Resep Martabak Mesir Jumbo Enak dan Lezat

Senin, November 2nd 2015. | Kuliner

Resep Martabak Mesir Jumbo Enak dan Lezat | Martabak dalam bahasa Arab berarti terlipat. Umumnya martabak ini merupakan sajian yang biasa ditemukan di Arab Saudi terutamanya di wilayah Hijaz, Yaman, Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei, dan Mesir. Bergantung pada lokasinya, nama, dan komposisi martabak dapat bervariasi, terutama martabak mesir yang mempunyai aroma khusus yang membuat para pelanggan anda atau yang menimatinya merasakan seperti berada di Mesir. Martabak memang dikenal dengan makanan asli arab, salah satunya adalah Mesir. Resep Martabak Mesir ini sangat mudah dibuat, bahan-bahannya juga bisa anda dapatkan secara mudah.

Di Indonesia sendiri ada dua jenis martabak, yaitu martabak asin yang terbuat dari campuran telur dan daging, serta martabak manis atau terang bulan yang biasanya di isi cokelat atau keju. Berbeda dengan martabak manis, martabak telur lebih enak di hidangkan bersama nasi goreng (bisa juga nasi putih). Makanan pendamping yang satu ini mengandung 200 kalori dan sudah banyak di jual di jalanan di kota kota besar dengan ukuran yang sedang, tetapi jika anda inggin membuat martabak telur dengan ukuran yang jumbo anda bisa membuatnya sendiri hanya dalam 20 menit. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan resep martabak mesir jumbo yang dapat anda gunakan apabila anda ingin membuat martabak mesir. Langsung saja untuk mengetahui cara pembuatannya dan apakah bahan-bahan yang diperlukan, silahkan simak dalam resep martabak mesir di bawah ini.

Bahan-bahan :

  • 100 gr kentang rebus, cincang kasar
  • 2 batang bawang daun, lalu iris
  • 300 gr daging sapi cincang / giling
  • 1 buah bawang bombay, cincang
  • 2 butir telur ayam
  • 1 sendok teh bubuk kari india
  • 1/2 sendok teh garam

Bahan kulit martabak :

  • 100 gr kentang rebus, cincang kasar
  • 2 batang bawang daun, lalu iris
  • 300 gr daging sapi cincang / giling
  • 1 buah bawang bombay, cincang
  • 2 butir telur ayam
  • 1 sendok teh bubuk kari india
  • 1/2 sendok teh garam

Cara membuat kulit martabak :

  1. Campurkan seluruh bahan-bahan dan aduk hingga rata dan kalis, kemudian bentuk adonan menjadi bulat-bulat.
  2. Setelah itu permukaan adonan dengan minyak sayur, diamkan sekitar 10 menit
  3. Untuk hasil yang ideal adonan seberat 40 gram dan bulatkan kembali.
  4. Setelah itu diamkan adonan kurang lebih 30/60 menit dan kemudian lumuri permukaan adonan dengan minyak sayur

Cara membuat martabak mesir :

  1. Pertama kita ambil 1 lembar kulit martabak , tekan seluruh bagian secara melingkar dengan bagian bawah telapak tangan anda. (Lakukan hal ini berulang kali hingga kulit menjadi lebih lebar dan lebih tipis)
  2. Ambil mangkok lalu campur semua bahan isi martabak yang telah kita siapkan tadi.
  3. Kemudaian Panaskan minyak di wajan datar yang lumayan besar. Masukan kulit martabak yang telah kita tipiskan tadi.Masukan bahan di mangkok yang telah kita buat tadi
  4. Setelah itu Lipat bagian pinggir kulit ke bagian dalam, sampai semua tertutup rapat.
  5. Goreng hingga kulit kuning kecoklatan, Selalu lihat bagian bawah karena kulit cepat matang
  6. Angkat lalu tiriskan. Tuang kari india ke bagian atas martabak atau bisa dengan Sambal / saus

Catatan :

Jika anda belum bisa membuat kulit martabak maka lebih baik anda dapat membelinya dipasaran. Karena jika tidak kulit martabak akan hancur, atau bisa juga anda search di google resep kulit martabak bagi pemula.

Lihat Juga: Resep Martabak Telur

Itulah tadi resep martabak mesir yang sangat enak. Seperti yang sudah tertera pada catatan diatas bahwa jika anda belum bisa membuat kulit martabak, maka lebih baik anda beli kulit martabak langsung jadi di pasaran. Jika kulit martabak tersebut salah, maka martabak buatan anda akan hancur. Selain itu anda dapat menyesuaikan jumlah bahan-bahan pada resep martabak mesir diatas dengan selera anda masing-masing. Namun jika belum tau bagaimana ukuran bahannya, anda bisa mengikuti ukuran bahan pada resep martabak mesir diatas.

tags: ,