Resep Nugget Ikan Kakap Lezat Bergizi

Rabu, Agustus 24th 2016. | Kuliner

Anda tentu sudah tidak asing lagi bukan dengan makanan olahan yang bernama nugget. Mungkin Anda salah satu penyuka dari makanan ini, sudah pernahkah Anda untuk mencoba membuat resep nugget ikan sendiri? Nugget ikan sendiri termasuk makanan sehat yang terbuat dari bahan yang mempunyai nilai gizi tinggi. Anda bisa menggunakan berbagai jenis ikan untuk membuat nugget ini, namun sangat disarankan untuk memilih ikan yang masih segar. Dalam resep Makanan kali ini, bahan utama yang digunakan adalah ikan kakap. Ikan yang termasuk dalam jenis ikan air laut ini memang merupakan salah satu ikan yang mempunyai nilai gizi tinggi sehingga sangat disarankan untuk dijadikan sebagai bahan utama berbagai olahan dari ikan. Resep nugget ikan kakap yang sehat dan bergizi bisa dijadikan sebagai salah satu camilan sehat anak-anak. Nugget ikan kakap ini juga mempunyai nilai gizi yang tinggi.

Resep nugget ikan kakap yang mempunyai nilai gizi tinggi ini sangat disarankan untuk dijadikan camilan sehat anak-anak. Nugget ikan yang dibuat sendiri ini memang dijamin kebersihan dan kesehatannya karena semua bahan yang digunakan merupakan bahan-bahan yang segar dan dibuat tanpa bahan pengawet. Dari pada anak beli camilan atau jajanan di luar yang belum jelas bahannya sehat atau tidak lebih baik berikan camilan nugget ikan buatan sendiri. Untuk membuat nugget ikan sendiri tidak terlalu sulit semua bahan yang digunakan sangat mudah untuk didapatkan di pasar-pasar tradisional maupun di supermarket.

Bahan Resep Nugget Ikan Kakap, Jika Anda ingin mencoba resep nugget ikan kakap ini, siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu:

  • Fillet ikan kakap sebanyak 500 gram
  • Wortel sebanyak 2 buah atau secukupnya
  • Brokoli sebanyak 1 buah atau secukupnya
  • Bawang putih sebanyak 1 buah
  • Telur ayam sebanyak 2 butir
  • Lada bubuk sebanyak ½ sendok teh
  • Garam sebanyak ½ sendok teh atau secukupnya
  • Minyak goreng kurang lebih 300 mililiter
  • Tepung roti atau bread crumbs sebanyak 100 gram

Cara Membuat Resep Nugget Ikan Kakap, Untuk mengolah resep nugget ikan ini, Anda bisa mengikuti langkah cara membuat nugget ikan kakap berikut ini:

  1. Cuci bersih fillet ikan kakap yang sudah disiapkan kemudian rendam dengan air jeruk nipis agar bau amisnya hilang selama kurang lebih 15 menit. Jika tidak ada fillet ikan kakap bisa menggunakan ikan kakap yang segar kemudian dibersihkan dan buang sisiknya kemudian ambil daging yang bagian dalam.
  2. Blender atau haluskan daging ikan kakap yang sudah direndam air jeruk nipis tadi. Sebelum dihaluskan, bersihkan terlebih dahulu ikan kakap tersebut. Sisihkan ikan kakap yang sudah diblender ini.
  3. Parutlah wortel yang sudah disiapkan sampai benar-benar halus kemudian campurkan pada daging ikan kakap yang sudah diblender tadi.
  4. Irislah brokoli menjadi kecil-kecil kemudian dihancurkan atau dihaluskan dengan cara ditumbuk. Campurkan juga pada adonan ikan kakap dan wortel tadi.
  5. Masukkan telur dalam adonan ikan kakap, wortel, dan brokoli kemudian diaduk sampai benar-benar tercampur.
  6. Tambahkan bawang putih yang sudah dihaluskan lalu campur menjadi satu. Masukkan garam dan lada kemudian aduk sampai rata.
  7. Bentuklah adonan menjadi bentuk yang sesuai dengan selera Anda. Bentuk dan ukuran nugget bisa disesuaikan dengan keinginan masing-masing.
  8. Tuangkan tepung roti dalam piring kemudian gulingkan nugget ikan yang sudah dibentuk.
  9. Panaskan minyak goreng dan gorenglah nugget sampai matang.
  10. Sajikan selagi hangat.

Lihat Juga: Resep Cara Membuat Nugget Ayam Mudah

Sangat mudah bukan untuk membuat nugget ikan sendiri di rumah? Agar tampilan nugget ikan ini lebih menarik anak-anak, sebaiknya bentuk menjadi bentuk yang menarik seperti bentuk ikan, boneka, ataupun bentuk kesukaan anak-anak. Bentuk nugget yang menarik akan membuat anak lebih tertarik untuk memakannya, Anda juga bisa menambahkan sayuran jenis lainnya seperti bayam untuk tambahan campuran dalam nugget. Resep nugget ikan kakap ini memang sangat praktis dan menyehatkan.

tags: ,