tidak pernah ada batasnya. Namun prestasi yang kita dapatkan sangat memberikan kekuatan untuk semakin maju dalam berbisnis, sebab yang mana pengertian bisnis sendiri ialah menciptakan peluang-peluang bisnis lainnya untuk memberikan kemajuan bagi negara. Karena keberhasilan negara dari segi ekonomi adalah memiliki minimal 5% masyarakatnya menjadi pelaku bisnis, sedangkan di negara kita masih banyak peluang untuk bisnis tersebut.

Baca Juga: Pengertian Pajak

Demikianlah beberapa pengertian bisnis serta manfaatnya yang kita dapatkan jika menjadi seorang pebisnis, semua itu bisa terwujud oleh siapapun yang sungguh-sungguh menjalani bisnisnya. Dalam suatu usaha juga harus mengedepankan etika bisnis yang baik, mementingkan masyarakat serta tetap jujur dalam berbisnis adalah kunci utama. Semoga ulasan singkat ini bisa memberi inspirasi dan semangat baru bagi Anda, terutama para muda yang ingin mencapai kesuksesan lebih dini. Saatnya berubah pola pikir untuk tidak lagi menjadi karyawan atau buruh melainkan menjadi seseorang pebisnis, banyak peluang bisnis bahkan bisa dengan minim modal sekalipun.

tags: , ,