Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

Minggu, Oktober 4th 2015. | Nasional

Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli | Ketika duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), Anda pasti tahu OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah), organisasi sekolah yang banyak memberikan kontribusi untuk kegiatan siswa. Kemudian pada jenjang SMA pun masih ada OSIS. Begitu sering kita mendengar istilah organisasi, tapi sebenarnya apakah Anda benar-benar memahami pengertian organisasi? Diluar sana atau di negara barat, organisasi dikenal dengan nama organization. Ya, organisasi merupakan bahasa Indonesia serapan. Begitu banyak istilah organisasi atau segala suatu yang berembel-embel organisasi. Orang yang suka berorganisasi memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi karena mereka belajar memupuk sikap untuk berkumpul dan bersosialisasi dengan orang lain dengan latar belakang beragam. Pengertian organisasi adalah kumpulan yang terstruktur dan terkait satu sama lain, dimana didalamnya terdapat pembagian tugas guna mencapai tujuan tertentu.

Istilah organisasi sudah Anda kenal sejak lama. Berbagai literatur banyak menyebutkan istilah organisasi. Sejak dulu para pendiri bangsa Indonesia sudah mengenal organisasi, membentuk dan berjuang dalam naungan organisasi. Selain itu, Anda juga bisa menemukan banyak pengertian organisasi di internet. Sekarang Anda akan mengetahui berbagai definisi organisasi dari para ahli. Anda akan belajar bahwa definisi kata tersebut tidak kaku. Berbeda sumber berbeda pula pengertiannya. Namun tetap ada satu benang merah yang bisa Anda simpulkan sendiri. Memahami suatu istilah bukanlah menghafalkan istilah tersebut tapi mencari berbagai sumber lalu mengambil sari patinya. Yuk disimak dengan baik dan seksama. Adapun beberapa pengertian organisasi menurut para ahli sebagai berikut:

1.       Istilah organisasi menurut Cahester Bernard adalah kumpulan orang yang melakukan suatu kegiatan yang membutuhkan komunikasi di dalamnya, yaitu hasrat anggotanya guna mengambil bagian dalam mencapai tujuan bersama dengan anggota lainnya. Bernard sendiri menekankan pada perbedaan peranan anggota dalam organisasi. Dalam sebuah organisasi, ada anggota yang bertindak sebagai pengambil keputusan dan disisi lain ada yang menjadi orang yang harus dimotivasi atau diberikan informasi. Anggota dalam sebuah organisasi harus bisa saling melengkapi, mendukung guna mencapai suatu dukungan.

2.       Pengertian organisasi oleh Max Weber, seorang filsuf ternama. Organisasi merupakan suatu kerangka suatu hubungan yang terstruktur dan didalamnya memiliki isi berupa wewenang, tanggung jawab, dan pembagian tugas atau kerja guna menjalankan suatu fungsi tertentu. Maksud dari pernyataan tersebut adalah bahwa dalam suatu organisasi terdapat struktur tubuh yang menjadi bagian tubuh organisasi tersebut dimana di dalamnya mengemban tanggung jawab pada setiap anggota, kewenangan dan tugas yang diemban oleh masing-masing anggota. Semua bagian tersebut saling terhubung untuk menjalankan suatu fungsi atau tujuan. Organisasi diibaratkan seperti tubuh yang memiliki strukturnya dan saling mempengaruhi.

3.       Sedangkan pengertian organisasi menurut Victor A Thompson adalah suatu integritas dari spesialis-spesialis yang saling bekerja sama dengan sangat rasional serta personal guna mencapai beberapa tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

4.       Menurut Richard Scott, organisasi berarti suatu kolektivitas yang dibentuk dengan sengaja untuk mencapai tujuan khusus yang didasarkan pada asas kelangsungan.

5.       Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia yang ditulis oleh W.J.S. Poerwadarminta, organisasi adalah susunan serta aturan dari berbagai bagian (orang atau yang lainnya) yang merupakan kesatuan yang teratur.

Baca Juga: Pengertian Teknologi

Berdasarkan beberapa pengertian organisasi yang telah dijabarkan diatas dapat diambil kesimpulan, organisasi suatu kumpulan bagian yang terstruktur dan dibentuk dengan tujuan untuk mencapai suatu sehingga di didalamnya terdapat wewenang, tanggung jawab, pemberian tugas dan tujuan kelompok tersebut. Di dalam sebuah organisasi terdapat beberapa bagian yang saling terhubung dan saling bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Sekian ulasan mengenai definisi organisasi, semoga bermanfaat dan menambah wawasan serta pengetahuan Anda.

tags: , ,