Resep Kue Klepon Tepung Beras

Senin, November 17th 2014. | Kuliner

Resep Kue Klepon Tepung BerasDi Indonesia memang kaya akan masakan-masakan khas nusantara yang tersebar luas di berbagai daerah. Tiap jajanan khas Nusantara ini jua mempunyai daya tarik Tersendiri. Salah satu jajanan khas Nusantara yang enak dan juga lezat yang amat gampang untuk di buat sendiri di rumah  ialah kue klepon.

Kue Klepon terbuat dari tepung beras yang diberi pewarna yang dibentuk bulat kecil-kecil mengandung gula merah yang direbus dan juga diselimuti parutan kelapa. Cara Membuatnya pun Amat gampang dan juga problem rasa pasti enak dan nikmat. Apalagi kalau makanan khas nusantara ini disajikan ketika berbuka Puasa. Dan berikut adalah Resep Kue Klepon Tepung Beras.

Bahan-Bahan:

  • 250 gr Tepung beras ketan sebanyak
  • satu sendok makan Air daun pandan
  • satu sendok teh Kapur sirih
  • ½ sendok teh Garam
  • 150 mililiter Air bersih
  • 150 gr Gula merah yang diserut halus
  • 150 gr Kelapa muda parut

Cara Membuat Kue Klepon:

  1. Untuk Yang Pertama Kita Masukkan tepung ketan bersama dengan air daun pandan dan juga garam di dalam wadah. Kemudian Aduk sampai rata. Lalu tambahkan ke dalamnya air kapur sirih. Aduk lagi hingga benar-benar tercampur rata.
  2. Untuk Langkah Selanjutnya, adonan pada langkah pertama dituangi air matang sedikit demi sedikit hingga adonan lunak dan juga gampang dibentuk. Sesudah kalis, diamkan selama 15 menit.
  3. Lalu, ambil satu sendok teh adonan tadi dan juga bentuk bulat pipih. Ambil serutan gula merah dan juga masukkan kepada bagian tengah adonan klepon. Selanjutnya bungkus dan juga bentuk hingga membulat sempurna.
  4. Kemudian Panaskan air sampai mendidih dan juga rebus bulatan adonan klepon tadi hingga mengapung. Selanjutnya angkat dan juga tiriskan.
  5. Untuk Metode Yang terakhir ialah memasukkan klepon yang telah direbus menuju dalam wadah area kelapa parut berada. Guling-gulingkan hingga seluruh permukaan klepon tertutupi kelapa.
  6. Udah Jadi Kue Klepon Enak dan nikmat siap untuk di sajikan buat keluarga di rumah.

Lihat Juga: Resep Bolu Kukus

tags: ,