Resep Martabak Mini dan Cara Pembuatannya

Sabtu, Oktober 31st 2015. | Kuliner

Resep Martabak Mini dan Cara Pembuatannya | Martabak adalah salah satu makanan yang gampang sekali kita jumpai, umumnya ada 2 jenis martabak yaitu martabak manis dan martabak biasa yang isinya aneka sayur dan bumbu. Selain itu martabak juga bia dibedakan menurut ukurannya, biasanya penjual martabak akan mengukur ukuran martabak dengan berbagai nomor, atau ada juga yang menentukan ukurannya seperti ukuran baju seperti S, M, L, XL, ataupun XXL. Tetapi ada juga penjual martabak yang menentukan ukuran martabaknya dengan sebutan selayaknya ukuran suatu makanan seperti mini, sedang, ataupun medium. Dan pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang resep martabak mini.

Martabak memang banyak jenis dan ukurannya, salah satunya adalah martabak mini. Resep martabak mini ini sangat mudah dalam pembuatannya, bahan-bahannya pun juga mudah didapatkan di pasaran dengan harga yang cukup murah. Biasanya martabak mini adalah martabak manis dalam ukuran kecil. Untuk rasa dari martabak manis sendiri juga bervariasi umumnya yang banyak adalah rasa coklat, keju, kacang dan susu. Harga martabak mini juga lebih murah karena ini di lihat dari segi ukuran yang sangatlah jauh beda. Basanya martabak manis mini dijual dengan harga hanya Rp. 1000 untuk satu martabak.

Namun meskipun sangat murah, anda tetap harus mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk martabak mini dalam jumlah yang banyak. Apabila anda ingin membuat martabak mini dalam porsi yang banyak, anda tidak perlu mengeluarkan uang yang lebih untuk membeli martabak mini tersebut, karena dengan resep martabak mini yang akan kami bagikan ini anda dapat membuat martabak mini dengan biaya yang tidak banyak, serta cara pembuatannya pun sebenarnya cukup mudah. Untuk mengetahui apakah bahan-bahan yang diperlukan dan bagaimana cara pembuatannya, silahkan anda simak resep martabak mini di bawah ini.

Bahan bahan untuk membuat adonan :

  • 250 gram tepung terigu
  • 1/2 sendok teh garam halus
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1 sendok makan ragi instant
  • 200 gram susu bubuk yang berkualitas bagus
  • 2 butir telur ayam
  • 100 gram gula pasir halus
  • 500 ml air matang

Bahan-bahan untuk membuat toping :

  • Mentega secukupnya
  • Coklat meses secukupnya
  • Keju cheddar perut secukupnya
  • Susu kental manis secukupnya

Cara membuat martabak mini :

  1. Siapkan wadah yang bersih untuk membuat adonan
  2. Masukkan tepung terigu, gula pasir, garam, ragi instant dan susu bubuk, aduk sampai tercampur rata
  3. Masukkan dua butir telur yang sudah disiapkan kedalam campuran tepung aduk hingga merata
  4. Kocok dengan mixer sampai semuanya tercampur rata menjadi satu
  5. Tuang air sedikit demi sedikit kedalam adonan sambil diaduk-aduk
  6. Panaskan cetakan martabak mini lalu tuang adonan kedalamnya
  7. Tunggu sampai adonan benar-benar matang
  8. Angkat lalu beri toping pada bagian atasnya dengan mengoles mentega terlebih dahulu, kemudian taburi coklat meses dan keju parut
  9. Lalu yang terakir berikan susu kental manis di atasnya
  10. Martabak mini manis siap untuk dinikmati

Lihat Juga: Cara Membuat Pancake Durian

Itulah resep martabak mini yang pastinya cocok untuk anda jadikan referensi dalam membuat martabak mini kreasi anda. Untuk aspek tambahan seperti toping maupun dan lainnya, bisa anda tambahkan sendiri sesuai selera dan kreatifitas anda. Yang pasti dengan resep martabak mini diatas, anda mampu menghasilkan martabak mini dengan enak dan sangat lezat.

tags: ,