Resep Bolu Pisang Enak dan Cara Membuatnya

Jumat, Oktober 30th 2015. | Kuliner

Resep Bolu Pisang Enak dan Cara Membuatnya | Mungkin kue bolu memang sangat terkenal di masyarakat saat ini. Tetapi ternyata kue bolu ini juga memiliki banyak varian yang membuat anda semakin bingung menentukan varian mana yang paling cocok untuk anda buat atau cicipi karena semua varian dari kue bolu ini memiliki cita rasa yang sangat enak. Dari sekian banyak varian yang ada pada kue bolu ini, salah satu varian yang sangat terkenal adalah Bolu Pisang.

Sesuai namanya, bolu pisang ini dibuat dengan campuran pisang dan juga memiliki cita rasa pisang yang sangat terasa. Bolu pisang ini terkenal dengan rasanya yang sangat enak, bentuknya yang empuk, dan juga baunya yang harum. Tekstur empuk dari bolu pisang ini cukup memiliki cirikhas karena walaupun teksturnya empuk namun tidak ada unsur lembek sedikitpun di dalam kue bolu pisang ini. Mungkin anda penasaran bagaimana cara membuat kue dengan empuk dan mengembang namun tidak mudah retak dan tidak ada unsur lembek, untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan mencoba menyajikan resep bolu pisang yang bisa anda gunakan untuk membuat bolu pisang di rumah anda. Langsung saja untuk mengetahui apakah bahan-bahannya dan bagaimanakah cara pembuatannya silahkan simak resep bolu pisang di bawah ini.

Bahan-bahan :

  • Pisang yang sudah benar-benar matang
  • 6 sendok makan mentega yang bagus (panaskan mentega terlebih dahulu. Sebelum di campur dengan bahan-bahan yang lain).
  • 5 sdt vanila halus
  • 200 gr tepung terigu yang berprotein.
  • 40 gr coklat halus berkualitas.
  • 4 sdt bubuk vanili
  • 2 sdt baking powder.
  • 4 telur yang bagus
  • 2 sdt garam
  • Gula secukupnya.

Langkah-langkah membuat bolu pisang :

  1. Haluskan terlebih dahulu pisang yang akan digunakan sampai benar benar halus.
  2. Cairkan mentega dengan cara dipanaskan terlebih dahulu supaya mudah untuk dicampurkan dengan bahan adonan yang lain.
  3. Ambil satu wadah cukup besar lalu masukkan gula pasir dan telurnya satu persatu.
  4. Kocok kedua bahan tersebut dan tambahkan telur satu persatu setelah tercampur dengan rata dan mengembang.
  5. Masukkan coklat bubuk, garam dapur beryodium dan tepung terigunya, lalu aduk aduk lagi hinga rata dan benar benar tercampur sempurna dengan bahan-bahan lainnya.
  6. Masukkan bubuk vanila dan baking powdernya lalu aduk aduk lagi hingga benar benar rata.
  7. Masukkan pisang yang sudah dihancurkan dan dilembutkan sebelumnya ke dalam adonan diatas lalu aduk aduk lagi sampai benar benar halus.
  8. Masukkan mentega yang sudah dicairkan sebelumnya ke dalam wadah adonan diatas lalu aduk aduk kembali sampai benar benar tercampur rata.
  9. Siapkan loyang dan lumuri dengan sedikit mentega supaya tidak lengket ke loyangnya.
  10. Tuang adonan diatas lalu kukus dengan api sedang kecil sampai benar benar matang sampai di dalam kuenya.

Catatan :

  • Untuk menghaluskan pisang, gunakanlah garbu atau sendok. Bisa juga menggunakan blender kecil tapi harus benar benar bersih saat proses pengambilan pisang lembut dari blendernya.
  • Untuk mengecek kemataangan kue sebaiknya gunakan lidi untuk memastikannya. Caranya yaitu dengan menusuk adonan menggunakan lidi, jika tidak ada adonan yang menempel pada lidi maka bisa dipastikan bahwa bolu benar-benar sudah masak, tetapi mengunakan lidi yang bersih/dicuci.

Lihat Juga: Resep Tumis Buncis

Demikian resep bolu pisang dari kami, semoga dengan resep bolu pisang yang kami bagikan kali ini dapat bermanfaat bagi ana semuanya.

tags: ,