Pengertian Manajemen dan Fungsinya

Rabu, September 16th 2015. | Nasional

Pengertian Manajemen dan Fungsinya | Manajemen berasal dari sebuah kata dalam bahasa inggris yakni “manage” yang mempunyai arti mengurus, mengelola dan memimpin. Manajemen adalah kata serapan yang diambil dari bahasa asing, dalam hal ini bahasa inggris. Kemudian disesuaikan dengan kaidah bahasa Indonesia. Manajemen diterapkan di banyak hal dalam kehidupan manusia. Penggunaan ilmu manajemen dalam kehidupan dapat meningkatkan keberhasilan yang diperoleh. Sebelumnya, mari kita pelajari hal mendasar tentang manajemen. Pengertian manajemen adalah proses yang dilakukan untuk sampai pada suatu tujuan dari organisasi yang bersangkutan. Caranya berupa melakukan kerjasama dengan orang lain serta sumber daya yang ada dalam suatu organisasi.

Pengertian manajemen beserta fungi yang terdapat dalam manajemen. Diantaranya adalah fungsi perencanaan, fungsi pengorganisasian, fungsi pengarahan dan fungsi pengendalian. Mengetahui pengertian manajemen saja tidak cukup. Ada hal lain yang juga penting untuk Anda ketahui, yakni fungsi dari manajemen. Dalam prosesnya, manajemen memiliki 4 fungsi utama. Diantarnya adalah sebagai berikut:

1.       Fungsi perencanaan (planning)

Yang dimaksud dengan fungsi perencanaan adalah suatu proses perencanaan sebagai usaha untuk melakukan antisipasi terhadap apa saja yang mungkin timbul di masa depan. Juga untuk menentukan strategi yang sesuai dan tepat sasaran untuk mencapai tujuan maupun target yang sudah ditetapkan oleh sebuah organisasi. Perencanaan adalah awal dari sebuah manajemen organisasi. Tanpa adanya perencanaan, maka manajemen tidak akan terlaksana dan proses selanjutnya juga tidak bisa berjalan.

2.       Fungsi pengorganisasian (organizing)

Fungsi ini adalah sebuah proses yang terdiri dari cara atau strategi yang sudah disusun sedemikian rupa saat berada pada saat perencanaan, yang kemudian diimplementasikan dalam struktur organisasi yang sesuai, kondusif dan tangguh. Sehingga hal ini bisa menjamin efisiensi dan efektivitas semua pihak yang bernaung dalam sebuah organisasi. Yang kemudian dapat mengarah pada tercapainya tujuan bersama semua pihak, yakni tujuan organisasi seperti yang diharapkan pada pengertian manajemen. Dalam fungsi pengorganisasian, kegiatan besar dalam sebuah organisasi dipecah menjadi beberapa kegiatan kecil agar tujuan lebih mudah tercapai dan tidak memberatkan dalam pelaksanaannya.

3.       Fungsi pengarahan (directing)

Fungsi ini adalah suatu tahap yang berusaha untuk menerapkan program agar semua orang bisa melakukan suatu pekerjaan secara berkelompok atau bekerja sama dalam organisasi. Fungsi ini juga untuk memberikan motivasi agar semua orang yang terlibat dalam suatu pekerjaan organisasi dapat menuntaskan tanggung jawabnya dengan baik dan senang hati. Fungsi ini bisa dikatakan berhasil manakala sesuai dengan pengertian manajemen dan semua pihak yang ada dalam organisasi mengerahkan semua daya dan upaya agar bisa mencapai tujuan organisasi, tentunya dengan panduan perencanaan yang sudah disepakati sejak awal.

4.       Fungsi pengendalian (controlling)

Fungsi ini adalah fungsi yang terakhir dari empat fungsi manajemen. Dalam fungsi ini, manajemen berperan sebagai sebuah proses yang dilalui dan dilaksanakan untuk jalinan atau serangkaian aktivitas yang sudah terencana jauh hari sebelumnya. Memastikan kegiatan yang sudah terorganisasi dengan baik dan diterapkan dapat sesuai dengan keinginan atau sesuai dengan apa yang menjadi target organisasi. Terkadang, beberapa perubahan dapat terjadi dalam proses manajemen, tergantung dari situasi dan kondisi yang dihadapi. Hal itu tidak masalah, selama pencapaian tidak melenceng terlalu jauh dengan tujuan semula. Pengertian manajemen memang tidak kaku, elastic namun kokoh.

Baca Juga: Pengertian Globalisasi

Dalam artikel ini hanya dijelaskan perihal pengertian manajemen dan fungsi manajemen. Sebenarnya, ada banyak hal lain yang perlu Anda ketahui tentang manajemen, seperti jenis manajemen dan lain sebagainya. Untuk sementara, Anda cukup mengetahui hal ini. Kalau Anda tertarik dan ingin mendalami manajemen, Anda bisa mencarinya di literature terkait atau surfing di internet.

tags: