Resep Chicken Nugget Spesial Praktis

Kamis, September 8th 2016. | Kuliner

Resep chicken nugget atau nugget ayam yang spesial merupakan salah satu olahan ayam yang paling mudah dan bisa tahan lama tanpa pengawet. Jika Anda suka dengan olahan ayam, tentu saja sudah tidak asing lagi dengan nugget ayam. Olahan makanan yang terbuat dari ayam ini termasuk salah satu makanan sehat yang bisa dijadikan lauk ataupun camilan disela-sela jam makan siang ataupun di sore hari. Rasa gurih dari chicken nugget ini sangat cocok jika dimakan dengan saus sambal maupun saus tomat. Jika Anda sangat suka dengan nugget, kenapa tidak mencoba untuk mengolah atau membuat nugget ayam sendiri? Resep chicken nugget yang spesial dan praktis bisa Anda buat sendiri dengan bahan utama ayam dan bahan lainnya sangat mudah untuk didapatkan di pasar atau supermarket.

Olahan resep chicken nugget ini tidak hanya cocok untuk dijadikan sebagai camilan orang dewasa saja namun juga cocok untuk dijadikan sebagai camilan untuk anak-anak. Kandungan protein dalam ayam yang cukup tinggi bisa memenuhi kebutuhan nutrisi anak-anak dalam masa pertumbuhannya. Masa tumbuh kembang anak adalah masa di mana anak membutuhkan banyak sekali nutrisi yang harus diserap oleh tubuh termasuk di dalamnya protein. Nugget ayam yang dibuat sendiri bisa memenuhi nutrisi atau kebutuhan protein anak dan sehat karena tidak menggunakan bahan pengawet dan bahan lainnya yang tidak sehat.

Untuk membuat resep chicken nugget ini bahan-bahan yang dibutuhkan sangatlah mudah yaitu:

  • 500 gram daging ayam segar pilih yang bagian daging saja
  • Garam 1 sendok teh atau secukupnya
  • Lada bubuk ½ sendok teh atau lebih jika suka pedas
  • Telur ayam 4 butir
  • Air secukupnya
  • Bawang putih 5 siung
  • Roti tawar 5 lembar
  • Minyak goreng secukupnya
  • Tepung roti 150 gram atau secukupnya

Jika semua bahan sudah siap, ikuti langkah membuat nugget ayam yang sangat praktis berikut ini:

  1. Irislah pinggiran roti tawar yang berwarna kecokelatan, lebih baik jika Anda menggunakan roti tawar yang tanpa kulit atau pinggiran cokelat.
  2. Rendamlah roti tawar ini dengan menggunakan air yang sudah matang sampai benar-benar lembek kemudian pisahkan dengan air dengan cara diperas.
  3. Siapkan wadah berupa mangkuk yang berukuran agak sedang kemudian masukkan roti yang sudah dilembekkan tadi dan telur 2 butir. Aduk kedua bahan ini sampai rata kemudian masukkan bawang putih yang sudah dihaluskan lalu aduk lagi sampai tercampur sempurna.
  4. Tambahkan daging ayam yang sebelumnya sudah dicuci bersih dan ambil dagingnya serta dihaluskan atau digiling. Campurkan adonan tadi dengan ayam ini sampai benar-benar tercampur sempurna.
  5. Tuangkan adonan dalam ayam dan bahan lainnya ke dalam loyang berukuran sedang yang sebelumnya sudah diolesi terlebih dahulu dengan menggunakan minyak goreng dengan tujuan agar adonan tidak menempel pada loyang ketika sudah matang.
  6. Kukuslah adonan ini kurang lebih selama 20 menit atau sampai adonan benar-benar matang dan tidak lembek lagi. Kemudian angkat dan tunggu sampai dingin.
  7. Potonglah adonan yang sudah dingin ini dengan bentuk sesuai dengan selera. Anda bisa memotongnya menjadi kotak-kotak kecil atau dengan bantuan alat pencetak roti dibentuk sesuai dengan selera Anda.
  8. Siapkan 2 butir telur ayam dalam sebuah mangkuk kemudian dikocok lepas. Tepung roti yang sudah disiapkan letakkan dalam piring.
  9. Celupkan nugget dalam telur kemudian gulingkan pada tepung roti lalu goreng dengan menggunakan minyak yang panas. Lakukan sampai semua nugget selesai di goreng. Jika Anda tidak ingin menggoreng semua nugget sebaiknya nugget disimpan dalam lemari pendingin.

Lihat Juga: Resep Cara Membuat Nasi Goreng Paling Lezat

Untuk mengurangi kandungan lemak dalam nugget ayam yang dibuat sebaiknya pilih ayam yang bagian daging tanpa lemak. Penggunaan ayam tanpa lemak ini akan membuat nugget ayam Anda sehat dan mempunyai kandungan lemak yang rendah. Selain itu, gunakan minyak goreng yang jernih bukan minyak goreng bekas yang sudah berkali-kali digunakan. Penggunaan minyak goreng ini juga akan mempengaruhi hasil dari gorengan nugget ayam yang Anda buat. Bagaimana ingin mencoba resep chicken nugget ini?

tags: , , ,