Resep Nugget Ayam Spesial Enak Bergizi

Jumat, Agustus 12th 2016. | Kuliner

Keberadaan fast food atau makanan siap saji sekarang ini semakin banyak. Salah satu makanan yang termasuk cepat saji adalah nugget ayam. Olahan resep nugget ayam ini menjadi salah satu makanan cepat saji yang banyak diminati karena rasanya yang enak dan mudah didapatkan, tapi tahukah Anda kebanyakan dari nugget ayam yang dijual banyak mengandung bahan pengawet dan penyedap rasa yang kurang sehat jika dikonsumsi setiap hari. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa membuat sendiri olahan nugget ayam ini.

Resep nugget ayam ini sangat mudah dan mengandung nilai gizi yang cukup tinggi. Anda juga bisa membuat nugget ini menarik dengan berbagai bentuk yang unik. Jika Anda tertarik untuk cara membuat resep nugget ayam ini, siapkan saja bahan-bahannya berikut ini:

Bahan utama nugget ayam:

  • Daging ayam segar 500 gram
  • Roti tawar 5 lembar
  • Telur ayam 2 butir
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu nugget ayam:

  • Bawang putih 1 buah
  • Air matang
  • Garam 1 sendok teh
  • Lada bubuk ½ sendok teh

Bahan pelapis nugget ayam:

  • Telur ayam yang sudah dikocok lepas 2 buah
  • Tepung roti atau tepung panir 150 gram

Sedangkan untuk cara membuat nugget ayam ini yaitu:

  1. Bersihkanlah ayam yang sudah disiapkan kemudian ambil saja dagingnya. Untuk mendapatkan daging dalam jumlah yang cukup banyak, sebaiknya pilih bagian dada ayam ataupun paha ayam karena kedua bagian ayam ini paling banyak mengandung daging.
  2. Pisahkan daging ayam dengan tulangnya kemudian rendam selama 10 menit dengan menggunakan air jeruk nipis. Kemudian bersihkan daging yang sudah direndam ini sampai bersih.
  3. Hancurkan atau gilinglah daging ayam yang sudah disiapkan ini dengan penggiling khusus daging atau jika tidak punya cincanglah daging sampai benar-benar halus.
  4. Campurkan daging ayam yang sudah digiling dengan bawang putih yang sudah dihaluskan, aduk sampai merata kemudian tambahkan garam dan lada bubuk. Aduk lagi sampai benar-benar merata kemudian disisihkan.
  5. Rendamlah roti tawar dengan menggunakan air yang sudah disiapkan sampai lembek. Sebelum direndam, buanglah kulit cokelat roti tawar. Setelah lembek, peraslah roti tawar ini sampai airnya benar-benar hilang.
  6. Masukkan roti tawar yang sudah dilembekkan tadi pada campuran daging giling dan bumbu-bumbu tadi. Aduk rata semuanya sampai benar-benar merata sempurna. Anda bisa menggunakan sodet besar untuk mencampurkannya. Jika masih kurang kental Anda bisa menambahkan roti tawarnya.
  7. Siapkan loyang yang sudah diolesi dengan menggunakan minyak goreng atau mentega. Kemudian masukkan adonan yang sudah disiapkan tadi dalam loyang. Ratakan sampai benar-benar rata dan jangan terlalu tebal agar bisa matang secara sempurna.
  8. Kukus adonan ini dengan menggunakan panci yang sudah diatur panasnya. Kukuslah adonan selama kurang lebih 30 menit atau 20 menit atau sampai matang. Selama mengukus, jangan sampai adonan menjadi kering karena nantinya ketika akan digoreng akan sangat kering sehingga kurang enak.
  9. Angkat dan dinginkan nugget ayam ini kemudian irislah sesuai dengan selera Anda.
  10. Celupkan irisan nugget ayam ini pada telur yang sudah dikocok satu persatu. Gulingkan pada tepung panir kemudian goreng hingga kecokelatan.
  11. Angkat dan sajikan bersama saus jika suka.

Lihat Juga: Cara Membuat Nugget Tahu Enak

Mengolah nugget ayam ini tidak sesulit yang dibayangkan bukan? Bahan utama yang dibutuhkan hanya ayam dan beberapa bahan lainnya. Anda bisa membentuk nugget ayam ini dengan berbagai bentuk agar menarik, seperti bentuk hewan ataupun bentuk yang lainnya. Nugget ayam yang dibuat walaupun tanpa bahan pengawet bisa tahan cukup lama jika disimpan dengan cara yang benar. Cara menyimpan nugget ini yaitu di dalam wadah dan dimasukkan ke dalam lemari pendingin atau freezer. Selamat mencoba resep nugget ayam sehat ini.

tags: ,