Pengertian Zakat dan Manfaat Berzakat

Senin, Oktober 5th 2015. | Nasional

Pengertian Zakat dan Manfaat Berzakat | Kewajiban setiap Muslim adalah berzakat setiap tahunnya untuk mensucikan harta yang disebut zakat fitrah. Zakat juga termasuk dalam rukun Islam yang wajib diamalkan oleh setiap Muslim. Sejak kecil pula di TPA (Teman Pendidikan Al-Quran) atau tempat ngaji sudah diajarkan mengenai zakat. Tapi sebenarnya apa sih pengertian zakat itu sendiri? Hukum wajib zakat tidak memandang dia kecil, besar, tua atau muda, kaya atau miskin. Zakat fitrah wajib dikeluarkan dari harta kita bisa berupa uang atau beras sebanyak 2.5 kg. Tidak ada pengecualian untuk zakat. Banyak yang menyamakan zakat dengan sodaqoh atau sedekah, padahal keduanya berbeda. Zakat wajib bagi semua umat Islam, sedangkan sedekah wajib bagi yang mampu. Namun sedekah tidak membatasi pada golongan mampu atau tidak, yang kurang mampu pun boleh bersedekah. Kenyataannya banyak dan justru sedekah menambah rezeki.

Pengertian zakat adalah mengeluarkan sebagian harta dengan jumlah tertentu untuk mensucikan diri dengan diberikan kepada yang berhak agar mendapatkan ridho Allah. Ada begitu banyak literature Islam yang membahas mengenai zakat. Sebelum mengetahui lebih jauh tentang hokum dan manfaatnya, sebaiknya pahami terlebih dahulu pengertian zakat. Definisi zakat sendiri dibagi menjadi dua.  Pertama zakat menurut bahasa adalah membersihkan diri atau dikenal mensucikan diri. Sedangkan menurut istilah, zakat berarti merupakan harta yang wajib dikeluarkan dengan ukuran tertentu kepada orang-orang yang membutuhkan atau mereka yang berhak menerima berdasarkan ketentuan Islam. Kesimpulan dari dua pengertian zakat diatas adalah harta yang harus dikeluarkan berdasarkan ukuran tertentu diberikan kepada mereka yang berhak dengan ketentuan agama Islam guna mensucikan diri.

Pengertian zakat mudah dipahami bukan? Yuk, sekarang kita beralih pada sejarah zakat. Bagaimana zakat awal mulanya bisa muncul. Pertama kali, Allah melalui firman-Nya dalam Al-Quran memerintahkan manusia untuk bersedekah, kemudian Allah memerintahkan manusia untuk berzakat. Selanjutnya mulai tahun 662 M, negara-negara Islam menerapkan zakat. Nabi Muhammad SAW menerapkan pajak bertingkat pada mereka yang kaya raya untuk membantu kaum miskin. Oleh sebab itu pula ada pengaturan dalam pembagian zakat mengenai jumlah zakat yang harus dikeluarkan setiap orang. Pada masa kekhalifahan, zakat dikumpulkan oleh para pegawai sipil kemudian dibagikan kepada masyarakat tertentu seperti rang miskin, budak, janda, orang yang berhutang tapi tidak mampu membayarnya.

Berdasarkan pengertian zakat sendiri yaitu untuk mencucikan diri dengan menyisihkan harta untuk dibagikan kepada yang berhak. Anda juga harus tahu apa keutamaan berzakat supaya merasa memiliki kewajiban akan hal tersebut. Berikut ini beberapa keutamaan zakat:

1.       Menyempurnakan keislaman seorang Muslim. Seperti yang Anda ketahui, zakat merupakan salah satu rukun Islam yang mana jika Anda sudah menjalankannya berarti Anda sudah menyempurnakan rukun Islam dan memenuhi tuntutan keislaman. Bukankah tujuan umat Muslim selalu berusaha menyempurnakan ke-Islamannya?

2.       Zakat mampu menunjukkan kebenaran iman seseorang. Zakat merupakan perintah Allah yang mana jika Anda melaksanakannya berarti menunjukkan keberaran iman Anda karena senantiasa mengharapkan ridha Allah.

3.       Setelah Anda memahami pengertian zakat, maka berzakat adalah jalan masuk surga. Terdapat sebuah percakapan dimana seorang badui yang bertanya “kepada siapa (kamar dalam surga yang bagian luarnya dapat terlihat dari dalam dan bagian dalamnya dapat terlihat dari luar), kemudian Rasulullah bersabda “bagi orang yang bertutur baik, member makan (salah satiny melalui zakat), rajin melakukan puasa, shalat karena Allah di malam hari ketika manusia sedang terlelap tidur.

4.       Keutamaan zakat yang lain adalah membuat masyarakat beragama Islam sebagai satu kesatuan yang sungguh besar karena melalui zakat, yang berkecukupan membantu mereka yang kesulitan, yang kaya membantu yang miskin dan hal tersebut akan membuat setiap orang merasa sebagai saudara.

5.       Zakat juga dapat memadamkan kemarahan orang miskin karena orang miskin mudah tersulut emosi karena merasa berbeda dibandingkan saudara mereka yang kaya sehingga zakat dibutuhkan.

Baca Juga: Pengertian Organisasi

Demikian ulasan mengenai pengertian zakat. Semoga sekarang Anda paham mengapa harus berzakat sehingga zakatnya ikhlas karena Allah dan mendapatkan ridho-Nya.

tags: , ,