Resep Bakso Ikan Enak dan Mudah

Minggu, November 22nd 2015. | Kuliner

Resep Bakso Ikan | Tips Cara Membuat bakso ikan mudah dan enak. Siapa yang tak kenal bakso? Semua masyarakat di Indonesia pasti kenal dan gemar makan bakso. Bakso berbentuk bulat, biasanya disebut sebagai bola-bola daging. Seiring perkembangan zaman, kini bakso dibuat tak hanya dari daging sapi saja. Ada banyak jenis bakso yang dijual di pasaran, dengan bahan daging yang berbeda-beda seperti bakso ikan, bakso udang dan bakso lainnya. Setiap orang yang menyukai bakso tentu tak hanya dari pentolnya saja melainkan juga dari kuah baksonya. Makan bakso yang dimakan di siang hari sangat menyegarkan tentunya!

Salah satu resep yang kami bagikan di sini adalah resep bakso ikan yang mudah dan enak untuk disantap. Bakso ikan sendiri bisa dibuat dari beberapa jenis ikan, seperti ikan tenggiri, ikan tuna dan ikan kakap. Dengan bahan baku ikan tersebut bisa menghasilkan bola-bola daging ikan yang kenyal dan enak. Hal ini sekaligus membuktikan bahwa bakso yang terbuat dari daging ikan menghasilkan rasa yang sama lezatnya dengan bakso daging sapi atau yang lainnya.

Bakso ikan selain kaya akan nutrisi seperti protein dan vitamin, ternyata juga sangat empuk dan lezat jika dibandingkan bakso daging sapi. Dikarenakan ikan tak memiliki banyak serat dibandingkan bakso daging sapi. Selain itu, pada pembuatannya sendiri resep bakso ikan ini lebih mudah dan tak memerlukan kemampuan khusus. Adapun hal yang perlu Anda ketahui saat membuat bakso ikan ini adalah harus lebih sabar membentuk bulatan pada bakso tersebut. Jika Anda ingin membuat bakso di rumah, kami akan bagikan resep membuat bakso dari daging ikan tenggiri. Tenggiri selain rasanya enak, juga sangat bak dikonsumsi oleh anak-anak. Jadi, bagi Anda yang penasaran langsung saja simak resepnya berikut ini:

Bahan-bahan yang digunakan:

  • 3 sdt minyak goreng
  • 125 gram tepung tapioka
  • ½ kg ikan tenggiri masih segar, lalu ambil dagingnya kemudian haluskan
  • 3 butir putih telur
  • 50 ml air es

Bumbu yang digunakan:

  • 1,5 sdt garam
  • 6 siung bawang putih, lalu haluskan
  • 2 sdt merica bubuk
  • 1,5 sdt kecap ikan
  • ¾ sdt penyedap rasa

Cara pembuatan bakso ikan:

  1. Pertama-tama masukkan terlebih dahulu ikan tenggiri, air es, semua bumbu dan putih telur pada blender atau food processor, lalu giling sampai halus dan tercampur merata.
  2. Tambahkan minyak goreng dan tepung tapioka, lalu giling lagi sampai tercampur merata.
  3. Setelah itu, masak air pada api kecil lalu jaga supaya air tak mendidih.
  4. Selanjutnya cetak adonan dengan bentuk bulatan memakai tangan. Adapun caranya adalah letakkan adonan pada tangan kiri, lalu kepalkan bagian tangan kiri tadi yang telah berisi adonan sampai adonan keluar di antara jari telunjuk dan ibu jari. Anda bisa memakai sendok saat mengambil adonan lalu masukkan pada air panas. Ulangi cara ini sampai adonan habis, tentunya pastikan bahwa tangan Anda benar-benar bersih atau bisa juga memakai plastik tangan.
  5. Jika semua adonan tadi sudah selesai dibuat dan dicetak, berikutnya besarkan api pada kompor untuk merebus pentol bakso ikan. Lalu tunggu bakso sampai matang dengan tanda mengembang dan mengapung di atas air yang mendidih. Selanjutnya angkat, dan tiriskan lalu sajikan.

Lihat Juga: Resep Kue Bolu Kukus Yummy

Resep bakso ikan mudah dan enak. Bakso ikan adalah bola-bola daging ikan yang rasanya lebih kenyal dan empuk. Bakso ikan bisa dibuat dari ikan tenggiri atau tuna. Itulah langkah-langkah resep bakso ikan mudah dan enak untuk Anda!

tags: ,