Pengertian Gerhana Matahari

Jumat, Maret 20th 2015. | Nasional

Pengertian Gerhana MatahariIdzsn.com | Gerhana Matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara Bumi dan juga Matahari sehingga menutup beberapa bagian ataupun seluruh cahaya Matahari. Walaupun Bulan lebih kecil, bayangan Bulan mampu melindungi cahaya Matahari sepenuhnya sebab Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384. 400 kilometer dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149. 680. 000 kilometer.

Ketika gerhana Matahari tengah berlangsung, umat Islam yang menatap ataupun me-ngetahui gerhana tersebut disunnahkan untuk melaksanakan salat gerhana (salat khusuf).

Berkisar antara dua hingga lima peristiwa. Gerhana matahari yang terjadi sebanyak dua kali dalam setahun adalah sekitar 75%. Sedangkan untuk terjadinya lima kali gerhana matahari dalam satu tahun, peristiwa ini jarang terjadi, peristiwa terakhir terjadi kepada tahun 1935. Kali selanjutnya Peristiwa yang sama, lima gerhana matahari dalam satu tahun di-perhitungkan hendak terjadi kepada tahun 2206.

gerhana matahari

Lantas, Bagaimana prosedur terjadinya gerhana matahari??? Apabila Gerhana posisi Bulan terletak berada kepada satu garis lurus, di antara Bumi dan juga Matahari maka hendak tertutup beberapa bagian ataupun seluruh cahaya Matahari. matahari terjadi. Walaupun Bulan lebih kecil, bayangan Bulan mampu melindungi cahaya matahari sepenuhnya sebab Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384. 400 kilometer dari Bumi. Penyebab yg lain adalah letak Bulan yang lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149. 680. 000 kilometer.

Gerhana Matahari dapat dibagi men-jadi empat jenis yaitu:

  1. Gerhana total terjadi apabila ketika puncak gerhana, piringan Matahari ditutup sepenuhnya oleh piringan Bulan. Ketika tersebut, piringan Bulan sama gede ataupun lebih gede dari piringan Matahari. Ukuran piringan Matahari dan juga piringan Bulan sendiri berubah-ubah tergantung kepada masing2 jarak Bumi & Bulan dan juga Bumi & Matahari.
  2. Gerhana beberapa bagian terjadi apabila piringan Bulan (ketika puncak gerhana) cuma menutup beberapa bagian dari piringan Matahari. Kepada gerhana ini, senantiasa ada bagian dari piringan Matahari yang tidak tertutup oleh piringan Bulan.
  3. Gerhana cincin terjadi apabila piringan Bulan (ketika puncak gerhana) cuma menutup beberapa bagian dari piringan Matahari. Gerhana jenis ini terjadi bila ukuran piringan Bulan lebih kecil dari piringan Matahari. Sehingga ketika piringan Bulan berada di depan piringan Matahari, tidak seluruh piringan Matahari hendak tertutup oleh piringan Bulan. Bagian piringan Matahari yang tidak tertutup oleh piringan Bulan, berada di sekeliling piringan Bulan dan juga nampak seperti cincin yang bercahaya.
  4. Gerhana hibrida bergeser antara gerhana total dan juga cincin. Kepada titik tertentu di permukaan bumi, gerhana ini muncul selaku gerhana total, sedangkan kepada titik2 yg lain muncul selaku gerhana cincin. Gerhana hibrida relatif jarang.

Berapa lamakah gerhana Matahari berlangsung?

Gerhana matahari tidak dapat berlangsung melebihi tujuh menit 40 detik. Kepada ketika terjadi gerhana Matahari manusia dilarang menatap langsung dengan mata telanjang menuju arah Matahari. Kalau dilakukan maka mata dapat mengalami kerusakan permanent dan juga menyebabkan kebutaan.