Pengertian Uang dan Perkembangannya

Kamis, September 24th 2015. | Nasional

Pengertian Uang dan Perkembangannya | Uang tentu sudah tidak asing lagi dengan kata dan benda ini. Sekarang ini uang sering kali dijadikan sebagai tolak ukur kekayaan seseorang. Semakin banyak orang mempunyai uang maka dia akan dianggap kaya. Tapi tahukah Anda, apa sebenarnya pengertian uang itu sendiri? Kebanyakan orang mengartikan uang adalah segalanya, benda berbentuk kertas dan logam ini sering disebut sebagai harta benda yang sangat berharga dengan uang orang bisa membeli apapun yang diinginkannya. Sebenarnya dari penjelasan ini bisa ditarik kesimpulan bahwa uang merupakan alat tukar. Pengertian uang dan asal-usulnya sangat panjang dan akan terus berkembang sampai di masa yang akan datang. Uang sekarang mungkin akan berbeda dengan uang di masa depan.

Secara simpel arti dari uang adalah alat tukar. Pengertian uang sebagai alat tukar ini merupakan definisi uang dari kacamata ekonomi tradisional. Secara tradisional uang diartikan sebagai alat tukar yang bisa diterima oleh masyarakat umum. Dari pengertian ini uang juga bisa berbentuk barang yang bisa ditukarkan dengan barang lain atau istilahnya adalah uang barang. Uang barang ini sudah ada sejak zaman purbakala. Masyarakat zaman dulu jika ingin mendapatkan sesuatu menggunakan uang barang yaitu menukar barang dengan barang lainnya atau disebut dengan barter.

Sistem barter sendiri merupakan cikal bakal dari terbentuknya uang. Pada zaman dulu orang belum mengenal barter apalagi uang. Mereka hanya memenuhi kebutuhannya melalui berburu dan membuat barang kebutuhan dari alam secara manual. Seiring berkembangnya zaman orang sudah mulai sadar bahwa kebutuhannya tidak bisa dipenuhi sendiri dan akhirnya muncullah sistem pertukaran barang atau barter. Sistem ini berkembang dan digunakan selama berabad-abad tapi lagi-lagi karena perkembangan zaman sistem ini dinilai kurang efektif. Salah satu alasannya yaitu kesulitan dalam menemukan orang yang tepat untuk diajak barter karena kebutuhan orang yang beragam dan belum tentu sama. Dari sinilah terbentuk inisiatif untuk membuat alat tukar yang mudah diterima semua orang dan muda dibawa-bawa. Seiring berkembangnya zaman pengertian uang semakin berkembang.

Uang mulai digunakan sebagai alat tukar dan mempermudah transaksi untuk memenuhi kebutuhan. Fungsi asli dari uang sendiri terbagi menjadi tiga yaitu alat tukar, satuan hitung, dan alat penyimpanan nilai. Uang sebagai alat tukar tentu sudah jelas yaitu uang digunakan untuk mendapatkan barang atau jasa yang diinginkan atau dengan kata lain menukarkannya dengan barang yang dibutuhkan. Sedangkan uang sebagai nilai hitung yaitu uang dijadikan sebagai penunjuk nilai dari suatu barang atau jasa. Uang sebagai alat penyimpanan yaitu uang dijadikan sebagai pengalihan daya beli dari waktu sekarang ke waktu yang akan datang. Dari pengertian uang yang tradisional berkembang menjadi pengertian yang modern.

Dalam ilmu ekonomi modern uang diartikan sebagai alat yang digunakan sebagai pembayaran pembelian barang dan jasa serta kekayaan yang berharga lainnya termasuk juga hutang. Dari pengertian uang ini maka fungsi asli dari uang bisa diturunkan menjadi beberapa fungsi lainnya. Fungsi turunan dari uang ini di antaranya yaitu sebagai alat pembayaran, alat pembayaran hutang, uang juga bisa dijadikan sebagai pendorong kegiatan ekonomi karena bisa ditimbun atau disimpan dan juga bisa dipindahkan. Jika mendalami pengertian dari uang itu sendiri akan sangat luas.

Baca Juga: Pengertian Koperasi

Uang secara umum juga dibagi menjadi dua jenis yaitu uang kartal dan uang giral. Jenis dari uang ini juga sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari orang modern. Jenis uang kartal sendiri bisa digunakan sebagai alat pembayaran yang sah dalam sebuah transaksi jual beli. Uang kartal jika dilihat dari bahan pembuatannya ada dua yaitu uang kertas dan uang logam. Sedangkan uang giral sendiri bukan berbentuk seperti uang kartal tapi bentuknya berupa simpanan yang bisa dijadikan uang kartal sesuai dengan kebutuhan. Berbagai macam jenis dan pengertian uang ini akan terus berkembang seiring dengan berkembangnya zaman.

tags: ,