Resep Martabak Manis Khas Bandung Enak dan Lezat

Rabu, Oktober 28th 2015. | Kuliner

Resep Martabak Manis Khas Bandung Enak dan Lezat | Martabak memang cukup dikenal di kalangan masyarakat indonesia. Resep martabak manis khas Bandung ini sangat sederhana dan mudah di praktekkan. Dengan bahan yang sederhana dan taburan kacang, anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Makanan yang termasuk jenis kue basah ini memang sudah sangat terkenal sampai ke seluruh Indonesia. Rasanya yang manis dan gurih membuat setiap orang yang memakannya menjadi ketagihan dan ingin memakannya secara terus menerus. Martabak manis adalah salah satu makanan khas dari kota Bandung. Resep martabak manis ini sebenarnya tidaklah terlalu rumit apabila anda teliti dalam membuatnya, anda juga dapat menambah varian-varian dalam resep martabak manis tersebut.

Untuk Anda yang mempunyai hobby memasak, patut untuk mencoba resep martabak manis Bandung ini. Resep martabak manis ini asli dari Bandung dan dijamin rasa martabaknya sangat enak dan menggigit di mulut. Membuat Martabak manis khas Bandung tentunya harus menyiapkan dulu peralatan dan juga bahannya. Alat wajib yang digunakan adalah wajan atau cetakan martabak. Wajan ini juga bisa di ganti dengan teflon anti lengket yang berbentuk bundar. Setelah alat siap, anda juga harus menyiapkan bahan-bahannya. Apabila anda masih belum mengerti bahan-bahan apa saja yang harus disiapkan dalam membuat martabak manis, silahkan anda lihat melalui resep martabak manis khas bandung di bawah ini.

Bahan / Bumbu yang perlu disiapkan :

  • ½ kg tepung terigu
  • 3 butir telur ayam
  • 700 mili liter air matang
  • 110 gram gula
  • ½ sendok teh garam
  • 1 sendok teh ragi
  • ½ sendok teh soda kue

Cara membuat martabak manis

Dan untuk cara membuatnya mungkin relatif tidak terlalu susah, tidak memerlukan keahlian master chef untuk membuat martabak manis khas bandung ini, anda pun bisa membuatnya karena tahapan atau caranya yang sederhana, dan langkah-langkah membuat martabak manis adalah sebagai berikut :

  1. Pertama campurkan semua bahan utama sampai merata tapi jangan campurkan soda kue terlebih dahulu.
  2. Setelah tercampur rata dan muncul gerindil kasar diamkan selama kurang lebih satu jam kemudian baru campurkan soda kue.
  3. Setelah adonan didiamkan dan dicampur dengan soda kue panaskan loyang ataupun teflon diatas api kecil sampai panas. Kemudian oleskan mentega diatas loyang.
  4. Kemudian masukkan adonan tadi ke dalam loyang. Tuangkan jangan sampai penuh sampai ¾ nya saja.
  5. Tunggu hingga muncul lubang diatas adonan yang ada di loyang, kemudian tutup sebentar dan beri gula pasir diatasnya. Diamkan selama 3 sampai 5 menit / matang.
  6. Setelah matang diatasnya tambahkan margarin dan taburi dengan kacang ataupun meses. Iris menjadi dua bagian dan satukan kembali menumpuk.
  7. Agar rasanya lebih enak Anda bisa menambahkan bahan tambahan berupa margarin, meses, keju, susu, dan juga kacang tanah yang dihaluskan kasar dan sudah disangrai. Jika tidak suka kacang bisa diganti dengan ketan hitam yang sudah dikukus dan juga diberi parutan kelapa.

Itulah resep martabak manis khas bandung yang enak dan lezat, dan pastinya sangat cocok untuk anda coba membuatnya. Martabak manis tersebut sangat cocok dimakan berdampingan dengan kopi di sore hari. Selain itu, martabak ini sangat cocok untuk di santap di malam hari yang dingin.

Lihat Juga: Resep Tumis Kangkung

Agar rasa martabak manisnya lebih enak, gunakan tepung terigu yang memang dikhususkan untuk membuat kue ataupun roti. Bisa saja menggunakan tepung terigu biasa tapi tentu saja rasanya akan jauh berbeda. Dan jika anda ingin melihat hasil martabak manis buatan anda terlihat mengembang, anda dapat menambahkan baking powder ataupun pengembang secukupnya pada resep martabak manis di atas.

tags: ,