Pengertian HAM dan Macamnya

Minggu, September 20th 2015. | Nasional

Pengertian HAM dan Macamnya | Pengertian HAM adalah merupakan hak asasi manusia yang telah dimilikinya sejak ia dilahirkan di muka bumi. Sehingga setiap orang yang ada di muka bumi ini memiliki hak yang sama. Ini tentu sangat bertentangan dengan adanya penjajahan dan perampasan hak untuk tinggal. Namun sayangnya, beberapa dari kita masih saja membiarkan hal ini terjadi di sekitar lingkungan kita. Contoh nyata yang bisa kita lihat sehari-hari adalah kita membiarkan seseorang yang hidup di lingkungan kita tertindas oleh orang yang lebih kuat dan kita tidak melakukan apapun. Pengertian HAM adalah merupakan hak asasi manusia yang dimiliki sejak lahir, dan ada enam macam HAM yang harus kita ketahui, salah satunya adalah hak asasi pribadi.

Tindakan pasif ini sebenarnya tercipta dari sebuah perasaan yang kurang sensitif terhadap lingkungan, rasa aman jika tidak turut campur, atau perasaan takut untuk membela karena tidak memiliki daya upaya. Apabila pengertian HAM ini dipahami bersama, maka penjajahan atau perebutan sebuah wilayah tidak akan terjadi lagi.  Seperti yang kita lihat, saat ini kita masih bisa melihat perang dan perebutan kekuasaan terjadi secara terang-terangan maupun sembunyi-sembunyi. Hal ini bisa terjadi secara pribadi dan juga kelompok, di mana pelakunya adalah oknum yang tidak peduli dengan HAM. Adapun HAM ini digolongkan menjadi 6 macam, berikut ini penjelasannya.

1.       Hak asasi pribadi

Pengertian HAM juga mencakup tentang hak asasi pribadi, di mana hak ini sangat erat kaitannya dengan hak asasi individu atau perorangan. Adapun contoh hak asasi ini antara lain kebebasan memilih agama, bepergian, bergerak dan berpindah tempat. Menyampaikan pendapat dan ikut berorganisasi.

2.       Hak asasi politik

Hak ini erat kaitannya dengan urusan politik. Adapun contohnya adalah bebas untuk memilih dan dipilih dalam demokrasi, bebas mendirikan partai, hak untuk mengajukan dan membuat petisi.

3.       Hak asasi hukum

Hak ini merupakan hak setiap orang di dalam kehidupan pemerintahan dan juga dalam hukum. Sebagai contoh adalah hak mendapatkan perlakuan yang adil, hak menjadi pegawai negeri sipil, hak untuk mendapatkan perlindungan dan juga pelayanan hukum. Pengertian HAM yang berkaitan dengan hukum ini tidak membedakan antara si kaya dan si miskin, karena di hadapan hukum semua orang akan diperlakukan secara adil.

4.       Hak asasi ekonomi

Hak asasi ini merupakan hak yang berkaitan dengan perekonomian. Sebagai contoh adalah hak untuk melakukan jual beli, hak untuk melakukan kontrak atau perjanjian, hak untuk mengadakan sewa menyewa, hak untuk memiliki sesuatu dan mendapatkan pekerjaan.

5.       Hak asasi peradilan

Hak asasi merupakan hak yang diberikan pada seseorang untuk mendapatkan perlakuan yang sama dan adil di dalam pengadilan. Contohnya adalah setiap orang berhak untuk mendapatkan pembelaan hukum seperti dalam pengertian HAM. Contoh lain adalah seseorang berhak untuk mendapatkan penahanan, penyelidikan dan penggeledahan di muka hukum.

6.       Hak asasi sosial budaya

Ini merupakan hak asai yang berhubungan dengan kehidupan bermasyarakat. Sebagai contoh adalah hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak, dan untuk memajukan budaya.

Baca Juga: Pengertian Sistem

Meski telah dinyatakan dengan jelas hak-hak tersebut, namun hingga saat ini masih saja terjadi perampasan hak di sana-sini. Perampasan hak yang bisa kita lihat yang merugikan pihak lain ini tidak lain timbul dari keserakahan manusia. Sebagai contoh adalah adanya begal yang saat ini mulai marak. Kegiatan merugikan ini timbul karena ingin mendapatkan kekayaan dan materi secara instan tanpa memandang hak orang lain. Tanpa adanya pemahaman akan pengertian HAM, maka hak seseorang akan terampas dengan mudah dan sia-sia.

tags: , , ,