Pesawat Tempur Rusia yang Ditakuti

Senin, September 14th 2015. | Internasional

Pesawat Tempur Rusia yang Ditakuti | Rusia adalah salah satu negara adi daya yang terbentuk dari negara pecahan Uni Soviet. Negara ini masuk dalam negara dengan kekuatan militer terbesar yang bersaing dengan Amerika Serikat. Bukan hanya sekedar memiliki peralatan tempur canggih, namun juga mereka membuat peralatan tempur mereka sendiri dan menjualnya kepada negara luar. Salah satu peralatan tempur terkenal di Rusia adalah pesawatnya. Ada banyak pesawat yang dimiliki dan di produksi Rusia untuk hal pertempuran. Pesawat tempur Rusia dikenal sebagai pesawat yang canggih bahkan selalu bersaing dengan pesawat Amerika yang memiliki teknologi yang besar.

Pesawat tempur Rusia adalah pesawat canggih yang dirancang sebagai saingan berat Amerika yang juga memiliki pesawat tempur dengan kemampuan luar biasa. Berikut adalah beberapa pesawat dari Rusia yang digadang sebagai pesawat yang ditakuti dunia.

1.       Sukhoi SU-27

Sukhoi SU-27

Sukhoi SU-27 merupakan sebuah pesawat tempur canggih yang dibuat sebagai jawaban untuk menyaingi pesawat tempur milik Amerika dengan tipe F-15 dan juga F-16 yang dikeluarkan pada tahun 1970. Pesawat ini adalah pesawat canggih yang bisa membawa berbagai jenis misi ke udara untuk keperluan perang. Pesawat ini oleh Uni Soviet sendiri disebut Flaker, dimana senjata yang ditakuti adalah sebuah meriam jarak menengah yang bisa melumpuhkan musuh seketika. Pesawat tempur Rusia ini sudah mendunia dan banyak digunakan oleh negara-negara yang bersahabat termasuk Asia. Salah satu negara yang juga menggunakan pesawat ini adalah Indonesia.

2.       MIG-29

MIG-29

MIG-29 adalah sebuah pesawat tempur milik Rusia yang canggih dengan ukuran kecil. Pesawat tempur ini didesain untuk sebuah pertempuran jarak dekat atau pendek. Pesawat tempur Rusia ini termasuk ditakuti karena kemampuan pesawat tempur multi peran yang mampu untuk bergerak lincah bahkan Jerman menilai pergerakannya mampu mengalahkan F-16 Amerika. Meskipun pesawat ini terbilang kecil namun pesawat ini mampu membawa misil yang cukup besar termasuk juga rudal AA-8. MIG-8 adalah salah satu pesawat yang banyak digunakan pada masa perang dingin dan sampai masa perang berakhir pesawat ini juga masih banyak dikirim ke berbagai negara.

3.       Sukoi SU-35

Sukoi SU-35

Secara teknis pesawat SU-35 adalah sebuah pesawat SU-27 yang mengalami penyempurnaan. Namun dalam penyempurnaan yang dilakukan SU-35 bukan sembarangan. Pesawat ini sudah dilengkapi dengan berbagai kemampuan tempur pesawat masa kini. Salah satu kemampuan yang menarik adalah kemampuan pesawat tempur Rusia SU-35 pesawat ini dilengkapi dengan 12 stasiun senjata yang memiliki berat misil 8 ton. Pesawat ini memang lebih lambat dari Su-27 yang berjalan dengan kecepatan 1.390 Kmph. Namun keunggulan pesawat ini dari generasi sebelumnya adalah kemampuan jelajah pesawat yang lebih jauh sehingga lebih bisa digunakan untuk pertempuran dan mengawasi area negara yang luas.

4.       Sukhoi T-50

Sukhoi T-50

Sukhoi T-50 atau disebut juga PAK FA adalah pesawat tempur siluman canggih yang dimiliki Rusia. Pesawat ini dibuat oleh Rusia untuk menyaingi Amerika yang mengeluarkan seri pesawat F-22 Raptor. Selain itu, pesawat tempur Rusia ini disebut sebagai pesawat siluman dikarenakan kemampuannya yang bisa menghalangi radar musuh sehingga kedatangan pesawat ini tidak mudah terdeteksi. Lebih dari itu, pesawat T-50 ini juga dilengkapi dengan misil udara dan darat. Dalam pesawat ini juga dilengkapi sebuah bom anti kapal yang memiliki berat 1,5 ton.

Lihat Juga: Pesawat Tempur Indonesia

Pesawat tempur Rusia memang dinilai memiliki kemampuan yang hebat dan selalu bersaing dengan pesawat tempur yang dibuat oleh Amerika. Bahkan beberapa pesawat sukses merebut perhatian dunia karena kemampuan tempurnya yang dinilai hebat. Selain itu, pesawat tempur Rusia juga biasanya lebih murah dari pesawat tempur buatan Amerika sehingga banyak negara asing yang membeli pesawat-pesawat tempur yang dibuat Rusia.

tags: