Pengertian Globalisasi dan Dampaknya

Selasa, September 15th 2015. | Nasional

Pengertian Globalisasi dan Dampaknya | Barangkali Anda sudah sering mendengar istilah globalisasi di berbagai kesempatan, baik dalam interaksi social, melalui bacaan maupun dari media elektronik seperti televisi. Namun, apakah Anda tahu apa yang dimaksud dengan globalisasi? Ada baiknya jika Anda meluangkan waktu sejenak untuk mempelajarinya. Pengertian globalisasi adalah suatu keadaan yang mendunia, dimana setiap orang tidak terikat oleh batas wilayah. Setiap orang saling terhubung. Orang yang ada di suatu negara bisa terhubung dengan orang yang berada di negara yang letaknya jauh dari tempatnya. Kebebasan adalah kata kunci yang melekat pada globalisasi.

Secara harfiah atau dari segi bahasa, pengertian globalisasi adalah suatu proses yang mendunia. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dunia yang awalnya membentang sangat luas dan sulit dijangkau semua, kini menyusut dan terjangkau sepenuhnya. Hal ini berawal dari majunya teknologi yang terus dikembangkan oleh manusia. Teknologi yang maju di segala lini kehidupan, membuat pertukaran informasi lebih mudah. Transportasi antar negara menjadi lebih cepat. Perdagangan juga semakin bervariasi dan inovatif. Bisa juga dikatakan bahwa dunia tidak lagi bulat, melainkan berubah bentuk menjadi datar. Sehingga apa yang ada di ujung dunia bisa terlihat dari kejauhan karena globalisasi.

Para ahli mempunyai pendapat yang hampir sama tentang apa itu globalisasi. Salah satu ahli yang dimaksud disini adalah Martin Albrow. Menurutnya, pengertian globalisasi adalah semua proses masyarakat yang saling terhubung dalam sebuah komunitas tunggal dunia, yakni komunitas global. Sedangkan Selo Soemardjan mempunyai pendapat yang sedikit berbeda. Ia berpendapat bahwa globalisasi merupakan proses terciptanya system dalam organisasi dan komunikasi yang dilakukan oleh masyarakat yang ada di seluruh dunia, yang selanjutnya untuk ikut dalam system serta aturan yang sama. Selain dua ahli tersebut, masih banyak pendapat lain tentang globalisasi.

Kita sudah mengulas pengertian globalisasi. Selanjutnya adalah ulasan tentang dampak globalisasi. Ada dua jenis dampak dari globalisasi, yaitu dampak positif dan dampak negative. Manfaat positif yang pertama adalah kita semakin mudah dan cepat dalam berkomunikasi dengan orang lain. Dengan hanya menggunakan handphone kita bisa berbicara dengan orang lain. Dengan sms, kita bisa bertukar pesan. Kedua, adalah taraf hidup masyarakat meningkat. Karena akses dengan dunia luar lebih mudah, maka kesempatan dan peluang bagi masyarakat untuk mencari rezeki lebih tinggi. Ketiga, kita bisa dengan mudah memperoleh informasi dan pengetahuan. Misalnya, melalui internet atau bahan bacaan.

Dampak negative dari adanya globalisasi juga ada beberapa macam. Pertama, dengan banyaknya informasi yang dengan mudah kita peroleh, kita akan sulit menentukan informasi yang bisa dipercaya atau kredibel. Kedua, globalisasi juga dapat menghilangkan jati diri bangsa dan kebudayaan. Pasalnya, saat ini banyak orang yang mengikuti penampilan, Gaya, dan budaya barat. Budaya sendiri yang seharusnya dijaga dan dilestarikan seolah tidak terlalu penting dan malah ditinggalkan. Ketiga, sikap individualism dapat muncul sebagai akibat dari interaksi social yang lebih banyak menggunakan gadget. Keempat, sikap gotong royong dan setia kawan yang menjadi cirri khas Indonesia menjadi terkikis. Mengetahui pengertian globalisasi saja tidak cukup. Kita juga harus mampu menanggulangi dampak negatifnya.

Pengertian globalisasi ada bermacam-macam, tergantung dari sisi mana kita melihatnya. Namun secara umum intinya sama, yakni menyempitnya dunia dan terbukanya kesempatan yang luas. Semoga dengan pengertian globalisasi serta hal lain yang ada dalam artikel ini, pengetahuan Anda dapat bertambah. Globalisasi bisa membuat suatu negara semakin maju atau malah menghancurkan suatu negara. Hal itu tergantung dri cara kita menggunakan dan memanfaatkan peluang yang ada. Jangan sampai malam kita yang dimanfaatkan oleh globalisasi.

tags: