Resep Kulit Martabak Enak dan Gurih

Senin, November 2nd 2015. | Kuliner

Resep Kulit Martabak Enak dan Gurih | Kulit Martabak adalah bahan pelapis dari makanan martabak. Martabak merupakan sajian yang hanya basa di temukan di Arab Saudi, Seiring Berjalannya waktu martabak mulai ada dan poluler di kalangan masyarakat indonesia, Tergantung pada lokasinya, nama, dan komposisi martabak dapat bervariasi. Di Indonesia ada dua jenis martabak, yaitu martabak asin yang terbuat dari campuran telur dan daging serta martabak manis (kue terang bulan) yang biasanya di isi cokelat. Berbeda dengan martabak manis, martabak telur lebih enak di makan bersama nasi goreng (bisa juga nasi putih).

Dalam pembuatan martabak yang sangat dipentingkan adalah kulitnya. Walaupun banyak penjual, anda dapat membuat sendiri dengan resep kulit martabak yang akan kami bagikan. Pembuatannya pun sangat mudah dan rasanya begitu renyah. Makanan pendamping satu ini sudah banyak di jual di jalanan. Untuk membuat martabak ini harus memerlukan bahan khusus yaitu kulit martabak yang berguna melapisi atau membungkus isi martabak (sayur dan daging), anda bisa mendapatkannya di pasaran. Tetapi jika anda ingin membuatnya sendiri, kami pada kesempatan kali ini ingin menyajikan resep kulit martabak yang pastinya enak dan gurih. Untuk mengetahui bagaimana resep kulit martabak, silahkan simak pada resep di bawah ini.

Bahan-bahan :

  • 200 gram tepung terigu
  • 30 gram minyak sayur untuk campuran adonan
  • ½ sendok teh garam
  • 160 mili liter air
  • 1 butir telor ayam / telor bebek
  • Minyak sayur secukupnya, untuk merendam adonan

Cara membuat :

  1. Campurkan seluruh bahan-bahan dan aduk hingga rata dan kalis
  2. Setelah adonan rata dan kalis, langkah selanjutnya adalah membentuk adonan menjadi bulat-bulat.
  3. Kemudian olesi permukaan adonan dengan minyak sayur, diamkan sekitar 10 menit
  4. Selanjutnya untuk mendapatkan hasil martabak yang ideal, timbang adonan seberat 40 gram dan bulatkan kembali.
  5. Setelah itu diamkan adonan kurang lebih 30/60 menit dan kemudian lumuri permukaan adonan dengan minyak sayur
  6. Diamkan kembali sekitar 2 menit.
  7. Adonan kulit martabak siap digunakan untuk melapisi martabak telur

Tips bagi pemula :

  • Usahakan anda mengikuti cara diatas dengan baik dan bahan yang baik
  • karena kulit martabak sangat penting dan sangat berperan dalam pembuatan martabak, maka dari itu harus membuatnya dengan baik karena jika kulit martabak tidak bagus atau gampang sobek maka akan berakibat fatal saat pengorengan martabak telur
  • untuk bahan kulitnya sendiri anda dapat sesuaikan dengan ukuran martabak yang akan anda buat, tetapi disarankan tidak kurang dari bahan bahan di atas.
  • Untuk telur dan minyak sayur anda bisa mendapatkanya dipasar terdekat, tetapi pilihlah telur yang berkualitas untuk hasil yang maksimal.
  • Pada saat mengerjakan / membuat kulit martabak telur ini di harapkan anda membuatnya di tempat yang bersih, karena sifat kulit martabak ini cukup alami atau bisa dikatakan akan terasa lain jika bercampur dengan bahan yang lain.
  • Jika sudah melakukan hal hal diatas, semoga kulit martabak anda tidak rusak dan nikmat saat dimasak.

Lihat Juga: Cara Membuat Bolu Gulung

Demikian tadi adalah resep kulit martabak telur yang renyah dan juga sempurna. Karena dengan resep kulit martabak diatas, anda bisa membuat martabak telor spesial dengan ukuran yang sangat besar dan tidak mudah sobek jadi anda harus cukup teliti dalam membuatnya, dan ada juga beberapa tips diatas yang dapat anda ikuti agar mendapatkan hasil maksimal, sekian dan selamat mencoba!!

tags: ,