Pengertian Gerhana Matahari Dan Bulan

Rabu, Oktober 8th 2014. | Nasional

Pengertian Gerhana Matahari Dan Bulan – IDZSN.com | Gerhana merupakan peristiwa tertutupnya suatu objek disebabkan munculnya benda/objek yang melintas di depannya. Kedua objek yang ikut serta dalam gerhana ini mempunyai ukuran yang nyaris serupa kalau diamati melalui Bumi. Misalnya gerhana Matahari serta gerhana Bulan.

  • Gerhana Matahari

Gerhana Matahari terjadi ketika posisi bulan berada di antara Bumi dan Matahari sehingga menutup sebagian ataupun semua cahaya Matahari. Walaupun Bulan berukuran amat mini, bayangan Bulan dapat melindungi cahaya Matahari seutuhnya hal ini karena Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 km dari Bumi ekstra dekat dibandingkan Matahari yang punya jarak rata-rata 149.680.000 km.

  • Bentuk Gerhana Matahari

Gerhana total terjadi kalau sewaktu puncak gerhana, bulatan Matahari ditutup seutuhnya dengan bulatan Bulan. Sewaktu itu, bulatan Bulan serupa gede ataupun justru ekstra gede dari bulatan Matahari. Ukuran bulatan Matahari dan bulatan Bulan sendiri berubah-ubah tergantung di tiap-tiap jarak Bumi-Bulan  dan Bumi-Matahari.

Gerhana sebagian berlangsung kalau bulatan Bulan (saat puncak gerhana) cuma menutup sebagian dari bulatan Matahari. Di gerhana itu, kerap ada bagian dari bulatan Matahari yang kaga tertutup oleh piringan Bulan.

Gerhana cincin berlangsung kalau bulatan Bulan (saat puncak gerhana) cuma menghalangi sebagian dari bulatan Matahari. Gerhana tipe tersebut timbul ketika ukuran bulatan Bulan ekstra kecil dari bulatan Matahari. Sehingga sewaktu bulatan Bulan berposisi di depan bulatan Matahari, gak semua bulatan Matahari akan tertutup oleh bulatan Bulan. Bagian bulatan Matahari yang gak tertutup oleh bulatan Bulan, berposisi di sekeliling bulatan Bulan serta terlihat layaknya cincin yang bercahaya.

Gerhana hibrida bergeser antara gerhana total serta cincin. Di titik tertentu di permukaan bumi, gerhana itu nampak bagai gerhana total, sedangkan pada titik-titik yang lain nampak bagai gerhana cincin. Gerhana hibrida relatif jarang.

  • Gerhana Bulan

Gerhana bulan berlangsung ketika sebagian/keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Hal tersebut  berlaku kalau bumi berposisi di antara matahari dan bulan pada 1 garis lurus yang persis, sehingga sinar Matahari gak bisa menggapai bulan sebab terhalangi oleh bumi.

  • Bentuk Gerhana Bulan

Gerhana bulan total – Di gerhana tersebut, bulan maka akan pas berposisi pada daerah umbra. Gerhana bulan sebagian – Di gerhana tersebut, ngak semua bagian bulan terhalangi dari Matahari oleh bumi. Sedangkan sebagian permukaan bulan yang lainnya berposisi di daerah penumbra. Sehingga masih ada sebagian sinar Matahari yang sampai ke permukaan bulan.  Gerhana bulan penumbra – Pada gerhana ini, semua bagian bulan berposisi di bagian penumbra. Sehingga bulan masih bisa terlihat dengan warna yang suram.